Diperbaharui pada Selasa, 3 Januari 2023 | 18:25

Memaksimalkan Fitur Kamera Samsung Galaxy A10s Biar Nge-Live Lebih Kece

Memaksimalkan Fitur Kamera Samsung Galaxy A10simage via Samsung

Untuk menghasilkan foto yang bagus dan unik tidak harus menggunakan smartphone yang mahal. Dengan kamera hp sejutaan pun kita masih bisa mendapatkan hasil foto yang memukau. Yang penting kita bisa mendapatkan momen yang pas dan bisa memaksimalkan fitur-fitur yang ada di smartphone.

Salah satu smartphone sejutaan yang bisa kamu coba adalah Samsung Galaxy A10s. Hp terbaru dari Samsung ini dihadirkan sebagai penerus dari Galaxy A10. Dimana Galaxy A10s menawarkan beberapa peningkatan, salah satunya memasang dua kamera di bagian belakang

Meski hanya punya dua kamera, namun kualitas yang ditawarkan masih cukup untuk mengabadikan momen pribadi dengan baik. Apalagi didalamnya tertanam beberapa fitur yang bisa digunakan untuk memaksimalkan hasil fotonya.

Dua kamera yang terpasang di Galaxy A10s terdiri dari sensor 13MP + 2MP dengan fitur tambahan seperti Live Focus, Panorama, Pro hingga AR Sticker. Untuk mendapatkan hasil foto yang lebih baik, berikut beberapa cara untuk memaksimalkan fitur kamera yang ada di Samsung Galaxy A10s. 

Memaksimalkan Fitur Kamera Samsung Galaxy A10s

Menggunakan Kamera Utama 13MP

Memaksimalkan Fitur Kamera Samsung Galaxy A10s
Kamera utama di Samsung Galaxy A10s memiliki resolusi 13MP. Jika dibandingkan dengan smartphone keluaran terbaru, resolusi ini memang terbilang kecil. Namun bukan berarti hasil fotonya tidak bagus. Dengan pengaturan yang apik kamu masih bisa menghasilkan foto yang keren.

Di kamera utama 13MP ini sudah di dukung aperture f/1.8, artinya memiliki bukaan cahaya yang cukup besar. Di dunia fotografi, cahaya memiliki peran yang sangat vital karena akan mempengaruhi hasil foto. Selain itu, Samsung Galaxy A10s memiliki beberapa mode pemotretan, seperti Panorama, Live Focus hingga Pro.

Untuk menghasilkan foto yang bagus di Galaxy A10s, pastikan cahaya dalam kondisi yang optimal. Lebih aman memotret di luar ruangan dan seting dalam resolusi tertinggi. Dan jangan lupa untuk mengaktifkan fitur HDR agar foto lebih maksimal.

Kamu juga bisa memanfaatkan fitur wide untuk memotret dengan sudut lebar. Fitur ini cukup berguna ketika ingin melakukan foto dengan objek luas seperti pemandangan, gedung-gedung, atau lainnya. Atau foto bareng keluarga di dalam ruang yang terbatas. Caranya pun cukup mudah, geser ikon yang ada di atas menu kamera.

Jika ingin mencoba kemampuan kamu dalam fotografi, tidak ada salahnya untuk mencoba mode Pro. Disini kamu bisa mengatur sendiri beberapa setingan, mulai dari pencahayaan, shutter speed hingga ISO. 

Memaksimalkan Foto Bokeh

Memaksimalkan Fitur Kamera Samsung Galaxy A10s
Dua kamera di Galaxy A10s terdiri dari sensor 13MP dan 2MP, dimana untuk kamera sekunder (2MP) merupakan depth sensor. Kamera kedua ini berguna untuk menghasilkan foto bokeh, yaitu foto dengan latar belakang blur (buram). Untuk menghasilkan foto bokeh ini, kamu cukup pilih mode Live Focus. 

Menariknya, kamu bisa menyesuaikan efek buram di belakang foto secara manual. Tersedia opsi keburaman hingga level 7. Makin besar level maka akan semakin buram latar belakang foto. Tapi pastikan kamu menentukan objek utama dan men-tap nya hingga benar-benar fokus.

Untuk hasil yang lebih baik, pastikan jarak antara kamera dan objek sudah sesuai dengan ketentuan. Tapi tidak perlu khawatir, karena akan muncul notifikasi jika jarak kamera dan objek terlalu jauh atau dekat. Menariknya, efek blur di belakang juga bisa dilakukan setelah kamu selesai memotret. Hasilnya bisa langsung di share ke akun Facebook atau Instagram. 

Bikin Unik dengan AR Sticker

Memaksimalkan Fitur Kamera Samsung Galaxy A10s
Satu fitur kamera yang tak kalah menarik dari Galaxy A10s adalah AR Sticker. Dimana tersedia banyak pilihan stiker lucu dan menarik untuk menambah keseruan foto. Stiker-stiker bisa digunakan untuk foto selfie maupun menggunakan kamera belakang. 

Serunya, setiap stiker ini seolah-olah hidup dan bisa mengikuti gerakan wajah. Coba saja buka mulut, maka stiker-stiker ini akan berubah dengan ekspresi yang lebih unik. Untuk menggunakannya kamu bisa pilih fitur AR Sticker di pojok atas di aplikasi kamera.

Selamat mencoba! 

Kriteria Spesifikasi
OS Version 9
Ukuran Layar 6.2 inch
Screen Resolution 1520 x 720 Pixel
Detail Prosesor Helio P22
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 2 GHz
GPU PowerVR GE8320
RAM 2 GB
Memori Internal 32 GB
Resolusi Kamera Belakang 13 MP
Resolusi Kamera Utama Lainnya 2 MP
Resolusi Kamera Depan 8 MP
USB microUSB
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2442 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.