Lenovo ThinkPad X1 Fold, Laptop Layar Lipat Pertama di Dunia

Oleh Faaqih Irfan Djaelani updated Kamis, 9 Jan 2020 | 12:03

image via Lenovo

Laptop sekaligus tablet lipat? Hal itu yang terlihat pada Lenovo ThinkPad X1 Fold,  laptop seri ThinkPad X1 yang kemungkinan akan dirilis pada pertengahan tahun ini setelah dipamerkan pada ajang CES 2020 di Las Vegas, Amerika Serikat.

Keberadaan produk terbaru Lenovo tersebut menjadikannya sebagai laptop yang bisa menjadi tablet lipat pertama di dunia. Prototipe Laptop ini sendiri sudah diperkenalkan kepada publik pada Mei 2019.

Kehadiran laptop Lenovo terbaru ini juga menjadi keberhasilan revolusioner perusahaan teknologi asal Tiongkok tersebut setelah melalui sebuah proses yang panjang dan melelahkan.

Lalu bagaimana dengan spesifikasi laptop sekaligus tablet ini?

Spesifikasi Lenovo ThinkPad X1 Fold

Layar OLED 13.3 inci

image via Lenovo

Layar OLED pada laptop lipat Lenovo ini berukuran 13.3 inci rasio 4:3 dengan bezel tebal yang mengelilinginya. Bezel tebal ini sebenarnya tidak lazim untuk ukuran laptop dan tablet pada umumnya. Layarnya sendiri mempunyai berat 1 kg ini mempunyai resolusi 2.048 x 1.536, dan serupa dengan iPad 9,7 inci.

Meskipun begitu, hal tersebut dimaklumi karena Lenovo memasukkan teknologinya ke dalam perangkat keras terbarunya ini. Dengan layar tersebut, laptop lipat Lenovo ini menjadi praktis dan mudah digunakan.

Layar buatan LG Display ini sendiri punya kemampuan dilipat ke dalam, dengan dua layar tergeletak rata satu sama lain lalu menutup dan terkunci secara magnetis. Perlu diketahui, layar lipat ini memanfaatkan teknologi yang terdapat dalam Samsung Galaxy Fold sehingga panjang dan lebarnya bisa dikurangi.


image via Lenovo

Ketika menjadi laptop, Lenovo ThinkPad X1 Fold akan dilengkapi dengan BT Keyboard atau Bluetooth Mini Fold Keyboard sebagai aksesoris yang tentunya bisa mengoneksikan Bluetooth.

Keberadaan keyboard ini akan membuat laptop Lenovo ini bisa menghilangkan celah yang terjadi ketika dilipat ke dalam serta akan membuat pengguna begitu nyaman saat menggunakan. Sebenarnya, tablet Lenovo ini bisa menjadi laptop ketika layarnya dilipat setengah, dan layar satunya menjadi keyboard virtual. 

Namun hal itu dirasakan tidak nyaman ketika akan mengetik karena panjang dan lebar layar menjadi terbatas. Sekadar info, keyboard ini sendiri memang tidak dipamerkan ketika teaser-nya dirilis. Tak ketinggalan terdapat juga pen sebagai aksesoris selain keyboard.

Mampu Mengisi Baterai Secara Wireless

Tablet laptop Lenovo ThinkPad X1 terbaru ini dirancang untuk dapat mengisi baterai yang bisa bertahan hingga 11 jam secara wireless alias nirkabel ketika disematkan di celah antarlayar. Layarnya tetap bisa disambung dengan keyboard Bluetooth lain dan mouse dalam keadaan tidak terlipat.

Laptop Lenovo terbaru ini mempunyai port USB-C di masing-masing sisi yang memungkinkannya bisa dihubungkan dengan monitor eksternal.

Menggunakan Intel Core Hybrid dan Windows 10 Pro

Supaya kemampuan lebih yahud, Lenovo menggunakan Intel Core Hybrid sebagai prosesor pada tablet laptop terbaru ThinkPad X1 ini. Sedangkan untuk sistem operasi yang digunakan adalah Windows 10 Pro.

Selain Windows 10 Pro, Lenovo juga akan menggunakan Windows 10 X untuk versi dual-screen dan multi. Untuk versi yang sekarang, Lenovo yang terkoneksi dengan 5G ini mengintegrasikan software peralihan mode yang menggunakan pengguna ketika menggunakannya dalam berbagai konfigurasi.

Berapa Harga Tablet Laptop Lenovo ini?


image via Lenovo

Lenovo ThinkPad X1 Fold dibanderol dengan USD 2.499 juta atau Rp 34,7 juta. Pengumuman harga ini tidak dibarengi dengan harga keyboard. Kemungkinan keyboardnya dijual terpisah.

Untuk X1 Fold dengan Windows 10X akan diumumkan setelahnya sedangkan X1 Fold Stand kemungkinan akan dirilis pada pertengahan kedua 2020. Harga akan diumumkan menjelang tanggal peluncuran yang sampai sekarang masih menunggu konfirmasi resmi.

Artikel Terkait

Komentar