Diperbaharui pada Selasa, 21 Januari 2020 | 15:15

Xiaomi Mi Watch Dapat Update OTA Kedua untuk Fitur Kesehatan

Oleh Faaqih Irfan Djaelani


image via Weibo Xiaomi Wear

Xiaomi kembali mengupgrade sejumlah fitur pada Mi Watch miliknya dengan menghadirkan update firmware kedua secara OTA (over the air) yang dapat mendukung kesehatan tubuh. 

Fitur-fitur untuk kesehatan itu adalah:

  • pemantauan energi tubuh, yang berfungsi memonitor energi dalam tubuh
  • pemantauan darah untuk mendeteksi tekanan dalam darah
  • pengaturan pernapasan untuk membuat rileks

Semua fitur kesehatan yang dibawa dalam update ini merupakan hasil kerja sama dengan Firstbeat, perusahaan teknologi asal Finlandia, seperti dikutip dari akun resmi Xiaomi Wear di Weibo. Selain fitur-fitur kesehatan, juga terdapat fitur notifikasi cepat, desain panggilan baru, serta asisten pintar XiaoAi yang tampil secara penuh.

Penyebaran update firmware ini akan dimulai di Tiongkok mulai 17 hingga 22 Januari mendatang secara OTA. Supaya bisa mengecek update di smartwatch ini, silakan cek dengan cara masuk ke Sistem-Tentang-Klik Pembaruan.

Lalu tunggu beberapa saat apakah update software kedua tersebut sudah tersedia atau belum. Jika sudah, pembaruan yang ada bisa diunduh secara otomatis. Sebelumnya, update pertama sudah dilakukan pada 3-5 Desember lalu untuk meminimalisir bug dan dukungan ke perangkat iOS, seperti iPhone

Xiaomi Mi Watch ini sebenarnya sudah meluncur pada November 2019 silam. Jam tangan pintar pertama Xiaomi ini mempunyai desain yang persis dengan Apple Watch.

image via Cnet

Untuk spesifikasinya, smartwatch ini punya layar AMOLED berukuran 1,78 inci, dan dikemas dalam casing berukuran 44 m. Bagian belakang smartwatch yang dijuluki sebagai ponsel kecil di pergelangan tangan ini dilapisi dengan keramik.

Untuk performa, pihak Xiaomi membenamkan chipset Snapdragon Wear 3100 4G yang dipasangkan dengan RAM 1GB dan memori internal 8GB. Sedangkan untuk konektivitas, smartwatch Xiaomi punya koneksi 4G LTE yang bisa tetap menyala tanpa harus terhubung dengan hp.

Selain itu, arloji pintar ini dapat melakukan koneksi internet dengan Wifi dan NFC. Tak lupa juga, ada baterai berkapasitas 570 mAh yang tahan hingga 36 jam dengan sekali pengisian.

Ketika dirilis di Tiongkok, harga Xiaomi Mi Watch adalah 1.299 yuan atau Rp 2,6 juta. Selain itu, terdapat smartwatch Xiaomi edisi premium yang dilengkapi dengan layar kristal safir, bingkai dari stainless steel, dan tali besi anti karat, dengan harga 1.999 yuan atau Rp 4 juta.

Namun, jam tangan pintar Xiaomi edisi premium ini ternyata baru akan diluncurkan pada Februari 2020 setelah direncanakan dirilis pada akhir Desember 2019. Sejauh info yang didapatkan, Xiaomi Mi Watch ini masih akan tetap ekslusif di pasar Tiongkok dan belum diketahui kapan dijual ke pasar global termasuk Indonesia.

Like us!

Komentar