Honda ADV 150 Siap Rebut Pasar Yamaha Aerox dan Nmax

Oleh Imam Ali updated Selasa, 6 Agu 2019 | 11:31

honda adv

Kemunculan perdananya pada gelaran GIIAS 2019 yang digelar akhir Juli langsung memikat hati para penggemar motor, terutama jenis skuter matic (skutik) dengan bodi kokoh dan kemampuan untuk melaju dengan mulus di berbagai kondisi jalan.

Tentang Honda ADV 150

ADV 150

Honda ADV 150 hadir dengan desain bodi yang memberikan kesan futuristik dan manly yang kuat, dan sesuai dengan image pengendara motor yang aktif. Pada dasarnya, skutik ini didesain dan dikembangkan oleh Honda guna menjawab kebutuhan pasar akan skutik yang tangguh dan kuat diajak menjelajahi berbagai medan.

Hal ini lantas diterjemahkan ke dalam desain kendaraan yang merupakan turunan dari gaya motor-motor penjelajah berukuran besar lainnya, fitur-fitur modern nan canggih, desain ergonomis demi kenyamanan maksimal selama berkendara di jalanan, sampai performa mesin barunya yang punya teknologi andal.

Karena itu, tak heran jika kehadiran Honda ADV 150 lantas mampu memikat hati masyarakat Indonesia. Pasalnya, kondisi jalanan di Indonesia tak semuanya mulus seperti kondisi jalan di kota-kota besar. Belum lagi, banyak konsumen motor di Indonesia yang juga merupakan penggemar adventure, sehingga membutuhkan kendaraan yang tangguh serta nyaman dikendarai di segala medan.

Kelebihan Honda ADV 150

Review honda adv 150

Tak diragukan lagi bahwa ADV 150 dengan tampilannya yang keren dan futuristik sudah menjadi salah satu keunggulan utama dan daya tarik skutik baru ini. Belum lagi desainnya yang diadopsi dari desain motor besar. Hanya saja, bukan penampilan belaka yang berlu Anda perhatikan dari Honda ADV 150.

Dari berbagai fitur istimewa yang telah disematkan pada kendaraan baru produksi Honda yang satu ini, terdapat fitur Emergency Stop Signal atau ESS, menjadikan skutik semi dual purpose ini pun menjadi model kelima yang mendapatkan fitur tersebut. Sebelum ADV 150, sudah ada Gold Wing, Africa Twin, X-ADV 750, dan CBR150R yang juga memiliki fitur ESS ini.

Dengam adanya fitur ESS, Honda ADV 150 pun bisa menyalakan sinyal darurat apabila pengendara terpaksa harus melakukan pengereman mendadak, alias panic brake. Begitu pengereman mendadak dilakukan, fitur ESS akan langsung aktif dan dengan segera mengedipkan semua lampu sein. Hmm, mirip seperti lampu hazard? Secara sekilas memang iya, namun keduanya tidak sepenuhnya sama.

Perbedaan paling menonjol antara fitur ESS dengan lampu hazard adalah jeda kedipan lampu. Berbeda dengan jeda kedipan lampu hazard, kedipan lampu sein begitu fitur ESS aktif terjadi dengan lebih cepat. Belum lagi, lampu hazard yang aktif juga terkadang diikuti dengan munculnya bunyi.

Sebagai catatan tambahan, fitur ESS ini hanya terdapat pada varian ADV 150 tipe ABS. Hal ini dikarenakan sistem dan modulator pengereman yang digunakan pada tipe ABS yang berbeda dengan yang terpasang pada varian CBS.

Spesifikasi Honda ADV 150

spesifikasi honda adv 150

Bagaimana soal spesifikasi Honda ADV 150? Dibalik balutan desain eksterior yang manly dan futuristik, ADV 150 didesain dengan jarak skutik yang rendah dengan tanah, yaitu hanya 165 mm. Dengan begitu, skutik penjelajah ini pun mampu melintasi jalanan apapun, terlepas dari kondisinya, dengan mulus dan gagah.

Untuk suspensi depan, desainnya menjamin kekokohan demi kenyamanan selama berkendara. Hal ini dikarenakan pemasangan Wayv Disc Brake berukuran 240 mm untuk roda depan. Sedangkan ukuran Wayv Disc Brake yang dipasang di roda belakang adalah 220 mm, yang mampu memberikan kestabilan ketika pengendara melakukan pengereman.

Kemudian, pada bagian belakang kendaraan, Honda ADV 150 dilengkapi dengan Twin Subtank Rear Suspension untuk mengoptimalkan kenyamanan dan kestabilan ketika pengendara tengah menikung, melintasi jalanan bergelombang, serta berboncengan dengan penumpang lainnya.

Di samping itu, masih ada kombinasi Tapered Handle Bar dan ban semi dual purpose. Seperti yang dapat Anda amati, ban tersebut punya ukuran besar, yaitu 110/80 – 14 untuk ban depan, dan 130/70 – 13 untuk ban belakang.

Dalam urusan mesin, ADV 150 dibekali dengan mesin 150 cc eSP (enhanced Smart Power) yang responsif untuk segala jenis aktivitas. Mesin tersebut pun dibekali dengan teknologi pendingin cairan demi menjaga kinerha maksimalnya.

Menurut hasil dari uji internal yang menggunakan metode ECE R40 EURO 3, mesin eSP Honda ADV 150 mengonsumsi 1 liter bahan bakar untuk jarak tempuh 46,6 km dengan fitur ISS menyala. Artinya, skutik ini mampu menempuh jarak sampai 373 km untuk pengisian bahan bakar penuh.

Soal keamanan, fitur yang disematkan pada skutik penjelajah baru ini juga jelas tidak bisa dipandang sebelah mata. Dengan pilihan fitur Combi Brake System (CBS) dan Anti-lock Braking System (ABS), Anda dijamin dapat berkendara dengan tenang dan aman.

Apalagi, seperti yang sudah disinggung sebelumnya, tipe ADV 150 ABS juga masih memiliki fitur ESS sebagai langkah pengamanan ekstra demi keselamatan Anda sebagai pengendara.

Harga Honda ADV 150

Bagaimana soal harga Honda ADV 150? Saat ini, ADV 150 dipasarkan ke dalam dua tipe, yaitu ABS-ISS dan CBS-ISS. Total varian warnanya sendiri ada enam, yaitu tough matte black, tough matte brown, tough red, dan tough silver untuk tipe CBS, serta advance red dan advance white untuk tipe ABS.

Dari segi harga, Honda membanderol ADV 150 varian ABS-ISS pada harga Rp 36,5 juta (OTR Jakarta). Sedangkan harga untuk varian CBS-ISS adalah Rp 33,5 juta (OTR Jakarta).

Artikel Terkait

Komentar

Halaman Terkait