Diperbaharui pada Sabtu, 14 Maret 2020 | 14:20

Review Advan Start Go S1, Smartwatch Murah Baterai Hemat

review advan start go s1

Advan kembali berimprovisasi mengejar kompatitor lain dengan menghadirkan smartwatch anyar dengan gaya dan warna yang segar. Tak main-main, meski terlihat sederhana, namun Start Go S1 terbaru atau jam tangan pintar Advan ini ternyata cukup komplit untuk memenuhi performa harian.

Start Go S1 Lebih Ringan

Layar smartwatch Start Go S1 berukuran 1.3 inci dengan resolusi 240x240 pixel. Pilihan layar yang dipakai adalah TFT LCD touchscreen dengan proteksi Corning Gorilla Glass 2.5D. Jam tangan pintar Advan ini memiliki ukuran 250 x 37 x12mm. Bobotnya pun terbilang ringan, hanya 38 gram.

Start Go S1 sangat ringan, sehingga bagi Anda yang memiliki pergelangan tangan kecil, model ini sangat pas. Terlebih, perpaduan material Polycarbonat dan Stainless Steel yang diusung membuatnya terlihat kokoh.

Starp yang diberikan Advan untuk Start Go S1 memiliki kontur yang baik dengan desain berlubang. Nah, bagi kalian yang alergi pada strap karet jangan khawatir, desain berlubang ini cukup membantu sirkulasi udara berjalan baik pada pergelangan tangan.

Hal tersebut membuat pergelangan tangan lebih kering dan tidak mudah lembab, jadi tidak menyebabkan gatal. Advan menawarkan tiga warna pada Advan Start Go S1 mereka, yakni hitam, biru, dan merah.

Review Start Go S1

review advan start go s1

Untuk pengujian kali ini, pricebook dipercaya untuk menguji unit dengan strap berwarna merah. Sebagai gambaran, bentuk jam pintar ini kotak persegi dengan dua tombol di masing-masing sisi kiri dan kanan. Kedua tombol tersebut memiliki fungsi berbeda dan saling mendukung.

Tombol di sisi kiri berfungsi untuk masuk ke mode sport yang bisa Anda rubah peruntukannya pada fitur setting di jam tangan. Sementara tombol pada sisi kanan jika ditekan akan langsung kembali ke Home Screen.

Baterai Advan Start Go S1 Irit

advan start go s1 terbaru

Baterai jadi bahan pertimbangan terpenting selama ini ketika memilih smartband maupun smartwatch. Baterai smartwatch Advan Start Go S1 sendiri sudah mengunakan baterai Polymer dengan kapasitas 210 mAh.

Selama penggunaan, dimulai dengan pengisian 100% di hari pertama hingga hari ke 5, penggunaan baterai hanya memangkas daya 50%. Menurut Pricebook, jam tangan pintar Advan ini sangat irit, terlebih jam ini digunakan selayaknya smartwatch selama pengujian.

Pengisian pun tak membutuhkan waktu lama, hanya memakan waktu 2 jam hingga terisi 100% dari 0%. Sedikit unik karena kabel pengisian daya berbeda dengan smartwatch lain desainnya. Pada bagian belakang terdapat 4 buah pogo pin yang digunakan sebagai sensor dan pengisi daya.

Menariknya, dan mungkin jadi kelebihannya, Start Go S1 memiliki kemampuan tahan air hingga 5ATM atau setara 50 meter. Pembuktiannya sudah dilakukan meskin hanya berada di kolam 3 meter, namun smartwatch Advan terbaru ini mampu berjalan dengan baik, tapi tetap berhati hati pada air laut karena tidak direkomendasikan.

UI Start Go S1 Sederhana

Bicara soal UI atau user interface, Start Go S1 masih memiliki interface yang standar, tapi tidak membosankan. Karena ada beberapa hal menarik yang diberikan oleh Advan melalui interface Start Go S1.

Home screen hanya berupa tampilan waktu dan data aktifitas. Lanjut, setelah dilakukan scroll ke atas pada layar, Start Go S1 memunculkan Data Bar. Sementara ketika dilakukan scroll ke bawah, maka Notifikasi Bar yang muncul.

Untuk Status Bar Anda bisa mengecek dengan melakukan scroll ke kanan serta ke kiri untuk mendapati daftar tampilan. Beruntungnya, meskipun harga smartwatch advan murah namun tetap menyajikan kelayakan yang baik sebagai jam tangan pintar.

Dari status bar Anda bisa mengetahui beberapa fungsi normal smartwatch seperti baterai hingga find phone. Hal menarik lainnya pada status bar adalah keberadaan fungsi senter yang membuat layar Start Go S1 lebih cerah layaknya sorot senter.

Daftar tampilan sendiri menempatkan ragam menu. Namun, asumsi penguji sepertinya smartwatch ini akan lebih bermanfaat ketika digunakan oleh kalian yang suka beraktifitas seperti olah raga.

Fitur Advan Start Go S1 Pas Buat Olahraga

harga advan start go s1

Hal ini terlihat dari ragam menu yang ada seperti sport, heart rate, relax, alarm, music controller, timer, sport record, dan juga setting. Untuk fungsinya sendiri, masing-masing menu memiliki fungsi yang cukup jelas.

Mulai dari Sport yang menghadirkan ragam penghitungan untuk berbagai jenis olahraga yang Anda lakukan. Kemudian Heart Rate yang menginfokan keadaan jantung Anda melalui sensor pembaca pada jam dan diterjemahkan ke dalam grafik.

Terdapat juga menu relax yang menampilkan kualitas tidur Anda. Untuk alarm dan juga music controller Anda sudah pasti tahu kegunaannya.

Berlanjut ke timer yang berguna sebagai stopwatch saat Anda melakukan workout dan juga sport record yang berisi data olahraga Anda serta segala pencapaian workout Anda. Untuk Setting, Anda bisa melakukan beberapa setting dari dalam smartwatch Advan terbaru ini, mulai dari tampilan face, hingga notifikasi dan juga layout menu.

Rp 349.500
Kriteria Spesifikasi
Nama Produk Start GO S1
Brand Advan
Screen Size 1.3 inch
Screen resolution 240 x 240 Pixel
RAM -
ROM -
Processor -
Dimension 240 x 16 x 11.0 mm
Weight 38 g
Battery Life 120 Hr
Waterproof 5 ATM
Battery Capacity 210 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Aplikasi VeryFit Pro

veryfitpro

Namanya smartwatch pastinya menggunakan aplikasi bawaan untuk melakukan pengaturan dan juga monitoring. Nah, Start Go S1 milik Advan ini menggunakan VeryFitPro sebagai penyokong aplikasinya.

Mudah mendapatkan aplikasi ini karena bisa didownload secara gratis di Play Store dan Apps Store. Dengan menggunakan aplikasi VeryFitPro ini, pengguna smartwatch baru Advan Start Go S1 lebih mudah memonitor info personal lewat tampilan hp.

Menariknya, aplikasi ini juga sudah menggunakan target setting. Keberadaan fitur tersebut sangat membantu sekali ketika berhubungan dengan olahraga.

Anda bisa lebih awal mengkalkulasikan target capaian Anda baik harian, mingguan, hingga bulanan. VeriFitPro akan memberikan info berkelanjutan terkait capaian yang sudah Anda targetkan sendiri.

Beberapa diantaranya yang bisa Anda targetkan adalah, sleep target, weight, calori, dan terakhir adalah distance. Mudah cara mengaturnya, hanya butuh akses ke menu device selanjutnya Anda akan menemukan serangkaian item pengatur target dan penjadwalan dalam Start Go S1 melalui VeryFitPro.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1655 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.