Alibaba Cloud Latih 2000 Mahasiwa Untuk Jadi Trainer Bersertifikat

Oleh Imam Ali updated Kamis, 16 Jan 2020 | 18:20

alibaba cloud

Alibaba Cloud hari ini umumkan inisiatif barunya dengan para mitra guna mendorong pengembangan kapasitas di bidang digital bagi para talenta di Indonesia.

Inisiatif terbaru ini diumumkan hari ini pada acara Alibaba Cloud Day Indonesia 2020, yang dihadiri oleh lebih dari 2.000 perwakilan dari perusahaan industri besar. Acara ini juga dihadiri oleh pengambil keputusan bisnis, developer dan insinyur yang berasal dari perusahaan berskala besar, UKM, hingga startup.

“Kami sangat senang meluncurkan program pemberdayaan bakat digital ini dengan dukungan dari universitas, lembaga pelatihan dan inkubator di Indonesia,” kata Leon Chen, Head of Alibaba Cloud Indonesia. 

Pada tahun 2020 ini, Alibaba Cloud akan menyediakan program pelatihan dan workshop bagi sekitar 60 tenaga pengajar atau dosen dari Universitas Bina Nusantara dan Prasetiya Mulya Business School.

Tujuannya adalah untuk mendapatkan setidaknya 2.000 mahasiswa dari dua universitas yang mengikuti pelatihan pada subjek terkait.

“Semakin banyak bisnis di Indonesia yang saat ini menggunakan cloud sebagai pendukung pertumbuhan mereka yang baru. Hal ini juga menyebabkan semakin banyaknya permintaan yang tinggi akan tenaga kerja khusus, namun masih minim keterampilan akan teknologi ini", sambung Leon.

Langkah yang diambil Alibab Cloud tersebut bertujuan untuk mendorong para pengajar agar bisa berbagi ilmu yang mereka dapatkan tentang cloud dan teknologi digital kepada para siswa selama pelatihan.

“Sebagai Universitas berkelas dunia, kami berkomitmen untuk membangun komunitas global melalui pendidikan dan teknologi,” kata Diah Wihardini, Direktur BINUS Global di Universitas Bina Nusantara.

Mereka berharap dengan berkontribusi melalui teknologi, keahlian, dan pengalaman, kami dapat membantu mengembangkan lebih banyak talenta yang memiliki pengetahuan cloud dan intelegensi data untuk memenuhi kebutuhan transformasi digital berbagai bisnis di Indonesia.

Di sisi lain Prof. Agus W. Soehadi, Ph.D, Dekan Fakultas Bisnis dan Ekonomi, Universitas Prasetiya Mulya juga mengungkapkan dukungan serupa. “Kami sangat bersemangat atas kemitraan kami dengan Alibaba Cloud, dimana anggota fakultas dan mahasiswa/i kami berkesempatan untuk mendapatkan pelatihan tentang cloud dan teknologi intelijen digital yang terbaru.”

alibaba cloud

Selain itu, Alibaba Cloud akan menawarkan sumber daya cloud untuk startup terpilih di komunitas BLOCK71 yang berpartisipasi dalam [email protected], kompetisi startup yang diselenggarakan setiap tahun oleh penyedia layanan cloud.

Kedua pihak juga akan bersamasama mengelola networking, kegiatan workshop dan acara pitching secara rutin. BLOCK71 Indonesia, dipelopori oleh NUS Enterprise bekerja sama dengan Salim Group, berkomitmen pada visi mereka sebagai pengembang Ekosistem dan berfokus pada pengembangan teknologi dan inovasi startup di Indonesia.

Kemitraan ini akan membuka peluang baru untuk komunitas teknologi dan menghadirkan platform bagi para penggiat teknologi untuk meningkatkan skala bisnis mereka hingga dapat bersaing di salah satu industri teknologi yang berkembang paling pesat.

Alibaba Cloud juga akan bekerja sama dengan Trinocate dan i3 untuk mengembangkan pelatihan lanjutan mengenai cloud, keamanan, dan intelegensi data untuk developer di komunitas. Hal tersebut bertujuan untuk membantu para komunitas dalam mengembangkan produk yang lebih canggih, terutama solusi industri pada sektor cloud.

Komentar