Cara Aman Memantau Kamar Balita dengan IP Camera

Oleh Restu Aji Siswanto updated Kamis, 26 Mar 2020 | 17:00

cctv murahImage via Pixabay

Memiliki kamera CCTV di kamar balita memiliki banyak sekali keuntungan. Salah satu diantaranya adalah, orang tua jadi bisa terus memantau gerak gerik bayi selama berada di dalam kamarnya. Selain itu, bila kita menggunakan jasa babysitter, Anda juga bisa terus memantau kinerjanya selama menjalankan tugas menjaga dan merawat bayi.

Dengan cara ini, nantinya Anda akan bisa dengan mudah menilai performa dari seorang babysitter sekaligus berjaga-jaga untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Dalam hal ini, disadari ataupun tidak, ada beberapa babysitter selama ditinggal, ternyata tidak bekerja dengan maksimal atau bahkan menyakit sang buah hati.

Jadi, sebagai solusi terbaik, memasang kamera CCTV indoor di kamar baik adalah sebuah keputusan yang bijak. Namun sebelum melakukan hal tersebut, ada baiknya Anda mengetahui dan memahami dulu jenis kamera CCTV apa yang dibutuhkan, agar mendapatkan kamera CCTV terbaik yag sesuai dengan kebutuhan.

Perbedaan IP Camera dengan Kamera CCTV

tips memilih kamera cctvImage via Pixabay

IP camera adalah jenis kamera CCTV berbasis video digital yang kemudian difungsikan sebagai alat pemantauan untuk keamanan. Jenis kamera ini nantinya akan membantu dalam mengirimkan informasi dalam bentuk video digital baik itu melalui sambungan internet ataupun jaringan komputer.

Jenis perangkat yang pada umumnya menggunakan sensor CMOS atau CCD ini kini telah banyak dipasang di berbagai lokasi termasuk di gedung perkantoran, sekolah hingga rumah pribadi.

Tentu saja maksud dan tujuan pemasangan kamera CCTV tersebut dilakukan bukan tanpa adanya alasan, terutama di kamar bayi. Perlu diketahui bahwa kamera CCTV konvensional dan IP camera memiliki perbedaan. Adanya perbedaan tersebut kemudian bisa dijadikan sebagai pertimbangan dalam memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan budget.

Bagi orang awam, adanya perbedaan antara IP kamera dengan kamera CCTV terbaik masih belum diketahui dengan baik. Bahkan, banyak yang mengira, keduanya adalah produk yang sama, karena sama-sama dalam kategori kamera CCTV. IP camera sendiri adalah perkembangan dari kamera CCTV konvensional yang sebelumnya sempat populer di pasaran.

Jika membicarakan sebuah perkembangan, sudah pasti akan banyak kelebihan yang ditawarkan pleh IP camera. Perbedaan paling mendasar antara kamera CCTV konvensional dengan IP camera itu terletak pada gambar yang dihasilkan. Kualitas gambar IP camera lebih bagus karena semuanya sudah serba digital.

IP camera bisa menyimpan video lebih lama hingga proses analisa rekaman mudah dilakukan dibandingkan dengan camera CCTV biasa yang masih menggunakan kaset video untuk menampilkan hasil rekaman. Sedangkan dari sisi efisiensi, kamera CCTV membutuhkan kabel yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan IP camera yang hanya membutuhkan kabel internet, dan bisa dioperasikan dengan jaringan wifi.

Tips Memilih Jenis IP Camera untuk Kamar Balita

kamera cctv terbaikImage via Pixabay

Jika Anda yang telah memutuskan ingin membeli jenis IP camera sebagai pilihan kamera CCTV terbaik, pastikan jangan sampai salah dalam memilih. Terlebih lagi ketika Anda tidak memiliki pengetahuan elektronik yang cukup dan hanya mengandalkan informasi dari penjual. Lebih lanjut, berikut beberapa tips jitu dalam memilih jenis IP camera untuk dipasang di kamar balita.

1. Ketahui jenis dari IP camera tersebut

Salah satu hal yang harus dilakukan dalam memilih jenis IP camera selain mempertimbangkan harga CCTV termurah adalah dengan mengetahui berbagai fitur yang ditawarkan. Setiap kamera CCTV ada yang dibuat dengan mengusung sistem audio monitor, movement monitor dan juga video monitor yang masing-masing memiliki berbagai fungsinya tersendiri. Anda perlu menanyakan hal ini kepada penjualnya.

2. Cek kualitas audio dan video

Sebelum membeli kamera CCTV, Anda juga harus mempertimbangkan kualitas audio dan videonya. Jika memiliki uang lebih, Anda bisa memilih kamera CCTV dengan fitur night vision hingga kualitas gambar HD. Beberapa model kamera CCTV hanya bisa mereka gambar saja, tanpa suara. Selain itu, pastikan kamera CCTV tersebut bisa bertahan selama 4 hingga 5 jam dengan baterai yang bukan jenis built-in.

3. Pertimbangkan mengenai jangkauan dan teknologi

Untuk mendapatkan hasil rekaman yang maksimal dari kamera CCTV terbaik, pertimbangkan jangkauan dan teknologi yang digunakan di dalamnya. Sangat disarankan untuk memilih IP camera dengan frekuensi yang berbeda dengan perangkat elektronik lainnya, demi menghindari gangguan pada kualitas video yang dihasilkan. Untuk jangkauannya, cari tahu hingga berapa meter sinyal yang bisa dijangkau. Untuk jenis yang tersambung dengan jaringan internet, kita bisa terus memantau walupun tidak berada di rumah.

4. Pelajari fitur-fiturnya

Mendapatkan harga CCTV termurah, belum tentu memiliki fitur yang kita inginkan. Selain harga, Anda harus mempertimbangkan juga fitur yang dimilikinya. Secara umum fitur yang perlu dimiliki oleh kamera CCTV untuk kamar balita adalah fitur pan-tilt-zoom, sensor gerakan serta suara, fitur two way audio, fitur suara serta lampu, fitur lullaby hingga indikator baterai.

Cara Menghubungkan IP Camera dengan Hp Android

Terdapat beberapa cara untuk menghubungkan IP camera ke hp Android agar Anda bisa terus memantau sang buah hati ketika Anda berada di luar rumah. Berikut ini langkah-langkah yang perlu Anda lakukan.

  1. Koneksikan DVR dengan monitor secara langsung melalui kabel VGA ataupun HDMI
  2. Lakukan konfigurasi CCTV melalui pengaturan DVR yang bisa dilakukan dengan mengunjungi menu go to, selanjutnya setting or configuration lalu network. 
  3. Masukkan IP address, subnet mask, gateway dan HTTP port
  4. Lakukan konfigurasi wifi router untuk DVR dan jangan lupa memasukkan port, IP address dan protocol
  5. Koneksikan DVR ke wifi melalui kabel LAN dengan memindahkan cable HDMI atau VGA dengan kabel LAN untuk wifi dan DVR
  6. Pilih setting dengan memilih internet explorer kemudian mengetik 192.168.1.7:80
  7. Koneksikan hp Android dengan mengunduh aplikasi superlivehd pada Google Play Store dan lakukan instalasi
  8. Isikan jenis network, IP&Port, ID admin dan password 
  9. Kini Anda bisa memantau segala hal dari ponsel android

Cara Menghubungkan IP Camera dengan Hp iOS

Sedangkan untuk Anda yang memiliki ponsel dengan sistem iOS, jangan khawatir sebab Anda juga bisa menyambungkan kamera CCTV yang telah dipasang ke hp iOS Anda. Untuk langkah mudahnya bisa dilakukan sama seperti cara menyambungkan dengan hp Android. Namun aplikasi yang nantinya diinstal pada hp iPhone Anda adalah iDR-PRO viewer, CCTV camera pros mobile, iCamViewer-IP camera viewer, iDR MobileCMS, Viewtron DVR Viewer, atau NUUO iViewer.

Kesimpulan

Keberadaan kamera CCTV memberikan keuntungan tersendiri bagi mereka yang memasangnya pada kamar tidur buah hatinya. Selain bisa mengawasi gerak-geriknya secara detail, kamera ini juga membantu dalam menghindari berbagai hal yang tidak diinginkan.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, kini kamera CCTV juga bisa dikoneksikan pada hp Android ataupun iOS seperti cara di atas, yang akan semakin memudahkan dalam pengawasan. Selamat memilih jenis kamera CCTV terbaik!

Komentar