4 Hal Mengenai Facebook OS, Sistem Operasi Pengganti Android dan iOS

Oleh Faaqih Irfan Djaelani updated Kamis, 26 Des 2019 | 11:54

Facebook diberitakan sedang mengembangkan sistem operasi sendiri, Facebook OS, untuk menggantikan Android dan iOS. Penyebab perusahaan media sosial ini ingin membuat sistem sendiri karena bosan dengan dominasi kedua sistem operasi tersebut.

Hal tersebut sejalan dengan pernyataan dari Ficus Kirkpatrick, Kepala AR/VR Facebook, yang menyatakan bahwa perusahannya tidak akan lagi bergantung pada Google atau Apple di masa depan untuk perangkat lunak sendiri, demikian dilansir dari analyticsindiamag.com.

Meski masih dalam pengembangan, ada beberapa hal yang perlu diketahui terkait dengan Facebook OS ini. Apa saja? Mari simak!

Dikembangkan oleh eks Microsoft

Dalam pengembangan sistem operasi ini, Facebook merekrut Mike Lucovsky, bekas pegawai Microsoft yang bertanggung jawab atas Windows NT, sistem operasinya Microsoft. Kehadiran Lucovsky diharapkan dapat membawa sentuhan perubahan terhadap Facebook OS yang digadang-gadang merupakan bentuk kemandirian Facebook.

Hal senada dinyatakan oleh Wakil Presiden Facebook Bidang Perangkat Keras, Andre Bosworth seperti dilansir dari Techcrunch. Selain sebagai bentuk kemandirian, juga sebagai cara Facebook untuk meluaskan penjualan di masa yang akan datang.

Sebagai Internet of Things

Facebook OS juga bakal menjadi sistem operasi yang mengedepankan internet of things atau IoT sehingga semua perangkat bisa saling terhubung.

Anshul Gupta, Direktur Riset Senior di Gartner seperti dilansir analytcsindiamag, menyatakan bahwa segmentasi IoT yang dipilih Facebook merupakan pasar yang begitu besar dan menjanjikan untuk Facebook sendiri di masa yang akan datang.

Bukan untuk Hp


image via Forbes.com

Keinginan Facebook mempunyai sistem operasi sendiri ini tentu disangka banyak orang bahwa sistem ini akan untuk hp. Kenyataannya, tidak. Facebook OS direncanakan hanya untuk VR dan AR seperti dilansir dari Techcrunch. Sejauh ini Facebook sudah mempunyai produk-produk di bidang tersebut seperti Oculus dan Portal. Namun sistem pengoperasian keduanya masih memakai Android.

Untuk AR, dengan sistem operasi sendiri perusahaan Mark Zuckerberg ini akan mengembangkan Orion, kacamata pintar serupa Apple AR Glasses yang rencananya diluncurkan pada 2023. 

Kacamata pintar ini disebut-sebut akan menggantikan fungsi hp. Seperti dilansir dari cnbc.com, Mark Zuckerberg mengatakan bahwa Orion yang juga merupakan hasil kerja sama dengan Rayban akan bisa beroperasi sendiri tanpa disentuh serta bisa bekerja sesuai kehendak melalui pikiran.

Dengan sistem operasi sendiri, Facebook berharap bisa mengeksplorasi produk-produknya ini sehingga tidak ada ketergantungan terhadap Android dan iOS.

Bukan yang pertama kali


image via vedroid.com

Ini bukan pertama kalinya Facebook mengembangkan sistem operasi sendiri. Sebelumnya, pada 2013 perusahaan aplikasi media sosial ini pernah membuatnya, dan diaplikasikan pada HTC First, hp pertama di dunia yang menggunakan Facebook sebagai layar antarmuka bernama Facebook Home.

Sayang, penjualan hp Taiwan tersebut di pasaran tidak laku keras dan anjlok akibat banyaknya notifikasi Facebook yang mengganggu pengguna, serta menjadi salah satu kegagalan teknologi pada 2013 menurut Read dan Time.

Artikel Terkait

Komentar

Halaman Terkait