Diperbaharui pada Kamis, 11 Juli 2019 | 13:25

Keunggulan Qualcomm 215, Prosesor Entry Level Terbaru

Qualcomm Snapdragon
Qualcomm memperkenalkan prosesor terbaru mereka dari seri 200, yaitu Qualcomm 215 Mobile Platform. Ini merupakan sebuah prosesor anyar yang lebih ditujukan pada hp di kelas pemula atau entry level. Keunggulannya menawarkan kinerja yang handal dan tahan lama.

Menurut Kedar Kondap, Vice President of Product Management, Qualcomm Technologies, Inc, peluncuran Qualcomm 215 Mobile Platform adalah sebuah momentum penting untuk pengembangan seluruh industri seluler. “Kami meningkatkan standar untuk produk ponsel massal dan memungkinkan pengalaman yang sebelumnya tidak pernah mungkin ada di seri 200.”

Keunggulan Qualcomm 215

Keunggulan Qualcomm 215
Setidaknya ada tiga keunggulan yang ditawarkan prosesor Qualcomm terbaru ini, yaitu :

1. Performa dan Daya Tahan Baterai

Qualcomm 215 memberikan kinerja CPU hingga 50% lebih tinggi dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Qualcomm 215 mengombinasikan DSP Qualcomm Hexagon terintegrasi yang dirancang untuk mendukung pemutaran musik (music playback) hingga lebih dari lima hari, serta GPU Qualcomm Adreno 308 untuk tampilan layar (display) dan pemrosesan video yang mendukung hingga lebih dari 10 jam pemutaran video (video playback).

Qualcomm 215 juga mendukung teknologi Qualcomm Quick Charge yang didesain untuk memungkinkan pegguna mengisi daya hingga 75% lebih cepat dari pengisian daya tradisional, memungkinkan konsumsi daya dan pembuangan panas yang lebih rendah, serta mengurangi waktu pengisian daya tanpa kompromi pada performa.

2. Hiburan

Qualcomm 215 menggunakan dua ISP yang berarti mampu mendukung kamera ganda yang dapat menjalankan optical zoom dan depth sensing. Perangkat ini juga mampu menangkap gambar dengan resolusi hingga 13MP.

Yang menarik, Qualcomm 215 mendukung HD+, yang pertama di seri 200, menawarkan aspek rasio lebih luas. Berkat GPU Adreno 308, Qualcomm 215 meningkatkan kinerja gaming-nya hingga 28% dibandingkan dengan generasi sebelumnya yang mana memungkinkan grafis yang halus untuk casual gaming.

3. Konektivitas

Qualcomm 215 terintegrasi dengan modem Qualcomm Snapdragon X5 yang mendukung LTE Cat 4 dengan kemampuan pengunduhan hingga 150Mbps. Ini adalah platform pertama dalam seri 200 yang mendukung EVS Voice Calls (“Ultra HD Voice Calls) dan Dual Sim dengan Dual Voice-over-LTE (VoLTE), sehingga memungkinkan pengguna untuk menggunakan lebih dari satu SIM untuk 4G LTE secara bersamaan.

Selain 3 keunggulan di atas, Qualcomm 215 Mobile Platform juga memulai debut banyak hal “pertama” dalam seri 200 di berbagai lini, seperti:

  • 64-bit CPU – 50% performa lebih cepat dibandingkan dengan generasi sebelumnya
  • Dual-ISP – memungkinkan adanya dual kamera
  • Mendukung pengambilan foto hingga 13MP– mendukung pengambilan videoFull HD (1080p)
  • Dukungan untuk tampilan resolusiHD+ – mendukung ratio layar terbaru (18:9 atau lebih)
  • Hexagon DSP untuk pemrosesan audio dan sensor– pemutaran music(music playback) berhari-hari atau 11 jam untuk pemutaran video (video playback)
  • Dukungan untuk Dual SIM denganDual VoLTE – keduanya dapat digunakan pada jaringan 4G LTE
  • Panggilan suaraEVS– kualitas suara jernih layaknya sedang berbicara langsung dengan penelpon
  • Wi-Fi 802.11ac– mampu mengunduh film berukuran 1GB hanya dalam waktu 15 detik*
  • Dukungan untuk pembayaran NFC di Android– penggunaan yang sekarang ada di Indonesia adalah untuk mengecek saldo e-money, dan pembayaran menggunakan EDC di masa depan.

Perangkat komersial dari Qualcomm 215 diharapkan akan tersedia pada paruh kedua tahun 2019.

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2443 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.