Canon EOS Rs, Punya Dual Memory Cards dan Prosesor DIGIC 9

Oleh Faaqih Irfan Djaelani updated Kamis, 12 Des 2019 | 15:37

Versi baru kamera Canon EOS R dikabarkan akan menggunakan dual memory cards. Seperti dilansir dari canonrumours.co, kamera mirrorless yang akan dinamai Canon EOS Rs ini rencananya diluncurkan pada Februari 2020 di Tokyo, Jepang, pada ajang CP+ show.

Penggunaan dual memory cards ini yang pertama kali untuk kamera mirrorless Canon. Para pengguna bisa mengambil gambar dalam bentuk RAW Files dan JPEG untuk kemudian disimpan pada SD Card dalam proses yang tidak lama. Dual memory cards juga memungkinkan penyimpanan memori dalam jumlah besar.

Sebaliknya, penggunaan dual memory cards ini diperkirakan akan memperlambat kinerja pengambilan gambar terutama untuk pengambilan gambar secara multipel. Tampaknya ini tidak akan berpengaruh bagi fotografi lanskap atau pernikahan. Namun, hal itu menjadi kendala bagi fotografer olahraga atau kehidupan alam liar.

Rumor kemunculan Canon EOS Rs ini digadang-gadang akan menjadi kompetitor untuk Sony A7R IV, raja kamera mirrorless untuk saat ini. Bahkan, nama terakhir itu adalah yang pertama kali memakai dual memory cards atau dual slots.

Spesifikasi Canon EOS Rs

Prosesor DIGIC 9

Canon EOS Rs dirumorkan akan diperkuat prosesor DIGIC 9, prosesor penerus DIGIC 8 yang sejak Februari 2018 telah melekat dalam banyak produk kamera Canon. Sejauh yang Pricebook ketahui adalah prosesor ini akan diusung terlebih dahulu pada Canon EOS 1D X Mark III.

Mengenai penstabilan gambar sendiri Canon akan berupaya memasukkan IBIS atau in body image stabilization ke dalam EOS Rs. Hal ini karena sang pendahulu, EOS R, tidak memiliki IBIS sehingga menjadi kekurangan pada kamera mirrorless tersebut.

Kamera CMOS 75MP

Hal lain yang jadi rumor adalah penggunaan kamera sensor CMOS 75MP yang akan berfokus pada rentang dinamis atau dynamic range. CMOS sendiri ini sudah ada pada Canon EOS R, yang memungkinkan pengguna bisa membidik gambar dengan kecepatan 0,05 detik. Rumor ini juga menggantikan rumor sebelumnya terkait penggunaan sensor kamera 80MP.

Fully Weather Shield dan Joystick

Versi baru ini kemungkinan bakal fully weather shield alias terbungkus seluruhnya oleh lapisan anti-air, angin, dan debu sehingga tepat digunakan dalam kegiatan luar ruangan. Tombol joystick yang berfungsi sebagai navigasi ke menu-menu dalam kamera bahkan dirumorkan mirip dengan Canon EOS 1D X Mark III.

Layar Fully Articulated

Jika melihat desainnya yang kemungkinan mirip dengan versi sebelumnya, EOS Rs akan terbuat dari magnesium alloy dengan dimensi yang sama dengan EOS R, 136x98x84 mm, dan bobot 600 gram termasuk baterai.

Layar EOS Rs sendiri kemungkinan fully articulated, yaitu bisa ditarik ke samping hingga 180 derajat. Layar yang demikian cocok untuk para videografer dan kreator konten. Untuk versi sebelumnya, EOS R, memiliki layar sentuh 3,2 inci, dengan resolusi 2,1 dot.

Kelebihan EOS Rs Lainnya

EOS Rs bakal memiliki mount yang dapat mendukung lensa hibrida EF/RF. Mount ini telah ada pada versi sebelumnya, yaitu berupa lensa dengan diameter 54 mm, dan memungkinkan Canon EOS R membuat lensa-lensa RF dengan dimensi yang lebih ringkas.

Kamera mirrorless Canon versi baru ini juga dikabarkan akan dirilis dalam dua spesifikasi, untuk foto serta untuk video dan camcorder seperti pada Panasonic S1R dan S1H.

Harga Canon EOS Rs

Untuk harga EOS Rs sendiri, Canonrumours kembali melansir harga kamera versi baru Canon EOS R ini sendiri adalah USD 1.499, atau jika dirupiahkan berada di angka Rp 20.989.699. Harga yang bisa dibilang tidak beda jauh dari versi sebelumnya. Namun karena semua masih rumor, kita harapkan saja kebenaran kamera mirrorless high-end ini pada Februari nanti

Artikel Terkait

Komentar

tanti kurnia Selasa, 21 Jan 2020 | 18:51
mau punya penghasilan besar tapi ngga mau cape? Mending kamu gabung bareng kita di kangenhoki.net disini bisa punya uang hingga puluhan juta rupiah cuma dari main game. Ayooo buruan gabung cuma di kangenhoki.net tempat game online yang banyak bonusnya dijamin aman dan terpercaya.
devita Selasa, 21 Jan 2020 | 18:51
Yuks bergabung dengan dupa88. net Hanya dengan modal 25K saja dapat bermain di banyak permainan dan mendapat kesempatan menang hingga jutaan rupiah , jangan sampai ketinggalan