Diperbaharui pada Kamis, 3 Juni 2021 | 14:20

Perbedaan Blender dan Juicer Agar Tidak Salah Beli

Oleh Restu Aji Siswanto

Perbedaan Blender dan JuicerFoto: Pexels

Blender merupakan salah satu alat rumah tangga yang dimiliki oleh sebagian besar ibu rumah tangga. Kegunaannya yang bermacam-macam memang sangat membantu bagi ibu rumah tangga untuk membuat jus atau melakukan hal lainnya secara cepat.

Biasanya ketika membeli alat ini kita akan langsung teringat dengan jus buah. Hal ini memang karena fungsi utama alat ini biasanya digunakan untuk membuat jus. 

Tapi tahukah bahwa jika ingin membuat jus, Anda bisa menggunakan alat rumah tangga lainnya yang bernama Juicer? Ini adalah alat yang juga banyak digunakan untuk membuat jus buah.

Perbedaan Blender dan Juicer

Ketika kita membuat jus tentu kita ingin agar jus yang kita buat tetap segar dan vitamin yang kita dapatkan maksimal. Lalu pertanyaan yang banyak muncul adalah manakah alat yang terbaik untuk membantu membuat jus dan tetap memberikan manfaat maksimal dari jus tersebut?

Sebelum memilih antara juicer atau blender yang akan dibeli, maka sebaiknya Anda perlu tahu terlebih dahulu apa saja perbedaan antara blender dan juicer.

Juicer

Juicer

Juicer adalah alat yang digunakan untuk membuat dan menghasilkan jus yang segar. Ini artinya alat ini hanya menghasilkan jus murni saja. Bagian serat, biji dan juga kulit tidak akan disertakan dalam jus yang akan Anda dapatkan.

Nantinya bagian serat, kulit dan biji akan dibuang di bagian tempat penyaringan. Alat ini mempunyai fitur saringan yang berfungsi sebagai tempat memisahkan antara sari jus yang murni dengan bagian yang tidak diperlukan ketika membuat jus segar.

Dengan adanya fitur ini sendiri akan memudahkan Anda untuk membersihkan alat ini sendiri dan menyiapkan jus segar tanpa harus menyaring lagi.

Alat ini biasanya juga digunakan untuk membuat sari buah yang buahnya seratnya lebih kasar seperti buah nanas, wortel, brokoli, seledri dan juga apel.

Terdapat dua jenis juicer yang memiliki fungsi dan cara kerja berbeda, yaitu juicer biasa, dan slow juicer. Untuk mengetahui perbedaan antara juicer dan slow juicer, Anda bisa membacanya di sini.

Blender

Blender memang bisa difungsikan untuk membuat jus, namun akan lebih bermanfaat jika alat ini digunakan untuk menghaluskan berbagai bumbu memasak, karena ketika kita membuat bumbu untuk memasak maka kita akan membutuhkan semua bagian dari bahan yang telah dihaluskan.

Berbeda halnya ketika kita membuat sari buah atau jus. Kita yang menggunakan alat ini tentu harus bekerja dua kali untuk bisa membuat sari buah untuk akhirnya bisa dinikmati dengan baik.

Alat ini bisa memaksimalkan bagian buah dan sayur yang hendak kita haluskan karena tidak ada bagian yang terbuang. Dengan alat ini fitonutrien yang ada di dalam buah dan sayur juga tidak akan terbuang sehingga tetap ada kandungan itu pada buah dan sayur yang telah kita haluskan.

Alat ini cocok untuk menghaluskan beberapa buah dengan serat yang sangat halus seperti tomat, semangka, melon, pepaya dan mentimun. Selain digunakan untuk menghancurkan buah dan sayur, alat ini sangat cocok untuk menghaluskan daging dan juga es batu.

Kelebihan dan Kekurangan Blender dan Juicer

Selain mengetahui perbedaan umum antara blender dan juicer, ada baiknya juga Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan dari masing-masing produk tersebut, untuk memudahkan dalam menentukan mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kelebihan dan Kekurangan Blender

blender buahFoto: Kitchenvarieties

Kelebihan:
Alat ini sangat efektif membantu Anda untuk menghaluskan berbagai bumbu dapur dan menjadikannya berbagai bentuk sesuai kebutuhan Anda misalnya bentuk pasta, bubuk atau adonan berbentuk yang halus.

Pada alat ini sendiri tidak ada ampas yang harus Anda buang karena semua bagian yang Anda haluskan akan bercampur menjadi satu menjadi hasil akhir. Harga yang ditawarkan untuk membeli alat ini jauh lebih murah dibandingkan ketika kita membeli alat satunya.

Kekurangan:
Karena semua bagian yang Anda haluskan akan bercampur menjadi satu maka Anda harus memisahkan bagian terlebih dahulu misalnya membuka kulitnya, membuang bijinya dan lain sebagainya sebelum Anda memasukkan ke alat ini.

Anda juga akan lebih sulit membersihkan alat ini karena biasa banyak ampas yang menempel di bagian alat pencacahnya. 

Kelebihan dan Kekurangan Juicer

Kelebihan dan Kekurangan JuicerFoto: Ukjuicers

Kelebihan:
Seperti yang telah dijelaskan di atas, alat ini sangat cocok untuk membuat jus karena terdapat penyaring ampas yang akan memudahkan kita ketika hendak membersihkannya.

Anda hanya perlu membuka bagian penyaring ampas kemudian membuangnya. Ini akan menghemat lebih banyak waktu kita ketika kita akan membuat jus terutama di pagi hari.

Kekurangan:
Alat ini juga menawarkan kelemahan yakni dari segi harga. Alat ini tentu dijual dengan harga yang jauh lebih mahal ketimbang alat lainnya untuk membuat jus. Alat ini juga tidak akan bisa digunakan untuk membuat dan menghaluskan bumbu.

Oleh sebab itu Anda tetap harus membeli alat lainnya untuk menghaluskan bumbu. Beberapa orang juga berpendapat bahwa ketika menggunakan alat ini maka beberapa fiber dan juga antioksidan yang ada pada bagian kulit buah akan hilang karena terbuang.

Tips Memilih Blender

Setelah Anda mengetahui perbedaan kedua alat ini dan kelebihan serta kekurangannya kini Anda perlu tahu juga bagaimana cara memilih alat yang tepat untuk dibeli agar Anda terhindar dari membeli alat dengan kualitas buruk atau yang tidak awet.

  • Pilih alat yang dibuat oleh merk ternama. Merk besar dan ternama tentu lebih terpercaya dan dibuat dengan bahan yang lebih bagus sehingga akan lebih awet digunakan.
  • Pilih kapasitas alat yang sesuai dengan kebutuhan Anda
  • Pilih material alat yang baik. Anda yang ingin memiliki alat yang lebih ringan tentu bisa memilih membeli yang bahannya plastik karena alat dengan bahan ini tidak mudah pecah dan bisa digunakan lebih lama.
  • Pilih alat yang dilengkapi dengan pisau stainless steel. Pisau ini lebih tajam dalam menghaluskan segala sesuatu dan anti karat juga.
  • Pertimbangkan kemampuan alat untuk menggiling, menghaluskan dan mencacah baik buah, sayur atau daging.

Tips Memilih Juicer

Anda yang hendak membeli juicer sebaiknya memperhatikan beberapa hal di bawah ini:

  • Pilihlah alat yang berkapasitas minimal 500 ml sehingga Anda akan bisa menghasilkan sari buah dengan maksimal
  • Pilihlah alat yang ditawarkan dengan corong yang ukurannya besar
  • Anda bisa memilih dua tipe alat ini baik yang fast atau slow tergantung dengan kebutuhan Anda sendiri
  • Bandingkan beberapa produk dari berbagai merek sebelum Anda membeli agar Anda lebih banyak mendapatkan informasi soal alat dengan fitur terbaik dan harga yang lebih terjangkau.

Kesimpulan

Setelah Anda mengetahui fungsi, kelebihan, dan kekurangan dari blender dan juicer, maka Anda akan lebih mudah untuk memilih yang paling Anda butuhkan.

Anda bisa membeli kedua alat ini dengan mudah karena keduanya ada di hampir semua toko alat rumah tangga elektronik. Nah, selamat memilih yang terbaik!

Like us!

Komentar