OPPO Reno Bisa Ditekuk?

Oleh Imam Ali updated Sabtu, 29 Jun 2019 | 17:48

oppo reno 10x zoom

Urusan tahan banting semua vendor ponsel diyakini mengklaim produk mereka tahan banting. Itu salah satu iming-iming masalah ketahanan, termasuk tahan baret, tahan percikan air, sampai yang terkuat adalah tahan direndam di air.

Namun, benarkah setiap produk mereka dijamin super kuat? Tidak ada yang tahu, terlebih jika menyangkut hp flagship yang harganya selangit, pasti pemiliknya terasa sayang untuk mencoba hal tersebut. Siapa yang mau membeli hp hanya untuk sengaja dibanting supaya tahu kekuatan smartphone tersebut.

Berbeda dengan Youtuber yang satu ini, memang bukan youtuber lokal namun cukup berani untuk mempertontonkan ketangguhan hp yang diujinya. JerryRigEverything nama akun Youtube nya.

Metoda uji yang digunakan bisa dikatakan sangat “sadis”. Setiap device termasuk smartphone benar-benar diobrak-abrik olehnya. Semuanya diberikan perlakuan se ekstrim mungkin untuk mengetahui tingkat kekuatan dari sebuah smartphone.

Di salah satu tayangan video miliknya, dia mempertontonkan uji coba ketahanan Oppo Reno. Yap, Hp OPPO terbaru yang tengah viral nasional karena menawarkan pengalaman fotografi yang lebih wah. Hp OPPO Reno juga memberi kesempatan bagi penggunanya untuk menyalurkan kreatifitas tanpa batas.

Extream Tes OPPO Reno

oppo reno extream test

Secara bertahap, Jerry melakukan pengujian untuk Oppo Reno yang baru dikeluarkan dari boksnya. Dia mulai mengaktifkan sliding camera Oppo Reno yang digerakkan oleh teknologi motor. Dari sana terlihat keunikan kameranya yang bukan berbentuk pop-up, tapi lebih layak untuk dikatakan sebagai slice kamera.

Kamera ini akan muncul ketika moda selfie diaktifkan. Jerry mencoba menggoyang dan menekuk setiap inci tubuh bidang kamera. Namun yang terjadi adalah, semua sistem penggeraknya tetap berfungsi secara normal.

Belum selesai, setelah menekuk dia langsung mengetukkan bidang kamera ke meja yang jadi alas reviewnya. Cukup kuat untuk menghancurkan sebuah gelas kopi dalam satu ketukan.

Tapi ternyata, Hp OPPO Reno terbaru ini tetap kuat dan kameranya juga berjalan normal. Jerry melanjutkan dengan menon-aktifkan kamera selfie agar kameranya kembali masuk ke dalam bodi.

Namun secara sengaja, dia menahan laju kamera tertutup dengan jarinya agar tidak masuk. Hal ini membuat motor penggerak berdengung cukup keras. Anehnya, ketika jepitan jarinya terlepas, motor penggerak melesat dan berfungsi secara normal.

Oppo reno review test

Pengujian tersebut menunjukkan, struktur yang dimiliki oleh sliding kamera Oppo Reno memang dirancang untuk menahan segala resiko benturan dan juga tekanan. Hebatnya lagi, OPPO memberikan proteksi dengan mengadakan mekanisme kamera tertutup dengan sendirinya ketika ponsel jatuh, untuk lebih melindungi kamera dari resiko benturan ataupun ketika jatuh.

Hal tersebut terlihat jelas dalam pengujian ketika Jerry menjatuhkan OPPO Reno dalam keadaan kamera yang terbuka. Tepat sebelum menyentuh tanah, kamera Reno tertutup dan masuk ke body secara otomatis.

Berikutnya adalah uji ketahanan layar dengan sebuah obeng. Dia menggores permukaan layar yang sudah dilapisi pelindung. Sebentar saja muncul goresan di lapisan pelindung. Jerry sendiri membuat skala ketahanan dari angka 2 hingga 9 untuk menilai. Untuk OPPO Reno sendiri, ketahanan lapisan pelindung hanya berada di skala 3 yang menunjukkan terbuat dari plastik.

oppo reno test

Berbanding terbalik ketika lapisan pelindung dibuka, layar hp Oppo Reno yang diberi pelindung Gorilla Glass 6, mampu menahan goresan hingga skala 7. Sebagai informasi, skala enam untuk Jerry menunjukkan bahan terbuat dari kaca, sedangkan skala 8 terbuat dari sapphire.

Hasil uji yang dilakukan menunjukkan layar Oppo Reno benar-benar tahan terhadap goresan benda tajam. Lapisan serupa juga disematkan pada bidang kamera bagian depan, yang tak mempan ketika digores dengan cutter.

oppo reno test

Belum cukup sampai disitu, kegilaan Jerry bertambah dengan membakar layar menggunakan korek gas selama 30 detik. Layar tak nampak rusak dan masih berfungsi normal. Dirasa belum puas, dia menggores kembali dengan kuat bagian layar di mana in-display finger print berada. Kali ini layar tergores hebat, ajaibnya finger print masih bisa terbaca dengan sempurna.

Untuk tes berikutnya, kali ini Jerry mulai menekuk body OPPO Reno sekuat tenaga. HP OPPO Reno terlihat melengkung, tapi tetap tidak patah. Hal sama dilakukan ke arah belakang, panel belakang memang terlihat merenggang.

review oppo reno

Tapi hebatnya, frame metal yang dimiliki mampu menjadi penahan tekanan hingga tidak membuatnya patah jadi dua. Hal tersebut juga terjadi ketika ditekuk ke depan, panel layar nampak melengkung sedikit, namun tetap bertahan.

Kesimpulan

Pengujian ketahanan Oppo Reno mampu memperlihatkan kepemiliki struktur dan body yang benar-benar tahan banting. Sistem sliding kamera yang diragukan ketahanannya terbukti sangat aman setelah mendapat perlakuan yang mengerikan.

Kriteria Spesifikasi
Nama Produk Reno RAM 6GB ROM 256GB
Kategori HP Smartphone
Brand OPPO
Series -
OS Android
RAM 6 GB
Memori Internal 256 GB
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 2.2 GHz
Dimensi 156.6 x 74.3 x 9 mm
Berat 185 g
Material -
Ukuran Layar 6.4 inch
Screen Resolution 2340 x 1080 Pixel
Resolusi Kamera 48 MP
Kapasitas Baterai 3765 mAh
OS Version 9.0 (Pie)
Detail Prosesor SDM710 Snapdragon 710
GPU Adreno 616
Sensor Fingerprint, Accelerometer, Gyroscope, Proximity, Compass

Artikel Terkait

Komentar