Diperbaharui pada Selasa, 5 November 2019 | 15:52

Review Honor Band 5, Kecil, Irit, Ganas

Honor band 5

Pasar fitness tracker atau smartband murah saat ini jadi pasar yang super kompetitif. Banyaknya kaum milenial yang lebih mengedepankan kesehatan membuat mereka berburu perangkat smartband hingga smartwatch seperti merek HONOR, Xiaomi, Samsung dan Huawei untuk menghiasi pergelangan tangan mereka.

HONOR Band 5 merupakan penawaran terbaru dari sub-brand Huawei yang saat ini sedang berkembang baik di pasar global maupun di Indonesia. Kehadirannya memperbaiki dan menggantikan versi lama yakni HONOR Band 4 yang masih dirasa memiliki banyak kekurangan.

Meskipun fiturnya tidak semewah smartwatch dan tracker mahal lainnya, HONOR Band 5 sudah memiliki beberapa fitur utama yang sering digunakan dan bahkan beberapa fitur yang dapat mengungguli tracker lain yang lebih mahal. Apalagi jika bicara tentang keterbatasan dalam bentuk harga, karena ini adalah salah satu fitness tracker murah terbaik di pasar.

Sebagai informasi, untuk bisa mendapatkan penawaran menarik dari HONOR bagi para calon pengguna Band 5, Anda bisa membeli HONOR Band 5 melalui Flash Sale Shopee.

Desain

honor band 5

HONOR telah membenamkan beberapa fitur premium yang tercampur dengan fitur wajib smartband pada HONOR Band 5. Bahkan hal tersebut juga terlihat dari kualitas layar yang ditingkatkan dibandingkan HONOR Band 4

HONOR Band 5 memiliki tubuh kecil dengan layar 0.95 inchi, dan juga tali yang dapat dilepas (yang sebenarnya cukup sulit untuk dilepaskan). HONOR Band 5 merupakan wujud fitness track dengan tampilan ramping, tampilannya sendiri sebenarnya masih sangat mirip dengan HONOR Band 4.

Jika dibandingkan dengan Xiaomi Mi Band 4 yang penguji miliki, HONOR Band 4 sedikit lebih tebal tapi malah menjadikannya lebih nyaman. Talinya terbuat dari silikon dan merupakan bahan standar untuk segala jenis fitness tracker. Panjang tali pas dengan banyak lubang pengatur, jadi lebih fleksibel dalam pengaturan di pergelangan tangan.

Bodi

honor band 5

Tubuh utama HONOR Band 5 relatif tebal jika dibandingkan dengan lebarnya. Jadi jangan kaget jika terasa menonjol di pergelangan tangan Anda. Untuk bobot 22.7g, HONOR Band 5 bukanlah perangkat yang berat, dan penguji masih merasa ringan saat memakainya.

Pada bodi terdapat layar serta tombol bulat yang berfungsi seperti tombol beranda. Penguji sedikit kebingungan dengan keberadaan fitur tersebut, tidak selalu jelas apakah harus menekan tombol tersebut, untuk ke layar utama atau untuk beralih fungsi seperti mematikan alarm atau menutup notifikasi. Karena sebenarnya dengan melakukan swipe kiri ataupun kanan, dengan sendirinya sudah berpindah ke layar utama.

Selain itu, HONOR Band 5 tampil cantik tanpa adanya tombol fisik. Dan ini cukup melebihi ekspektasi untuk sebuah smartband murah yang hadir dengan layar touchscreen.

Layar

honor band 5

Layar HONOR Band 5 hadir dengan balutan AMOLED. Menjadi sebuah langkah apik menilik versi Band 4 hanya menggunakan layar OLED. Layar AMOLED yang diusung juga mampu menyajikan kecerahan yang lebih baik dan warna yang lebih cerah.

Terasa jaug berbeda dengan versi HONOR band lawas karena terlihat jauh lebih cerah. Logo pada menu juga terlihat lebih 'datar' jika dibandingkan pada Band 4, dan pada beberapa fitness tracker lainnya.

Berbicara tentang faces atau skin, hanya ada tiga pilihan pada Band 4 sebelumnya. Di HONOR 5 kali ini, terdapat banyak pilihan, sembilan diantaranya sudah terdapat pada perangkat. Sisanya, lebih banyak tersedia melalui aplikasi, memberi Anda banyak pilihan untuk menyesuaikan perangkat Anda.

Layarnya memiliki ukuran yang sama dengan Band 4 yakni 0,95 inci. Ini yang menjadikan penguji tidak mendapatkan banyak informasi di layar sekaligus. Penguji agak repot ketika ingin menampilkan data rinci langsung dari smartband tanpa harus melihat aplikasi di smartphone.

Kelemahan lain adalah, dengan layar yang mini atau kecil, penguji juga cukup kesulitan ketika harus melakukan perintah swipe dengan dimensi yang minim. Ini yang terkadang mengganggu karena seolah touchscreennya tidak terasa sensitif.

Meski demikian layar cukup kuat dan kokoh, sangat baik bagi Anda yang aktif dalam melakukan banyak hal. Penguji mencoba untuk mengetuk layar beberapa kali ke berbagai tingkat permukaan untuk melihat seberapa kuat ketahanan layarnya. Hasilnya, tidak ada goresan yang tertinggal setelah beberapa kali benturan. Bahkan tidak ada sedikitpun penyok yang terlihat.

Software

interface honor band 5

Mungkin karena ini adalah smartband murah jadi sesuai harapan, perangkat lunak HONOR Band 5 terlihat sederhana tapi tidak norak. Dengan cara mengetuk layar Anda sudah bisa melihat interface yang aktif.

Atau dengan cara lain yang lebih mudah, yakni dengan mengangkat pergelangan tangan Anda. Penguji sempat mencoba dan berjalan dengan baik pada sembilan dari sepuluh percobaan sehingga cukup dapat diandalkan.

Dari tampilan jam, Anda dapat menggulir atau melakukan swipe ke atas maupun ke bawah untuk mengakses penghitung langkah, monitor detak jantung, dan statistik waktu tidur, serta menu untuk latihan, pengaturan, dan pemberitahuan. Tiga yang pertama merupakan fitur penghitung sederhana, tetapi Anda dapat memilihnya untuk melihat informasi tambahan.

Anda juga dapat mengetuk di mana saja di layar beranda untuk informasi seperti usia baterai dan cuaca saat ini. Seperti yang penguji katakan tentang kesulitan karena ukuran layar.

Kinerja

Berbagai Jenis Olahraga

honor band 5

Terdapat beberapa fitur latihan yang berbeda seperti lari di luar ruangan, di dalam ruangan, mendayung, berenang, bahkan hingga free workout. Anda dapat menyesuaikan target, dan ketika melakukannya Anda akan menerima peringatan dan informasi dari perangkat setelah Anda menyelesaikan latihan.

Aktivitas berenang cukup membuktikan kalau HONOR Band 5 tahan air. Tak tanggung-tanggung bisa mencapai kedalaman 5ATM atau 50 meter di bawah permukaan air. Yah, meskipun penguji hanya mencobanya untuk mandi tanpa berenang, tapi cukup menyenangkan karena setelah mandi perangkat ini masih bekerja dengan baik. Tetapi satu hal yang jadi pertanyaan, mungkinkah smartband ini bisa digunakan untuk bermain jet ski atau scuba diving?

Anda tidak akan menerima banyak informasi secara detil tentang latihan Anda, tetapi smart fitness tracker ini memang bukan untuk atlet profesional yang perlu tahu rincian detil hasil latihan mereka. Tapi untuk berolahraga sehari-hari dan perlu mengetahui waktu latihan, jarak, detak jantung, dan dasar-dasar lainnya, smartband ini sangat menjanjikan.

Sleep Tracker Akurat

sleep tracker honor band 5

Salah satu nilai jual utama dari HONOR Smartband terbaru adalah peningkatan pada sleep tracker, dan ini benar-benar secara teknis dibandingkan model sebelumnya. Pada perangkat, Anda dapat melihat berapa lama waktu tidur Anda.

Mulai dari 'waktu ketika Anda pergi tidur hingga ketika Anda bangun', dan ini adalah informasi yang dapat Anda lihat di HONOR Band 4. HONOR Band 5 mengumpulkan tambahan informasi lain selain itu, tetapi untuk melihatnya, Anda harus masuk ke aplikasi Huawei Health.

Cukup dengan mengunduh Huawei Health untuk menggunakan HONOR Band 5 (dan, sebagai prasyarat, aplikasi Huawei Mobile Services, meskipun keduanya sudah ada di ponsel Huawei atau HONOR) bagi pengguna ponsel Android merek lain. Huawei Health bekerja dengan cara yang mirip dengan aplikasi tie-in lainnya untuk perangkat yang dapat dikenakan, dan Anda dapat menghubungkan Smart Band ke smartphone atau tablet Anda melalui Bluetooth pada aplikasi secara langsung.

Huawei Health memungkinkan Anda melihat gangguan pola tidur Anda, termasuk pengaturan waktu untuk REM, tidur ringan dan tidur nyenyak, serta waktu bangun, dan semua fitur tersebut mengalami peningkatan efektifitas dibandingkan versi Band 4. Terbaru di HONOR Band 5 adalah fitur saran untuk tidur.

Fitur ini menyarankan berbagai cara untuk mengubah kebiasaan Anda untuk mendapatkan tidur yang lebih baik. Fitur tersebut juga mampu membandingkan tidur Anda dengan jumlah rata-rata yang disarankan serta memberi Anda skor poin berdasarkan kualitas tidur Anda.

Fitur tersebut sangat bermanfaat, dan penguji telah juga sudah mencoba saran untuk mendapatkan tidur yang lebih baik. Saran tersebut terbentuk berkat metrik sleep tracker yang diperbaiki HONOR Band 5. Hasilnya, penguji puas dengan peningkatan dan kualitas tidur penguji.

huawei health

Aplikasi Huawei Health juga dapat melacak berbagai hal lain, termasuk hitungan langkah harian, waktu aktif, pembakaran kalori, jarak berjalan, catatan olahraga, detak jantung, dan berat badan. Untuk tracker yang lebih berat, Anda diwajibkan untuk menambahkan beberapa informasi data pada Huawei Health apps.

Aplikasi ini memberi Anda 'medali' dan lencana digital berdasarkan olahraga dan prestasi Anda. Secara keseluruhan, aplikasi ini merupakan sarana yang berguna untuk melacak informasi riwayat kesehatan Anda.

Fitur SpO2 (Kadar Oksigen Darah)

SPO2 Honor Band 5

HONOR Band 5 juga dilengkapi fitur SpO2 (Kadar Oksigen Darah) yang jarang dimiliki oleh smartband sekelasnya. Fitur ini merupakan sensor yang dapat mengukur kadar oksigen dalam darah, kekurangan oksigen dalam darah dikatakan dapat mengganggu kinerja otak, sehingga HONOR Band 5 dapat digunakan untuk meminimalisir kemungkinan tersebut melalui sensor SpO2 nya. 

Fitur Lainnya

honor 5

Penguji merasa HONOR Band 5 terkadang dapat kurang responsif saat memilih opsi-opsi yang berbeda. Namun ini tidak sampai mengganggu pengalaman pemakaian. Hal ini sangat terlihat ketika penguji merespons langsung smartband HONOR ini. Misalnya ketika pemberitahuan datang atau alarm mati, penguji butuh beberapa saat untuk menghapus / membuka pemberitahuan atau membatalkan / menunda alarm.

Band 5 sangat baik dalam memberikan notifikasi pesan hingga telepon masuk dari perangkat smartphone Anda. Bahkan saking baiknya, terkadang notifikasi terasa muncul secara serempak,  hingga menyulitkan untuk melihat notifikasi historis.

Hal ini terjadi karena semua pemberitahuan dikirim dan terpusat pada menu Pesan, di mana Anda dapat melihat daftar yang terbaru, serta snapshot dari informasi tersebut. Tetapi sayangnya, meski bekerja dengan baik, tapi terlalu sedikit informasi yang ditampilkan dan jangan berharap untuk bisa melakukan klik agar bisa melihat secara detil.

Pemberitahuan kalender menunjukkan waktu, email menampilkan berita utama, dan pesan WhatsApp menunjukkan pengirim, tetapi Anda akan sangat jarang bisa melihat pesan secara lengkap. Meskipun demikian, fitness tracker HONOR ini sangat berguna karena memungkinkan Anda tahu setiap kabar dan berita saat Anda jauh dari ponsel melalui sebuah notifikasi.

Satu lagi, Anda dipastikan tidak dapat membalas pesan di HONOR Band 5. Mungkin karena layar yang kecil, penguji sendiri tidak bisa membayangkan bagaimana cara untuk mengetik andaikan band 5 bisa membalas pesan.

Dalam uji coba, penguji juga mengalami beberapa bug pada HONOR Band 5. Seperti notifikasi tentang ulang tahun seseorang di Facebook. Terhitung delapan kali berturut-turut, yang berarti bahwa setiap kali penguji menolak pemberitahuan itu muncul kembali, dengan cepat mengisi menu Pesan.

Satu masalah terakhir, ketika Anda mematikan HONOR Band 5, Anda harus memasangnya ke pengisi daya atau charger untuk menyalakannya kembali. Ini jadi cukup rumit, beruntung masa guna baterai cukup lama, hingga beberapa hari, jadi Anda tidak perlu khawatir.

Lain halnya jika Anda ingin mematikan semua perangkat Anda ketika Anda pergi ke masjid atau bioskop (penguji tak pernah mematikan perangkat di bioskop), atau ketika Anda melepasnya untuk jangka waktu yang lebih lama, Anda akan mendapati perangkat HONOR Band 5 tidak dapat menyalakan kembali hingga Anda menempelkannya pada pengisian daya.

Ketahanan Baterai

honor band 5 charger

HONOR menyatakan bahwa HONOR Band 5 hidup dan digunakan selama enam hari penggunaan normal. Sewaktu menulis ini, penguji baru menggunakan 1 1/3 hari dengan awal baterai 70% hingga menjadi 62%. Baterainya berkapasitas 100mAh atau sama dengan di Band 4, bedanya adalah keberadaan AMOLED yang mungkin membuatnya jadi bekerja sedikit berlebih.

Namun, melihat dari pemakain 1 1/3 hari dan hanya 8% baterai yang terpakai, itu sudah masuk dalam kategori hemat, update penggunaan akan ada di Youtube Pricebook.co.id untuk visual reviewnya.

Klaim dari HONOR sendiri, Band 5 memiliki waktu penggunaan paling lama hingga 14 hari, namun tidak terlalu jelas apa artinya ini. Mungkin saja tidak menggunakan pelacakan tidur, atau banyak fitur kebugaran, dan hanya menggunakan band untuk melacak langkah-langkah serta waktu berjalan, atau bahkan tidak digunakan sama sekali.

Untuk pengisian daya, HONOR Band 5 dilengkapi dengan dock yang dapat Anda sambungkan ke colokan USB. Model dock-nya bisa dikatakan nyeleneh atau aneh bahkan lebih ke unik, karena tidak biasa seperti smartband pada umumnya. Tapi ternyata bentuk dock nyeleneh ini memiliki kemampuan dahsyat ala fast charging. Terbukti, HONOR Band 5 mampu mengisi 40% daya dalam waktu sekitar 30 menit, tak butuh waktu lama menunggu untuk kembali beraktifitas.

Kesimpulan

huawei honor band 5

Meskipun fiturnya tidak kompleks bahkan cenderung ke arah fitur olahraga ringan, tetapi apa yang dihadirkan HONOR untuk Band 5 sangat setara bahkan lebih jika dibandingkan harga HONOR Band 5 sendiri.

Dengan beberapa peningkatan penting dibandingkan perangkat HONOR Band sebelumnya dalam bentuk tampilan berkualitas tinggi dan saran tidur yang terupdate. HONOR Band 5 jadi smartband terbaik dari HONOR sejauh ini bahkan mungkin di kelasnya.

Singkatnya, jika Anda mencari cara untuk melacak statistik kesehatan dan kebugaran Anda dengan harga murah namun lengkap HONOR Band 5 bisa menjadi pilihan pertama untuk dicoba.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1658 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.