5 Perangkat Buat StartUp, Wajib Ada!

Oleh Imam Ali updated Kamis, 5 Sep 2019 | 12:37

peralatan wajib startup

Perangkat buat startup memang harus menyesuaikan kebutuhan masing-masing startup. Terlebih, setelah menilik perkembangan teknologi internet yang banyak mempengaruhi tren bisnis di tanah air.

Saat ini perusahaan rintisan digital atau startup hingga usaha kecil menengah atau UKM, dan juga perusahaan besar, berlomba-lomba memanfaatkan teknologi informasi untuk mengembangkan bisnis.

Trend startup memang paling banyak digandrungi oleh milenial saat ini. Maka tak heran mulai banyak startup yang baru berkembang. Hal ini mewajibkan mereka untuk memiliki perangkat teknologi sesuai dengan jalur bisnis mereka.

Terlebih jika berurusan dengan kelangsungan hidup startup itu sendiri, yang tentunya akan melibatkan produktifitas dari tiap-tiap divisi yang dimiliki.

Startup sendiri memiliki divisi yang tak ubahnya seperti perusahaan atau corporasi pada umumnya. Mulai dari CEO, COO, CFO, marketing, content specialist, digital analyst, bahkan hingga kurir. Nah, semuanya memiliki sistem kerja yang tentunya harus ditunjang dengan perangkat tertentu agar tidak gagal dalam berbagai kesepakatan kerjasama sebagai startup.

Tapi jangan salah, meskipun harus memiliki perangkat buat startup yang sesuai dengan jalur bisnisnya, ada juga perangkat buat startup yang wajib dimiliki oleh setiap unit bisnis baru. Berikut beberapa perangkat buat startup yang wajib ada, terutama untuk startup baru yang masih terus ingin tumbuh dan berhasil.

Laptop atau Desktop pc

pc terbaik untuk startup

Pastinya setiap kegiatan startup menggunaka akses internet, dan sebagai kebutuhan wajibnya harus menggunakan komputer. Mau pakai laptop terbaik untuk startup yang bisa dijinjing ke mana-mana atau desktop PC terbaik untuk startup yang lebih memanjakan mata dan kuat dipakai berjam-jam, masing-masing device bisa jadi pilihan terbaik untuk setiap startup.

Terlebih saat ini sudah banyak laptop murah dengan RAM 4GB ataupun Laptop Gaming Murah yang bisa digunakan setiap startup memenuhi kebutuhan marketing dan juga tim produksi. Ada juga all-in-one PC yang mirip dengan desktop PC dan patut dicoba untuk startup baru.

Bedanya, all-in-one PC lebih ringkas dan ringan. Bahkan, beberapa all in one PC sudah bisa touchscreen seperti tablet murah dengan keyboard murah dan mouse murah terpisah.

Printer

review brother DCP-t310

Meskipun startup kebanyakan bekerja menggunakan data digital atau elektronik, tapi pastinya masih butuh printer terbaik untuk startup. Untuk cetak materi meeting atau untuk surat menyurat ke client, bahkan untuk membuat invoice dan juga perjanjian kerjasama.

Sedikit saran, sesuaikan saja dengan budget dan keperluan startup kalian nanti. Sebisa mungkin gunakan printer terbaik atau printer 3 in 1 atau yang dikenal dengan all in one printer. Pricebook punya rekomendasi printer murah terbaik untuk startup.

Yakni, Brother DCP-T310 ala Pricebook, printer 3-in-1 dengan sistem ink tank. Untuk sekedar informasi, berikut pricebook beberkan spesifikasi Brother DCP-T310 printer 3 in 1 ink tank brother dengan harga murah ini.

Spesifikasi Printer Brother DCP-T310

printer terbaik untuk startup

Spesifikasi printer Brother DCP-T310, dengan luas area pencetakan mencapai 210 x 330 mm, Print Speed sampai dengan 27/10 ppm dan resolusi Max. 1,200 dpi x 6,000 dpi menjadikan printer terbaik untuk startup dapat mempercepat alur kerja kantor startup dalam waktu singkat.

Dengan menggunakan Printer DCP-T310 ini, setiap divisi lebih cepat dalam mencetak beragam dokumen, laporan professional hingga brosur yang menarik.

Bodi Kokoh

review brother dcp-310

Desain tubuhnya kokoh dengan dimensi 435 mm x 380 mm x 159 mm serta berat 6,65 kg. Masih termasuk ukuran ringan untuk sebuah all in one printer atau 3 in 1 printer murah.

Performa Berkualitas

Urusan mencetak, printer ink tank terbaik ini mampu mencetak dan menerima jenis kertas plain, glossy, coated maupun recycled, dengan berbagai ukuran mulai A4, Letter, Legal, Envelope, Photo dan Index Card.

Lebih Hemat dan Mudah Isi Ulang

printer ink tank murah terbaik

Harga cetak printer Brother memang dikenal lebih murah namun tetap menjaga kualitasnya. Sistem refill tintanya mudah dan dapat mencetak 6,500 halaman hitam-putih dan 5,000 halaman berwarna untuk ukuran kertas A4. Ditambah 3 tahun garansi termasuk sparepart yang menjadi nilai tambah dari printer Brother.

Kriteria Spesifikasi
Nama Produk DCP-T310
Kategori Printer Multifungsi
Brand Brother
Printing Method Inkjet
Tipe Media Paper
Weight 7.4 Kg
Dimensions 583 x 435 x 159 mm
Print Speed Color -
Print Speed Mono -

Proyektor dan Layar proyektor

proyektor startup

Perangkat ini juga jangan sampai ketinggalan! Proyektor jadi barang yang penting banget untuk keperluan meeting internal maupun meeting dengan klien termasuk investor. Starup baru pasti memerlukan proyektor untuk menampilkan presentasi menarik pada banyak orang.

Jenis proyektor ada beberapa macam, tapi untuk keperluan kantor lebih baik kalian pakai proyektor yang standar. Sementara proyektor pocket atau proyektor portable lebih cocok untuk penggunaan pribadi, proyektor mini yang lebih ringan mungkin masih bisa kalian simpan di kantor.

Jika sudah punya proyektor jangan lupa layarnya. Mungkin beberapa startup atau perusahaan ada juga yang berpikiran untuk lebih memanfaatkan dinding bercat putih sebagai layar daripada mengeluarkan budget lagi.

Tapi, jangan terlalu percaya diri dengan strategi itu. Proyektor membutuhkan permukaan yang benar-benar datar dan bersih untuk memproyeksikan visual dengan maksimal. Dengan adanya layar proyektor, cahaya yang memproyeksikan visual akan lebih “teratur” sehingga lebih nyaman melihat gambarnya.

Router wifi

perangkat wajib startup

Namanya juga startup, pasti menggunakan internet, semuanya terkoneksi internet, jadi sudah jelas harus memiliki router wifi. Untuk urusan kantor, tak mungkin kalian bisa mengandalkan internet kuota pribadi secara terus-menerus.

Sebagai perusahaan startup kalian perlu internet yang kuat dan cepat supaya proses komunikasi dan penyelesaian pekerjaan makin lancar. Jadi, jangan segan menyediakan router wifi yang bisa digunakan semua orang di kantor.

Telepon

telepon startup

Telepon suudah jarang digunakan di rumah, tapi tetap sangat penting di kantor. Telepon selalu digunakan baik untuk berkomunikasi secara internal maupun eksternal. Telepon juga memberikan kesan yang lebih formal kepada perusahaanmu. Bayangkan perusahaan tanpa nomor telepon yang pasti, tentunya akan membuat orang bertanya-tanya bukan?

Nah, perangkat diatas merupakan 5 perangkat wajib yang harus dimiliki setiap startup baru, bahkan tidak dipungkiri kalau setiap kantor dan perusahaan pun memilikinya.

Artikel Terkait

Komentar