Samsung Pay Hadir, Ini Cara Pakai dan Hp yang Support

Oleh Nur Abdillah updated Kamis, 10 Okt 2019 | 17:42

Samsung Pay
Samsung akhirnya meresmikan kehadiran Samsung Pay untuk konsumen di Indonesia. Menggandeng Dana dan GoPay, Samsung Pay menjanjikan kemudahan bagi konsumen yang menginstal beberapa uang elektronik ke dalam satu aplikasi. Tidak ketinggalan, Samsung juga menawarkan banyak promo diskon untuk yang mengaktifkan akun Samsung Pay mereka.

Apa itu Samsung Pay? Mungkin banyak yang mengira jika Samsung Pay sejenis uang elektronik seperti Dana, GoPay, OVO, LinkAja atau lainnya. Tapi sebenarnya Samsung Pay merupakan sebuah aplikasi  yang menyediakan akses cepat berbagai uang elektronik.

Lebih jelasnya, Samsung Pay adalah aplikasi pada hp Samsung Galaxy yang memungkinkan pengguna untuk dapat melakukan live transaction sehingga pembayaran lebih cepat dan mudah, dengan teknologi QR menggunakan dompet digital dari layanan mitra yang sudah bekerja sama dengan Samsung.

“Kelebihan Samsung Pay, konsumen bisa menggunakan beberapa uang elektronik dalam satu wadah. Lebih mudah dan lebih efisien, karena konsumen tidak perlu membuka aplikasi uang elektronik satu persatu,” ujar Deny Galant, Head of Product Marketing IT & Mobile Samsung Elektronic Indonesia. Keuntungannya, konsumen semakin mudah saat melakukan transaksi hanya melalui smartphone.

Untuk tahap pertama, Samsung Pay sudah bekerjasama dengan Dana dan GoPay. Khusus untuk GoPay akan hadir di Samsung Pay di tahun 2020 mendatang. Kedepannya Samsung sendiri membuka kerjasama dengan sejumlah layanan uang elektronik lain yang sudah banyak digunakan konsumen.

Terkait faktor keamanan, Deny Galant menyebut jika Samsung Pay sudah menggunakan proteksi yang mamadai. Termasuk didalamnya penggunaan otentikasi berupa PIN, pattern serta sidik jari ketika konsumen akan melakukan sebuah transaksi.

Cara Menggunakan Samsung Pay

Cara Menggunakan Samsung Pay
Samsung Pay menjanjikan kemudahan dalam penggunaannya. Cukup usap atau swipe layar hp ke atas maka aplikasi Samsung Pay akan langsung dapat digunakan. “Bahkan dapat digunakan ketika layar hp dalam keadaan terkunci. Cukup usap layar ke atas dan konsumen sudah bisa menggunakan Samsung Pay,” kata Deny Galant.

Berikut caranya :

  • Dari menu home screen usap layar ke atas (bisa dilakukan dalam posisi layar terkunci), pilih uang elektronik yang akan digunakan
  • Lalu scan barcode dengan QR reader di merchant

Hp yang Support Samsung Pay

hp yang support samsung pay
Yang harus diketahui adalah aplikasi Samsung Pay ini hanya bisa digunakan untuk hp Samsung saja, itupun yang sudah mendukung OS Android 9 Pie. Jadi untuk pengguna hp Samsung keluaran 2018, pastikan sudah melakukan upgrade ke Android Pie. Lalu download dan install Samsung Pay melalui Google Playstore maupun Galaxy Store.

Sedangkan untuk pengguna hp Samsung terbaru 2019 langsung bisa mengunakan aplikasi ini, karena didalamnya sudah terpasang Samsung Pay. “Semua hp Samsung terbaru yang rilis di 2019 didalamnya sudah terpasang aplikasi Samsung Pay sejak pembelian. Termasuk hp Samsung harga terjangkau, seperti Galaxy A10s dan Galaxy A20s,” tutur Deny Galant.

Berikut hp yang sudah mendukung aplikasi Samsung Pay :

Artikel Terkait

Komentar

armanke13 Minggu, 13 Okt 2019 | 19:12
Klo samsung yg rada lawas kayak A9 Star bisa pke Samsung Pay juga nggak ya? Hm..