Diperbaharui pada Rabu, 18 Maret 2020 | 17:35

Samsung Produksi eUFS 3.1 untuk Hp, Transfer Super Cepat

Samsung Produksi eUFS 3.1 untuk Hp
Penggunaan perangkat hp yang semakin variatif saat ini seperti digunakan untuk aktivitas multimedia dengan resolusi tinggi tentunya membutuhkan kapasitas memory internal (ROM) yang semakin besar. Apalagi kapasitas memory internal pada perangkat hp menjadi salah satu fitur penting yang dibutuhkan pengguna hp dalam mendukung beragam aktivitasnya. 

Samsung yang tak hanya merupakan produsen perangkat elektronik juga diketahui sebagai produsen perangkat memory internal dan lensa kamera. Perusahaan asal Korea Selatan ini telah memperkenalkan memory internal terbarunya eUFS 3.1 yang memiliki kapasitas 512GB yang memiliki kecepatan membaca hingga 1200 MB perdetik. 

Kapasitas yang sangat besar ini sangat dibutuhkan oleh pengguna hp yang memiliki aktivitas fotografi yang tinggi dimana pengguna hp kerap melakukan aktivitas perekaman melalui perangkat hp dengan resolusi yang tinggi hingga 4K. Apiknya lagi, tak hanya memiliki kapasitas yang besar, kecepatan membaca ROM ini diklaim mampu mengalahkan kecepatan baca memory internal perangkat PC (SATA) yang hanya memiliki kecepatan 540MB perdetik. 

Dalam proses pengujiannya, Samsung eUFS 3.1 ini sudah mampu memutar video beresolusi 8K dan mampu mentransfer data hingga 100GB hanya dalam 90 detik. Produksi memory internal generasi kelima Samsung ini masih terhambat akibat epidemi Corona yang berlangsung di China yang harusnya sudah mulai diproduksi akhir bulan ini. 

Samsung Mulai Rancang Sensor Kamera 150MP

Selain siap memproduksi perangkat memory internal, Samsung juga dikabarkan tengah menyiapkan lensa kamera baru untuk perangkat hp. Tak tanggung-tanggung besaran lensa yang saat ini tengah disiapkan memiliki resolusi 150MP. 

Sebelumnya, Samsung telah memproduksi sensor kamera dengan resolusi yang sangat besar yakni 100MP yang kini sudah digunakan oleh beberapa perangkat hp yang sudah beredar di pasaran. 

Sensor kamera besutan Samsung ini bakal menggunakan teknologi nanocell pixel binning (9-in-1) dengan menghasilkan foto 16MP. Yang cukup menarik adalah, sensor besutan Samsung ini akan pertama kali digunakan oleh hp besutan Xiaomi yang akan diproduksi pada kuartal ke-empat tahun ini.

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2441 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.