Cara Buka Hp yang Lupa Pola dan Password

Oleh Nur Abdillah updated Selasa, 30 Jul 2019 | 18:09

Cara Buka Hp yang Lupa Pola dan Password
Pengguna hp Android tentu menggunakan fitur lock sebagai keamanan perangkat mereka. Apalagi saat ini pola penguncian (lock) hp ada berbagai macam, mulai password, fingerprint hingga face unlock. Namun yang umum terdapat di semua jenis hp adalah pattern, pin dan password. Namun apa jadinya bila Anda lupa pola, pin atau password? 

Bila ini terjadi tentu akan membuat Anda bingung untuk membuka penguncian hp. Dan lupa password memang membuat sebagian pengguna masih takut menggunakan fitur keamanan ini. Padahal fitur ini memastikan hp Anda tidak mudah dibobol orang lain. Jika mengabaikan keamanan gadget, tentu diri Anda sendiri yang akan rugi.

Apalagi sekarang hp sudah penuh dengan informasi penting pribadi. Mulai dari kontak, akses sosial media dan bahkan aplikasi uang digital adalah hal yang mudah diakses orang lain saat hp tidak di lock. Namun saat Anda salah memasukan pola dan password yang diperlukan beberapa kali, hp akan masuk dalam keadaan full lock. Artinya, hp akan mati dan hanya bisa dinyalakan setelah factory reset. 

Fungsi Pola dan Password hp

Fungsi Pola dan Password Hp
Sebelum membahas cara mengatasi lupa pola atau password, baiknya Anda mengetahui pentingnya penggunaan fitur ini. Bayangkan saja jika hp Anda hilang jatuh di jalan lalu ada orang yang memungut dan menggunakannya. Karena tidak di lock, mereka bisa sembarangan mengambil informasi penting yang ada di situ. Mulai dari kontak, informasi e-mail penting, sosial media yang Anda gunakan dan bahkan uang digital yang sudah tersimpan di akun aplikasi, seperti GoJek misalnya. 

Hal seperti situasi di atas tentu wajib dihindari. Karena itu fungsi pola dan password hp sangat penting digunakan. Walaupun terkadang penggunaan fungsi kunci ini merepotkan, keamanan data dan informasi Anda lebih penting daripada itu. Dalam penggunaan kunci, Anda bisa memilih untuk menggunakan fitur hp yang sudah diberikan Android ataupun menggunakan aplikasi tambahan untuk menambah keamanan. 

Fitur dari Android biasanya hanya mengunci bagian depan saat hp dinyalakan. Sedangkan aplikasi tambahan ini bisa diluncurkan sebagai locksreen untuk melindungi aplikasi penting lain di hp. Contoh seperti aplikasi email, mobile banking, uang digital dan sosial media adalah hal-hal yang penting untuk dilindungi. 

Namun, jika Anda lupa pola ataupun paswordnya, pelindung ini malah bisa jadi musuh. Jadi Anda sebaiknya ingat-ingat benar tentang kunci yang digunakan. Jika sudah terlanjur lupa tidak perlu khawatir, karena ada cara manjur untuk Anda yang lupa pola ataupun password hp. Berikut ulasannya.

Cara Buka Pola Hp Android

Cara Buka Hp yang Lupa Pola dan Password
Untuk membuka pola hp Android, ada 2 cara yang paling mudah untuk digunakan. Perlu diingat bahwa kedua cara ini hanya bisa digunakan sebelum situasi full lock terjadi. Biasanya saat 3 kali salah memasukkan pola, alat Android akan memberikan kesempatan Anda membuka dengan alternatif cara lain. Jadi masukan dengan sengaja sampai indikator alternatif ini muncul. Setelah itu pilih dari dua pilihan tersebut. 

Cara pertama menggunakan pertanyaan biasanya harus di setting dulu saat menggunakan fitur lock. Pertanyaan ini bisa dipilih dari berbagai rangkaian pertanyaan yang sudah disiapkan. Hal seperti teman pertama ataupun nama orang tua adalah hal yang biasanya dijadikan pertanyaan.

Jika ingin cara yang lebih pasti, akses dengan Google Account adalah alternatif berikutnya. Cara yang satu ini memastikan Anda sebagai pemilik hp dengan menanyakan ID dan password Google Account. Bagi Anda yang tidak tahu, ID dan password ini sama dengan yang Anda gunakan untuk daftar email Google.

Cara Buka Password hp

Cara Buka Password Hp
Sebetulnya membuka password hp dan pola lockscreen hampir sama. Tapi Anda bisa menggunakan cara lain dari luar untuk keperluan ini. Cara dari luar ini sudah disediakan oleh Google menggunakan layanan Find My Device pada Google Account Anda.

Fitur ini sebetulnya merupakan alat bantu menemukan hp yang hilang. Anda bisa menggunakan fitur remote untuk hal seperti ring (membuat hp bordering agar mudah ditemukan), Lock (Fitur mengunci dan membuka hp secara remote) dan Erase (Fitur untuk melakukan factory reset secara remote). 

Untuk menggunakan fitur ini :

  • lebih dahulu mendaftarkan hp Android Anda dalam sistem Google
  • jika sudah terdaftar langsung masuk ke https://www.google.com/android/find
  • pilih fitur Lock untuk keperluan mengganti password yang baru. Pop up akan muncul dan Anda cukup memasukan data yang diminta
  • setelah itu aktifkan lock dan Anda bisa gunakan password baru ini untuk membuka hp Android Anda 

Teknik ini juga bisa mengubah fitur lockscreen dengan pola dan mengubahnya menjadi huruf. Jadi teknik perubahan password dari luar ini cukup fleksibel untuk solusi hp terkunci karena lupa password.

Sebetulnya ada banyak cara lain yang bisa Anda gunakan untuk membuka pola hp Android selain yang dijelaskan di atas, tapi kebanyakan di antaranya sulit digunakan. Jadi daripada salah dan malah membuat hp Anda tidak bisa dibuka sama sekali, cukup gunakan cara membuka di atas. 

Perlu diingat bahwa hampir semua teknik membuka hp Android hanya bisa digunakan saat sebelum full lock. Jika sudah terlanjur full lock, Anda hanya punya 2 pilihan, yaitu factory reset dan hack. Pilihan factory reset tentu sangat berat, mengingat Anda akan kehilangan semua data dan aplikasi penting yang ada dalam gadget tersebut. Jika menggunakan program hack, jika tidak ahli, hp malah bisa menjadi brick dan rusak. Untuk pilihan hack, pastikan percayakan pada orang yang ahli dalam melakukannya.

Sekian bahasan membukan hp Android yang terkunci. Mudah-mudahan dengan informasi di atas, Anda bisa membuka hp walaupun lupa password ataupun pola locksreen-nya. Terima kasih sudah membaca dan selamat mencoba cara-cara di atas! 

Artikel Terkait

Komentar