Diperbaharui pada Rabu, 12 Agustus 2020 | 13:39

Xbox Series X Resmi Meluncur di November 2020

Oleh Restu Aji Siswanto

xbox series xFoto: Xbox.com

Xbox Series X sudah diperkenalkan pada Kamis, 12 Desember 2019 lalu, dan kini Microsoft telah resmi mengumumkan bahwa konsol game teranyarnya tersebut akan diluncurkan pada bulan November 2020.

Bertajuk “Power Your Dreams”, Microsoft Xbox seri terbaru ini merupakan penerus Xbox One X. Trailer konsol game ini menampilkan grafis-grafis game yang terlihat begitu nyata dan menawan. Untuk membuktikannya, Microsoft juga memamerkan game yang akan tampil di konsol game ini, Senua's Saga: Hellblade II.

Selain itu, desain Xbox terbaru ini yang berbentuk beda dari generasi sebelumnya, malah lebih menyerupai CPU, dengan bantuk kotak persegi panjang yang bisa diposisikan secara vertikal atau horizontal. Desain yang berbeda sekali dari generasi Xbox sebelumnya.

Konsol game ini mempunyai kontroler khas Xbox dengan tambahan fitur-fitur terbaru, seperti tombol “share” yang akan mempermudah pengguna untuk mengambil screenshot pada game. Kontroler nirkabel ini juga akan kompatibel dengan Xbox One X serta Windows PC 10.

Spesifikasi Xbox Series X

1. Dapur Pacu AMD Zen 2 

xbox series xFoto: Xbox.com 

Untuk dapur pacunya, Xbox Series X dilengkapi dengan AMD Zen 2 berarsitektur RDNA 2 yang merupakan core kuat generasi ketiga AMD. Core ini akan membuat kinerja konsol game menjadi signifikan, terutama untuk aplikasi single-thread dan instruksi per clock.

Selain itu, AMD Zen 2 yang berteknologi prosesor 7 mm ini akan membuat chip bisa bekerja lebih dingin, sekaligus meningkatkan jumlah core hingga 16. Core ini termasuk yang hits bagi penggemar game PC dan game.

2. Resolusi 8K 

resolusi 8k xbox series x
Microsoft Xbox Series X juga akan memiliki keunggulan resolusi daripada Xbox One X. Apabila One X memiliki resolusi layar 4K, Xbox Series X akan memiliki tampilan layar hingga 8K, yang merupakan tampilan layar dengan resolusi UHD TV.

Resolusi 4K sendiri mempunyai kecepatan frame 60 fps dan mampu menghasilkan gambar lebih tajam dan detail yang dapat memanjakan mata karena pikselnya 4 kali lipat daripada HDTV 1080p.

Dengan resolusi 8K, Xbox Series X diklaim dapat mempunyai kecepatan frame 120 fps. Sebab, resolusi ini mempunyai 33 juta piksel atau 4 kali lipat daripada 4K. Setara dengan 16 kali full HD. Penggunaan resolusi 8K akan membuat pengalaman gaming menjadi semakin mengesankan karena tampilan grafis yang benar-benar nyata.

2. VRR dan VRS

harga xbox series xFoto: Xbox.com

Yang tidak kalah penting dari produk anyar Microsoft ini adalah adanya teknologi berupa VRR (variable refresh rate) dan VRS. VRR akan dapat membantu meningkatkan refresh rate pada DirectX 11 ketika game dimainkan dalam mode layar penuh.

VRR yang juga keluaran Microsoft ini akan menjadi pelengkap dalam meningkatkan pengalaman bermain game. Fitur ini juga membuat para gamer bebas dari gangguan mata. VRR sendiri bukanlah fitur terbaru mengingat Microsoft sudah menanamkan terlebih dahulu pada Xbox One X.

Sedangkan VRS atau variable rate shading akan membatasi jumlah shading di area yang tidak diperlukan serta memfokuskan sumber daya GPU di area penting sehingga kinerja visual terlihat lebih jelas tanpa harus menurunkan kualitas gambar.

3. ALLM dan DLI

xbox series xFoto: Xbox.com

Teknologi terakhir yang menjadi keunggulan dari Microsoft Xbox Series X ini adalah adanya ALLM dan DLI. ALLM atau auto low latency mode yang tampil pada HDMI 2.1 ini akan secara otomatis mengalihkan layar yang terhubung ke mode latency atau jeda keterlambatan terendah ketika konsol game dinyalakan.

Selain itu, terdapat DLI atau dynamic latency input yang tujuannya untuk mengurangi latency dalam game yang akan dimainkan di Xbox. Penambahan fitur ini penting mengingat tingkat latency pada konsol masa kini yang lebih tinggi dibandingkan dengan PC.

Microsoft sendiri juga menyatakan bahwa Xbox Series X ini akan menjadi konsol game yang responsif serta dapat mempersingkat waktu loading karena menggunakan media penyimpanan SSD.

Like us!

Komentar