Diperbaharui pada Selasa, 14 Januari 2020 | 11:43

5 TV 8K dan 4K Terbaru di CES 2020, Ada yang Tanpa Bezel

Oleh Faaqih Irfan Djaelani

image via CNET

CES 2020 yang berakhir pada 10 Januari lalu tentu saja tidak lepas dari kehadiran TV terbaru dari merek-merek ternama. Resolusinya mulai dari 4K hingga 8K. Jenis layarnya pun bervariasi. Dari LED, OLED, dan yang revolusioner, QLED.

Jenis resolusi dan layar tersebut tentu saja akan memanjakan konsumen secara visual. Seperti dilansir dari What Hi-Fi, berikut deretan 5 TV terbaru di CES 2020.

5 TV Terbaru di CES 2020

Sony ZH8


image via SRN

ZH8 merupakan produk kedua TV Sony untuk resolusi 8K setelah Sony Z9G. Ukuran layarnya bervariasi dari 75 hingga 85 inci, dan berjenis LED.

Meski begitu TV 8K ini mampu menyuguhkan detail dan warna yang tampak lebih alami sehingga menciptakan dimensi yang memukau. Ada optimasi ambient untuk menyesuaikan pencahayaan.

ZH8 merupakan TV yang menyertakan remote backlit, dan teknologi frame tweeter terbaru yang memanfaatkan getaran frame untuk menghasilkan suara. Untuk sistem operasi, smart TV Sony ini akan dijalankan dengan Android 9 Pie.

Samsung Q950TS

image via Samsung

Lagi-lagi Samsung kembali meluncurkan tv 8K-nya, Samsung Q950TS. TV 8K dengan layar QLED ini merupakan TV dengan inovasi muktahir dari Samsung. Inovasi itu adalah tidak adanya bezel pada TV flagship Samsung tersebut. Hal ini membuat rasio layar menjadi 99%.

TV 8K ini juga punya prosesor AI Quantum. Prosesor yang memanfaatkan kecerdasan buatan ini bisa memanfaatkan algoritma untuk menganalisis kemampuan sendiri. Dengan prosesor ini konten menjadi mudah ditingkatkan.

Selain prosesor dengan kecerdasan buatan, Samsung Q950TS juga punya fitur Samsung Health On TV yang bisa menjadi pusat kebugaran konsumen.

TCL 8 Series


image via trustedreviews

TV 8K lainnya adalah TCL 8 Series. Tidak seperti TV lainnya yang berlayar OLED dan QLED, TV 8K produksi TCL ini berlayar Mini LED. Dengan desain bezel yang ultratipis, membuat TV flagship TCL ini terkesan mewah namun mudah dijangkau harganya.

Teknologi Vidrian yang ada pada tv membuat tv TCL ini punya kemampuan menggelapkan atau menerangkan bagian-bagian tertentu di panel. Dengan Mini LED, TCL 8 Series ini dapat memiliki lebih banyak zona peredupan daripada LDC dengan lampu latar standar. Selain itu, presisinya lebih besar dalam hal kecerahan dan kehitaman.

LG OLED 48 CX


image via What Hi-Fi

Setelah TV 8K, kini saatnya ke TV 4K,yaitu LG OLED 48 CX. TV LG berlayar OLED ini merupakan varian dari seri CX yang menampilkan prosesor baru dari LG, Alpha 9 Gen 3, Filmmaker Mode, dan Dolby Vision IQ.

Dolby Vision IQ pada TV 4K ini untuk melengkapi dua Dolby yang sudah ada, Dolby Atmos dan Vision. Keberadaan Dolby Vision IQ ini untuk memberikan kualitas gambar yang optimal dengan penyesuaian cahaya sekitar dan genre konten.

Sedangkan Filmmaker Mode pada televisi dengan ukuran layar 48 inci ini untuk memastikan pewarnaan dan frame rate pada tingkat optimal sehingga tayangan sesuai dengan visi para pembuat film.

TV 4K ini juga dirancang sebagai TV gaming dengan Nvidia G-Sync untuk memastikan kinerja yang begitu bagus ketika game dipindahkan ke televisi. Tak lupa, HGiG untu kualitas visual tinggi saat memainkan game dengan gambar HDR. Untuk tampilan, warna pada TV ini begitu tajam dan memukau.

Panasonic HZ2000


images via engadget

TV 4K lainnya yang masuk deretan TV terbaru di CES 2020 adalah Panasonic HZ2000. TV ini merupakan penerus dari Panasonic TX-55GZ2000. Seperti LG 48 CX, Panasonic HZ2000 juga mendukung penggunaan Dolby Vision IQ dan Filmmaker Mode.

Tv Panasonic ini juga menjanjikan kecerahan 20% daripada layar OLED biasa pada TV lain. Hal itu karena panel master HDR OLED Profesional yang dimilikinya.

Fitur lainnya dari TV ini adalah Soundscape Pro-360 derajat dari Panasonic yang mampu menawarkan bidang suara spasial. Tak lupa untuk saluran tinggi Dolby Atmos terdapat driver khusus.

Like us!

Komentar