Foto Bocoran Samsung Galaxy S20 Beredar, Ini Penampakannya!

Oleh Restu Aji Siswanto updated Senin, 13 Jan 2020 | 12:00

Samsung galaxy s20Image via XDA Developers

Beberapa waktu lalu, beredar rumor yang mengatakan kalau Samsung Galaxy S20 akan menjadi nama resmi untuk Samsung Galaxy S11 yang akan rilis tahun ini. Foto bocoran desain fisik yang beredar belum lama ini, mengonfirmasi rumor tersebut.

Awal tahun 2020, Samsung menjadi salah satu vendor hp yang menjadi sorotan, mulai dari Galaxy Fold 2 dengan desain clamshell, versi Lite dari Galaxy S10, hingga berbagai bocoran tentang Galaxy S20 yang kabarnya akan dilengkapi dengan empat kamera belakang.

Bentuk fisik Samsung Galaxy S20

samsung galaxy s20 plusImage via XDA Developers

Melalui foto bocoran yang dirilis oleh XDA Developers, kita akhirnya mendapatkan konfirmasi nama, sekaligus bentuk fisik dari flagship seri S terbaru Samsung, yang diberi nama Galaxy S20. Nama ini muncul pada layar startup hp yang difoto pada saat dinyalakan.

Sekilas, bentuk fisik Galaxy S20+ ini serupa dengan Galaxy S10+ yang menjadi flagship pendahulunya pada lini S Series Samsung. Letak kamera depan menjadi pembeda yang langsung terlihat. Bila sebelumnya ada di kanan atas, kali ini tepat di tengah atas.

Satu lagi hal yang membedakan antara Galaxy S20 ini dengan pendahulunya adalah tidak terlihatnya tombol fisik Bixby. Entah tersembunyi, atau tombolnya dibuat flat/touch sensor. Sementara tombol power/volume, masih terlihat di sisi kanan, walau tidak terlalu menonjol.

Punya 4 kamera utama

kamera samsung galaxy s20Image via XDA Developers

Foto bocoran yang beredar adalah Samsung Galaxy S20 Plus (Galaxy S20+), versi 5G. Dari foto tersebut, kita bisa melihat adanya empat buat kamera pada sisi panel belakangnya. Rumor soal komposisi kamera ini adalah lensa wide, ultra-wide, portrait, dan macro.

Dengan adanya lensa kamera macro, sudah bisa dibayangkan apa yang bisa dilakukan oleh Samsung Galaxy S20. Penambahan lensa macro pada Galaxy S20 tentunya diharapkan akan membuat Samsung tidak tergoyahkan dari posisinya sebagai salah satu seri flagship dengan kamera terbaik di dunia.

Sebagai perbandingan saja, kamera utama pada seri Samsung Galaxy S10 masih menjadi salah satu kamera hp terbaik saat ini. Fitur Live Photo yang dimilikinya bisa dibilang setara dengan jepretan kamera digital konvensional.

Tampilan layar full screen

samsung galaxy s20
Image via XDA Developers

Menurut sumber yang sama, foto bocoran yang tampaknya milik Samsung Galaxy S20 Plus (S20+) ini bukan lah versi varian S20 tertinggi. Kabarnya tahun ini akan ada versi lain dari seri S20 yang lebih tinggi, dan akan mengusung nama Galaxy S20 Ultra.

Varian lainnya yang dirumorkan adalah Galaxy S20 standar, Galaxy S20 5G, Galaxy S20+ standar, dan Galaxy S20+ 5G. Semua varian ini memiliki bentuk layar yang berbeda-beda seperti seri pendahulunya. Untuk kameranya sendiri, belum jelas apa versi standar akan memiliki lensa macro juga atau tidak.

Tampilan layar Samsung Galaxy S20 masih full screen seperti pendahulunya, hanya saja, sisi curved-nya terlihat tidak sedalam Samsung Galaxy S10 Plus. Bezelnya juga terlihat lebih ramping, memberikan kesan kalau Galaxy S20 Plus ini lebih panjang.

Spesifikasi dan harga Samsung Galaxy S20

Rumor yang beredar masih pada tahap yang sangat awal, sehingga belum ada bocoran informasi yang secara spesifik menyebutkan spesifikasi Samsung Galaxy S20. Satu hal yang bisa dipastikan adalah, hp Samsung terbaru ini akan dibekali dengan Snapdragon 865.

Harga Samsung Galaxy S20 juga sepertinya tidak akan jauh berbeda dari pendahulunya ketika pertama kali rilis di pasaran. Varian tertingginya, Galaxy S20 Ultra sepertinya juga sekaligus menjadi yang termahal. Kita tunggu pengumuman resminya di bulan Februari.

Artikel Terkait

Komentar