Apple Mulai Update iOS dan iPadOS 13.4, Banyak Perubahan

Oleh Nur Abdillah updated Kamis, 26 Mar 2020 | 09:00

Apple Mulai Update iOS dan iPadOS 13.4Tak lama setelah peluncuran iPad Pro 2020, Apple kini mulai mendistribusikan update OS generasi terbarunya yakni iOS 13.4 dan iPadOS 13.4. Hadirnya update iOS dan iPadOS ini tentunya membawa beragam perubahan mulai dari tampilan hingga fitur-fitur baru yang ditanamkan. 

Perubahan paling mencolok yang hadir pada iPadOS 13.4 adalah dukungan trackpad. Fitur ini memungkinkan pengguna menggunakan untuk menggunakan mouse Bluetooth ataupun USB serta trackpad yang tertanam pada keyboard tambahan untuk dapat terhubung dengan perangkat iPad.

Tak hanya itu, funngsionalitasnya juga semakin ditingkatkan dari versi sebelumnya. iPadOS kini bisa menampilkan pointer yang hadir dari perangkat mouse yang memiliki desain khusus yang disesuiaikan dengan userinterface ketika digunakan. 

Apple Mulai Update iOS dan iPadOS 13.4
Dengan hadirnya update OS ini semakin memudahkan pengguna untuk menggunakan mouse dan trackpad meskipun aplikasi yang digunakan tidak di desain untuk dapat menggunakan pointer.  Apiknya lagi, update OS ini juga sudah bisa digunakan pada keyboard terbaru keluaran Apple yakni Magic Keyboard yang di dalamnya sudah tertanam trackpad. 

Perubahan lain yang hadir pada update iOS dan iPadOS diantaranya adalah folder berbagi iCloud Drive dari aplikasi file, tambahan sembilan memoji baru, kontrol yang selalu terlihat untuk menghapus, memindahkan, membalas hingga menulis di aplikasi Mail.

Hadir pula peningkatan fitur pada CarPlay dengan dukungan aplikasi navigasi pihak ketiga, tampilan telfon yang lebih ringkas hingga kemampuan memblokir cookies (file sampah) di aplikasi browser Safari.  

Bagi pengguna smartphone Apple maupun iPad yang ingin mencicipi update OS terbaru ini, pengguna bisa langsung mengunduhnya melalui perangkat smartphone yang dimiliki. Sistem akan secara otomatis mencari update OS versi terbaru kemudian langsung "unduh dan instal". Ukuran file iOS dan iPad OS 13.4 ini memiliki besaran file mencapai 1GB.

Artikel Terkait

Komentar