Diperbaharui pada Senin, 13 Januari 2020 | 12:02

Xiaomi Redmi 8, Hp Sejutaan dengan Kamera Terbaik

xiaomi redmi 8

Xiaomi memiliki kebiasaan meluncurkan perangkat di setiap segmen harga. Hal ini memungkinkan pengguna memiliki fleksibilitas yang lebih untuk memilih perangkat yang sesuai dengan anggaran mereka.

Berbicara tentang perangkat keras, kita tahu betul bahwa Xiaomi lebih sering memadukan harga dan spesifikasi dengan tepat, dan Redmi 8 pun hadir dengan ketentuan tersebut. Redmi 8 menawarkan semua yang Anda harapkan dari smartphone 1 jutaan, termasuk dual-kamera dan 4 GB RAM.

Bicara soal Redmi 8, hp Xiaomi 1 jutaan dengan kamera ganda dan RAM 4 GB. Pricebook akan memberikan ulasan tentang produk Xiaomi terbaru ini kepada untuk Anda. Sebelumnya, Pricebook juga sempat mereview Xiaomi Redmi 8A dan juga sang kakak Redmi Note 8 Pro. Berikut hasil review yang dilakukan pada Redmi 8.

Bodi Redmi 8 terlihat fantastis

xiaomi redmi 8

Smarphone ini bisa dikatakan bagus, selain memiliki tampilan modern UInya juga asik. Redmi 8 juga sudah memiliki Dot Drop di layar bagian atas dan bezel yang tipis. Sebuah smartphone dengan harga 1jutaan jarang yang terlihat memiliki tampilan premium. Namun faktanya, varian warna hitam Redmi 8 sangat terlihat elegan dan mengkilap.

Lekuk hp sejutaan ini memberikan kenyamanan bagi Anda ketika menggenggamnya. Mengetik di telepon dengan satu tangan juga bisa dengan mudah dilakukan. 
Selain kamera, di bagian belakang dari tubuh Redmi 8 juga terdapat sensor sidik jari yang letaknya sedikit lebih di atas dibandingkan ponsel lainnya.

Layar Redmi 8

redmi 8

Redmi 8 menampilkan layar LCD 6,22 inci dengan resolusi HD +. Warna pada layar tajam dan menunjukkan kontras yang baik. Tingkat kegelapan atau kepadatan layar juga sangat baik. Meski begitu, Anda tetap bisa melihat aplikasi maupun konten dengan Redmi 8 di bawah sinar matahari yang cerah.

Suhu warna tampilan untuk penguji masuk dalam kategori lembut. Terutama saat ketika sedang membaca, tingkatannya cenderung ke arah redup.

Redmi 8, Hp Sejutaan Pakai Snapdragon

hp xiaomi redmi 8

Redmi 8 masuk dalam kelas hp sejutaan pakai Snapdragon. Smartphone ini ditenagai oleh chipset octa-core Qualcomm® Snapdragon™ 439 dan hadir dalam varian RAM 3GB dan 4GB.

Penguji sendiri menggunakan Xiaomi Redmi 8 RAM 4GB. Ketika proses uji perangkat, Redmi 8 masih menggunakan MIUI 10.3.3.0.  Namun, di tengah pengujian, Xiaomi memberikkan update untuk MIUI 11.0.3 dengan patch keamanan Desember 2019.

Kinerja yang diberikan cukup signifikan perubahannya, masalah lag yang sebelumnya ada di MIUI 10, makin terasa enteng.

Kriteria Spesifikasi
Nama Produk Redmi 8 RAM 3GB ROM 32GB
Kategori HP Smartphone
Brand Xiaomi
Series -
OS Android
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 2 GHz
Dimensi 156.3 x 75.4 x 9.4 mm
Berat 190 g
Material -
Touch Screen -
Ukuran Layar 6.22 inch
Screen Resolution 1520 x 720 Pixel
Technology -
Resolusi Kamera Belakang 12 MP
Kapasitas Baterai 5000 mAh
OS Version 9
Detail Prosesor Snapdragon 439
GPU Adreno 505
Prosesor Qualcomm
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Kamera Redmi 8

kamera xiaomi redmi 8

Pada Redmi 8, Anda akan mendapati keberadaan kamera ganda 12 MP f / 1.8 + 2 MP di bagian belakang. Sementara di bagian depan, ada kamera 8 MP untuk selfie. Mari kita bicara tentang sisi fotografi kamera belakang Redmi 8 terlebih dahulu. Gambar siang hari yang diambil menggunakan Redmi 8 cukup baik.

Warnanya cukup dekat dengan nada alami dan gambar keseluruhan juga tampak bagus. Kamera belakang Xiaomi Redmi 8 sudah dilengkapi dengan fitur autofokus. Selain itu beberapa mode pemotretan juga tersedia di dalamnya.

Berpindah ke kamera depan, sektor selfie biasanya paling banyak dinikmati remaja milenial. Bagusnya, Redmi 8 memiliki hasil selfie siang hari yang cukup baik.

kamera redmi 8

Jika Anda menjaga ponsel Anda sangat stabil, Anda juga akan mendapatkan detail bagus di selfie. Namun, jika Anda memiliki tangan yang goyah, mungkin perlu beberapa upaya untuk mendapatkan hasil yang bagus dan mantap.

Kamera Redmi 8 memiliki efek kedalaman alami, terlebih hasil gambarnya sangat apik terutama ketika mode potret. Penguji menemukan Redmi 8 secara konsisten mengekspos latar belakang dengan cukup baik.

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, bahwasanya Redmi 8 juga memungkinkan pemotretan portrait dari kamera selfie dengan hasil yang baik. Hanya saja, untuk ukuran hp sejutaan jangan berharap detail pixel yang rapat, karena itu mustahil.

hasil foto xiaomi redmi 8

Memotret pada kondisi rendah cahaya dengan Redmi 8 tidak terlalu buruk, hanya butuh fokus yang tepat dan tidak goyang. Hal ini untuk menghindari hasil buram karena sifat autofokusnya yang sangat lembut.

Pada dasarnya, saat malam hari Redmi 8 mencoba untuk mengkurasi sebanyak mungkin cahaya dan ini yang terkadang membuat warna terlihat kurang alami. Bicara tentang noise, masih pada batas wajarlah.

Redmi 8 memungkinkan perekaman video dengan resolusi hingga 1080p pada 30 fps. Pada resolusi dan frame rate ini, video terlihat bagus. Banyak detail dan warna yang baik, tapi sayangnya tidak diperkuat dengan keberadaan Image Stabilisation yang baik.

Bagi yang sering menggunakan video call, Anda wajib berada di wilayah yang cukup cahaya untuk mendapatkan kualitas gambar terbaik. Beruntungnya, stabilitas dalam video selfie sedikit lebih baik meskipun tidak sempurna, warna dan detail di dalamnya cukup bagus.

Menariknya, penguji juga secara singkat membandingkan kamera Redmi 8 dengan Redmi 8A yang lebih murah. Dan Anda dapat melihat dari beberapa sampel di review Redmi 8A, hape murah 1 jutaan dengan type-C.

Baterai

redmi 8

Redmi 8 memiliki kapasitas baterai yang cukup bagus. Hp 1 jutaan ini menggendong baterai 5.000 mAh yang dilengkapi dengan dukungan pengisian daya cepat hingga 18 W. Di dalam kemasan, tersedia adaptor berkapasitas 10 W. Untuk mendapatkan daya maksimal 18 W, adaptornya dijual terpisah.

Pada penggunaan moderat, seperti penggunaan aplikasi media sosial, bermain game selama beberapa jam, menonton beberapa video dan dengan beberapa aplikasi berjalan di latar belakang, baterai Redmi 8 mampu dengan mudah bertahan satu setengah hari. Anda dapat meregangkannya menjadi dua hari jika penggunaannya lebih ringan dari itu.

xiaomi redmi 8

Mengisi daya Redmi 8 dari nol persen menjadi lima puluh membutuhkan waktu 35 hingga 40 menit. Jika Anda merupakan seseorang yang selalu bepergian, maka mungkin Anda harus mempertimbangkan pengisi daya 18 W yang penguji sebutkan di atas.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Redmi 8 menawarkan desain yang hebat, tampilan yang bagus, daya tahan baterai yang luar biasa, kamera yang layak, dan UI yang menarik. Cukup sepadan, dengan uang satu juta lebih sedikit, Anda benar-benar mendapatkan driver harian yang cukup baik dengan Redmi 8. Apalagi tersedia garansi 24 bulan.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1660 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.