Spesifikasi Samsung Galaxy S11, Snapdragon 865 Hingga Kamera 108MP?

Oleh Nur Abdillah updated Senin, 9 Des 2019 | 13:07

Samsung Galaxy S11Bocoran image Samsung Galaxy S11

Banyak rumor soal spesifikasi Samsung Galaxy S11 yang akan diluncurkan tahun depan. Mulai dari layar punch hole, kamera 108MP, pakai prosesor Snapdragon 865 hingga dukungan jaringan 5G. Untuk perilisannya banyak yang memprediksi jika Samsung Galaxy S11 akan diperkenalkan pada Februari atau Maret 2020. Lalu berapa harga Samsung Galaxy S11?

Sampai saat ini memang belum banyak ulasan mengenai harga Galaxy S11, namun untuk bocoran spesifikasinya sudah banyak bermunculan. Meski belum 100 persen benar, namun harus diakui jika kabar mengenai hp flagship terbaru dari Samsug ini cukup menyita perhatian pengguna di seluruh dunia.

Informasi mengenai spesifikasi Samsung Galaxy S11 ini pun sangat mudah di cari, karena banyak situs yang sudah mengulas rumornya. Untuk memudahkan, berikut beberapa rumor yang dilansir dari beberapa sumber mengenai spesifikasi dari Samsung Galaxy S11.

Rumor Spesifikasi Samsung Galaxy S11 

1. Layar AMOLED 120Hz

bocoran samsung galaxy s11image via Cash Karo

Layar menjadi salah satu fitur yang diyakini akan mengalami peningkatan dari generasi sebelumnya. Kabarnya layar Samsung Galaxy S11 akan dibekali dengan resfresh rate hingga 120Hz. Bukan tanpa alasan, karena dalam OneUI 2.0 versi Beta (OS yang akan dipakai Galaxy S11) menunjukkan konfigurasi yang memungkinkan layar perangkat bisa mendukung hingga refresh rate 120Hz.

Kelebihan layar dengan refresh rate besar ini bisa menampilkan grafis dengan lebih baik, terutama dalam game. DImana setiap gerakan dalam game dapat terlihat lebih mulus, lebih nyata dan tidak blur. Layar ini juga bisa di ubah menjadi 60Hz sesuai keinginan.

Oiya, layar dengan refresh rate 120Hz ini akan digunakan pada Samsung Galaxy S11+ (salah satu varian dari Galaxy S11 series). Tidak hanya itu, kabarnya Samsung akan menghadirkan tiga varian ukuran layar pada Galaxy S11 series.

2. Berjalan dengan Android 10 (OneUI 2.1)

Android 10 galaxy s11image via Sammobile

Sebagai hp terbaru, pastinya Samsung Galaxy S11 series juga akan dibekali software teranyar. Dimana OS terbaru Android 10 siap disematkan didalamnya yang dikemas dalam interface OneUI 2.1. Sayangnya belum ada info mengenai fitur-fitur yang akan dibawa interface terbaru dari Samsung ini.

Satu-satunya kemungkinan adalah mode wireless DeX, pasalnya Samsung telah mengonfirmasi teknologi ini di awal tahun. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menghubungkan perangkat Galaxy ke layar eksternal, keyboard, dan mouse untuk menggunakan aplikasi telepon yang akan dioptimalkan DeX di desktop atau laptop.

Tapi tidak semua hp Samsung dibekali dengan wireless DeX, dan kemungkinan diterapkan pada Galaxy S11 series cukup besar. Karena seri ini merupakan kelas premium yang memiliki fitur terbaik untuk para professional.

3. Pakai Prosesor Snapdragon 865 atau Exynos 990

snapdragon 865
Hp flagship Samsung pastinya sudah dipersenjatai prosesor yang tertinggi. Dan saat ini pilihannya ada pada Qualcomm Snapdragon 865 serta Samsung Exynos 990. Kenapa dua pilihan? Hal ini sesuai dengan kebiasaan Samsung yang menggunakan dua prosesor yang berbeda untuk pasar yang berbeda pula.

Umumnya Samsung menggunakan prosesor Snapdragon untuk market Amerika Serikat, dan chipset Exynos untuk pasar lainnya. Meski demikian, kedua chipset tersebut menjadi yang tertinggi untuk saat ini dan setahun ke depan. Khusus untuk Snapdragon 865, prosesor ini memiliki kemampuan dalam merekam video berkualitas 4K HDR dan memotret foto dengan resolusi 64MP pada waktu yang bersamaan.

Bukan hanya itu, bila dimaksimalkan, kameranya dapat merekam video berkualitas 8K dan memotret foto hingga ukuran sensor 200MP. Khusus untuk gamer, Snapdragon 865 akan memberikan peningkatan performa hingga 25% dengan efisiensi daya hingga 35%. Termasuk dukungan frame rate yang cukup tinggi, hingga 144Hz.

4. Kamera 108MP

Kamera samsung galaxy s11
Lanjut ke sisi imaging, dimana Samsung akan memasang empat kamera di bagian belakang. Menariknya, satu dari empat kamera ini menggunakan resolusi yang besar yaitu 108MP. Kamera resolusi besar ini sebelumnya juga digunakan pada Xiaomi Mi Note 10. Dan masih masuk akal jika Samssung akan memasang resolusi yang sama untuk Galaxy S11 series mereka.

Terlepas dari itu, konfigurasi dari empat kamera ini akan terdiri dari lensa ultrawide, lensa zoom optik 5x, dan sensor ToF. Sayangnya tidak ada informasi lebih detail mengenai kapasitas resolusi yang akan digunakan pada masing-masing kamera. Meski demikian, beberapa fitur untuk mendukung kinerja kameranya terbilang apik, seperti perekaman video 8K serta modus hyperlapse untuk kondisi rendah cahaya.

5. Baterai Besar dengan Fast Charging 45W

Bocoran Samsung Galaxy S11Baterai SAmsung Galaxy S11 via XDA Developer

Dengan semua spesifikasi yang sudah disebutkan (layar AMOLED, prosesor Snapdragon 865), rasanya Galaxy S11 membutuhkan sumber daya yang besar. Itu sebabnya banyak yang memperkirakan hp Samsung terbaru 2020 ini akan ditanam baterai besar dengan kapasitas 5.000mAh.

Tapi bukan yang terbesar di lini hp Samsung, karena ada varian lain di luar flahship yang memiliki baterai lebih besar, salah satunya Samsung Galaxy M30s yang punya baterai 6.000mAh.

Jika benar, maka Galaxy S11 akan menjadi hp flagship Samsung dengan kapasitas baterai terbesar yang pernah ada (Galaxy S dan Galaxy Note). Bukan tanpa sebab, foto baterai Samsung Galaxy S11 ini bocor dengan nomor model EB-BG988ABY.

Nomor ini klop dengan baterai hp Samsung dengan model seri SM-G988 (model untuk Samsung Galaxy S11+). Dalam foto bocoran dari Safetykorea menunjukkan jika baterai tersebut berkapasitas 5.000mAh.

Tidak hanya itu saja, baterai besar ini masih akan di dukung fitur fast charging. Rumornya akan terpasang teknologi pengisian cepat 45W, seperti yang sudah diterapkan pada Galaxy Note 10+.

Nantikan di 2020

Nah, itulah beberapa rumor spesifikasi Samsung Galaxy S11 yang sudah mulai banyak tersebar di dunia maya. Sementara mengenai harga Samsung Galaxy S11 sendiri banyak yang memperkirakan tidak akan jauh-jauh berbeda dari Galaxy S series sebelumnya (Galaxy S10 dan Galaxy S10+). Mengenai kebenarannya, ada baiknya kita tunggu hingga mendekati waktu peluncuran Samsung Galaxy S11 dan Galaxy S11+ pada tahun 2020 mendatang.

Artikel Terkait

Komentar