Samsung Galaxy A41 Bawa Fitur Anti Air dan Android 10

Oleh Nur Abdillah updated Jumat, 20 Mar 2020 | 08:30

Samsung Galaxy A41
Tak berselang lama setelah peluncuran Samsung Galaxy M21 di India, Samsung kembali menghadirkan lini Galaxy seri A terbarunya yang bernama Samsung Galaxy A41. Kali ini, Samsung memperkenalkan hp terbarunya di Jepang dengan membawa "seabreg" fitur menarik dengan spesifikasi hardware yang menawan. 

Memulai debutnya di Jepang, membuat perangkat ini dibekali dengan fitur unik berupa ketahanan terhadap air dan debu berkat sertifikat IP68 yang dimilikinya. Berbekal sertifikat ini membuat Galaxy A41 dapat digunakan untuk aktivitas outdoor mulai dari mendaki gunung hingga melalukan olah raga ekstrim. Tak hanya itu, perangkat ini juga bisa diajak berendam dengan kedalaman 1,5 meter hingga 30 menit. 

Samsung Galaxy A41 juga sudah dibekali dengan fasilitas koneksi yang cukup lengkap mulai dari dukungan akses jaringa 2G, 3G dan 4G. Kemampuan jaringan 4G LTEnya pun sudah mendukung jaringan LTE-A. Tertanam pula dukungan koneksi NFC, Bluetooth 5.0, A2DP, LE, A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac serta port USB 2.0, Type-C 1.0. 

Menariknya lagi, perangkat ini sudah dibekali dengan sensor sidik jari di bawah layar Fingerprint, sensor accelerometer, gyro, proximity, compass dan ANT+. Sementara untuk menopang aktivitasnya sehari-hari, Galaxy A41 sudah dibekali dengan baterai LiPo berkapasitas 3500 mAh yang dipadankan dengan fitur pengisian baterai cepat 15W. 

Berbicara soal tampilan antarmukanya, Galaxy A41 sudah dibekali dengan layar berteknologi Super AMOLED berukuran 6,1 inci dan resolusi layar FHD+ 1080x2400 piksel dengan rasio layar 20:9. Sementara untuk kedalaman layarnya sudah mencapai 431ppi. Layar yang tertanam sudah dibekali dengan poni mungil di bagian atasnya yang membenamkan kamera selfie di dalamnya.

Samsung Galaxy A41

Pada bagian belakangnya, Samsung menyematkan kover body dengan material plastik serta bingkai dengan material yang sama. Masih di bagian belakang, Samsung menyematkan konfigurasi 3 kamera belakang yang telah ditingkatkan kemampuannya. 

Untuk menopang kinerjanya, Samsung Galaxy A41 sudah dibekali dengan chipset terbaru besutan Mediatek yakni prosesor Helio P65 yang sudah dikombinasikan dengan RAM 4GB dan memory internal sebesar 64GB. Selain itu, Samsung juga telah menyematkan slot kartu microSD yang hadir secara terpisah dengan slot kartu SIM card. 

Fasilitas fotografi menjadi nilai jual utama lainnya setelah kemampuan tahan air dan debu yang dimilikinya. Konfigurasi 3 kamera belakang yang tertanam ini memiliki kamera utama 48MP dengan bukaan lensa f/2.0 dan fitur tambahan PDAF.

Kamera keduanya hadir dengan resolusi 8 MP yang bisa digunakan pengguna untuk mengabadikan momen outdoor dengan sudut yang lebih luas. Sementara itu, kamera ketiganya memiliki resolusi 5 MP bisa digunakan pengguna untuk mengambil foto dengan efek bokeh. 

Kamera utama yang tertanam di bagian belakang juga memiliki kemampuan merekam video dengan resolusi 4K pada kecepatan 30 frame perdetik. Untuk aktivitas "narsis" Galaxy A41 sudah dibekali dengan kamera depan 25 MP dengan bukaan lensa f/2.2 dan kemampuan merekam video Full HD. 

Meskipun sudah diresmikan kehadirannya, hp dengan dukungan sistem operasi Android 10 dengan kustom One UI 2.0 masih belum diketahui berapa harga jualnya. Namun, Samsung Galaxy A41 bakal tersedia dengan 3 pilihan warna yakni hitam, biru dan putih.

Artikel Terkait

Komentar