Fitur Baru Android Q dan Daftar Hp yang Kompatibel

Oleh Nur Abdillah updated Rabu, 17 Jul 2019 | 19:20

Android Q
Mau merasakan hp dengan OS Android terbaru? Sabar, karena kabarnya Google akan segera merilis sistem operasi Android versi paling anyar. Sistem operasi Android yang stabil paling terakhir adalah Android 9 atau Android Pie, dan saat ini Android Q sedang digodok untuk segera diluncurkan secara publik. 

Jadi jika Anda bisa sabar sedikit, tunggu dulu hingga ada hpyang menggunakan Android Q sebagai sistem operasinya. Seperti apa sih Android Q ini, apa kelebihannya dibandingkan dengan sistem operasi yang lama? Berikut adalah ulasannya. 

Apa itu Android Q?

Android Q adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Google untuk perangkat teknologi berbasis Android misalnya smartphone, tablet, maupun perangkat pintar lainnya yang menggunakan Android sebagai mesinnya. Sistem operasi ini adalah yang paling baru dan akan segera dirilis tahun ini.

Android Q merupakan major release Android yang ke-10 yang sampai saat ini belum diketahui akan diberi nama. Seperti yang Anda tahu, Google memberikan nama berbagai macam makanan manis untuk sistem operasi Androidnya seperti misalnya Android Pie, Oreo, Nougat, Marshmallow, Lollipop, dan sebagainya.

Namun untuk Android Q ini belum ada nama panggilannya. Android Q pertama kali dirilis versi beta pertamanya pada bulan Maret 2019 dan rencananya akan dirilis 6 versi beta sebelum dirilis versi stabilnya yang bisa digunakan oleh pengguna Android secara umum. 

Fitur Baru Android Q

Android Qimage via developer.android

1. Mendukung perangkat layar lipat

Dengan teknologi perangkat teknologi yang layarnya bisa dilipat, Android Q pun menyiapkan diri agar sistem operasinya bisa digunakan dengan baik di perangkat-perangkat mobile yang memiliki model layar lipat atau bentuk layar inovatif lainnya. Android Q juga menyediakan fitur bagi pengembang aplikasi agar bisa menyesuaikan aplikasinya dengan sistem Android Q yang baru dan juga teknologi layar yang bisa dilipat dan lainnya.

2. Gelembung multitasking

Pada sistem operasi sebelumnya, ketika Anda sedang menggunakan aplikasi tertentu kemudian ada chat yang masuk, jika ingin membalas maka Anda harus menutup aplikasi yang digunakan.

Di Android Q Anda tidak perlu menutup aplikasi yang sedang digunakan karena akan muncul gelembung chat di layar yang bisa memudahkan Anda untuk membalas pesan dari satu orang ke orang yang lainnya. Di versi beta, fitur ini baru ada untuk aplikasi Messages dan Hangouts tapi Google juga berencana memberikan fitur ini untuk aplikasi di luar produk Google.

3. Dark mode

Pengguna Android Q akan bisa mengganti tampilan layar menjadi dark mode yang bisa aktif secara otomatis, secara manual, atau dijadwalkan tertentu. Nuansa warna yang gelap ini saat ini masih hadir di menu Pengaturan atau Settings yang rencananya juga akan diterapkan di elemen lain.

4. Perlindungan privasi pengguna

Android Q akan memiliki privasi yang lebih baik untuk melindungi data penggunanya, di mana nantinya pengguna akan memiliki kontrol yang lebih mendalam untuk mengatur aplikasi mana yang bisa mengakses data tertentu dari pengguna melalui permission. Android Q juga memberikan perlindungan keamanan terhadap aplikasi yang ingin mengakses data pengguna yang disimpan di memori eksternalnya.

5. Live Caption dan Live Transcribe

Keduanya adalah aplikasi yang akan berguna bagi penyadang disabilitas yang mengalami kesulitan untuk mendengar maupun melihat. Melalui aplikasi ini, input yang berupa teks bisa ditranskrip menjadi output suara, dan sebaliknya secara real time sehingga penyandang disabilitas atau yang sedang mengalami gangguan pendengaran dan penglihatan bisa tetap berkomunikasi menggunakan smartphone. 

Tanggal Rilis Android Q

Androi dQimage via xda-developer

Android Q versi beta pertama dirilis tanggal 13 Maret lalu, kemudian disambung dengan versi beta kedua di bulan April, beta ketiga rilis bulan Mei, lalu beta keempat rilis bulan Juni, dan beta 5 dan 6 rencananya akan dirilis bulan Juli. Versi beta artinya versi yang dirilis masih dalam masa percobaan.

Biasanya ditujukan untuk para developers dan pengguna Android di kalangan terbatas yang bisa melakukan uji coba kemudian nantinya Google akan menerima masukan dan koreksi mengenai pengalaman mereka menggunakan Android Q.

Jadi meski Anda menggunakan smartphone yang kompatibel dengan Android Q beta sekarang, ada baiknya tidak install dulu karena versi beta masih punya resiko terjadi masalah dan belum stabil. Android Q versi stabil rencananya akan dirilis di bulan Agustus  namun belum ada kepastian mengenai perilisan ini. 

Daftar Hp dengan Android Q

Untuk saat ini hanya ada 23 merk smartphone saja yang kompatibel untuk mencoba Android Q versi beta termasuk di dalamnya adalah semua seri Pixel dan juga OnePlus 6T. Berikut adalah daftar ponsel yang saat ini bisa menginstal Android Q beta :

Brand Model Seri
Google Pixel 3, Pixel 3 XL, Pixel 3A, Pixel 3A XL, Pixel 2, Pixel 2 XL, Pixel, Pixel XL
ASUS ASUS Zenfone 5Z
Essential Essential Phone
Huawei Huawei Mate 20 Pro
LG LG G8
Nokia Nokia 8.1
OnePlus OnePlus 6T
OPPO OPPO Reno
Realme Realme 3 Pro
Sony Sony Xperia XZ3
Techno Techno Spark 3 Pro
Vivo Vivo X27, Vivo Nex S, Vivo Nex A 
Xiaomi Xiaomi Mi 9, Xiaomi Mi Mix 3 5G

Artikel Terkait

Komentar

octaviavia53 Senin, 9 Des 2019 | 01:20
Hobi nonton bola, tapi hanya bisa menonton tanpa mendapat penghasilan, buruan bergabung dengan bola165 dengan bermodal 20K berkesempatan memenangkan gingga puluhan juta rupiah, Bonus New Member Hingga 2JT, Bonus Next Depo Hingga 1 JT, Double Bonus Sportbook, Double Live Casino & Slot, buruan gabung dengan kami sport165.net jangan sampai ketinggalan