Prediksi Spesifikasi iPhone 11, Hadir dengan 3 Kamera?

Oleh Arini Putrie updated Senin, 1 Jul 2019 | 18:20

iPhone 11

image via Forbes

Apple sepertinya sedang mempersenjatai iPhone 11 dengan amunisi baru. Ponsel premium tersebut memang belum sanggup menyalip ponsel-ponsel berbasis Android, terutama produksi Samsung, di Indonesia. Namun, peningkatan signifikan dari penjualan maupun pengguna menjadi harapan yang menjanjikan untuk memasarkan iPhone 11.

Meski Apple belum secara resmi merilis informasi penuh seputar iPhone 11, rupanya beberapa sumber telah menyebarkan bocoran perangkat tersebut. Kira-kira, akan seperti apa wujud dan fitur yang dijumpai pada smartphone tersebut?

Bocoran iPhone 11

Informasi dari Forbes, iPhone 11 (kadang ditulis juga dengan nama iPhone XI) mempunyai ukuran yang tak jauh berbeda dari iPhone Max. Bakal ada kapabilitas anyar, yakni super wide dengan sensor sebesar 12 MP besutan Sony yang mengisi departemen fotografi. Hal tersebut semakin meyakinkan publik terhadap kerja sama baru antara Apple dengan perusahaan teknologi asal Jepang itu.

Ukuran bodi iPhone 11 berkisar 6.1 inci dengan dua kamera yang sudah diusung pada model XS. Sumber lain menyebutkan iPhone 11 bakal mengadopsi teknologi lapisan hitam untuk lensanya agar komponen tersebut tak terlalu mencolok.

Menilik dari bocoran awal iPhone 11, apakah Apple akan lebih menonjolkan sektor fotografi mereka pada generasi iPhone terbaru?

Spesifikasi iPhone 11

iPhone 11
image via T3

Informasi seputar iPhone 11 terus bermunculan seiring berkembangnya penggarapan perangkat. Para pengamat dan penggemar produk Apple bahkan sudah mendapatkan prediksi spesifikasi ponsel itu.

1. Belum didukung jaringan 5G

Pengembangan jaringan 5G mempengaruhi fitur konektivitas yang nantinya disematkan pada ponsel pintar, termasuk iPhone 11. Sayangnya, Bloomberg mengabarkan Apple baru akan meluncurkan ponsel 5G pada 2020 mendatang. Salah satu alasan yang mendasarinya adalah perselisihan Apple dengan produsen chipset Qualcomm. Kini, Apple beralih ke Intel yang menyiapkan jaringan 5G tahun depan.

2. Bisa mengisi daya gawai lain

Dilansir dari 9to5Mac, catatan analisis veteran Apple Ming-Chi Kuo menyebutkan generasi iPhone selanjutnya sudah mendukung pengisian bilateral. Dengan kata lain, iPhone 11 dapat berfungsi sebagai charger untuk mengisi daya pada sesama produk Apple seperti iPhone, Apple Watch, serta AirPods secara nirkabel.Kapasitas baterai lebih besar

Untuk mendukung pengisian bilateral, ukuran baterai yang ditanamkan pada iPhone 11 tentunya lebih besar. Generasi penerus iPhone XS Max akan mempunyai baterai dengan kapasitas 10-15% lebih besar, lalu penerus iPhone XS mengalami pertumbuhan sekitar 20-25%, sedangkan baterai pada iPhone XR tampaknya hanya akan bertambah 5% atau tak akan mengalami pembesaran sama sekali.

3. Peralihan menuju USB-C

Peralihan Apple menuju USB-C adalah satu dari sekian rumor lama yang belum terwujud. Namun, peluangnya hadir di iPhone 11 semakin besar, sebab Apple sudah mengganti port Lightning ke USB-C pada iPod Pro, MacBook Pro, hingga MacBook Air. Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat ini pun diketahui sedang menguji USB-C pada sejumlah prototipe iPhone.

4. A13 Bionic sebagai chipset baru

Pemakaian A12 Bionic pada iPhone XR, XS, serta XS Max terbukti memberikan performa maksimal dan menjadikannya sebagai salah satu chopset terkuat saat ini. Apple sebenarnya tak perlu mengganti chipset untuk iPhone 11. Namun, untuk mempertahankan superioeitas mereka di pasaran, pemakaian A13 Bionic dianggap sebagai langkah besar yang bisa diambil.

5. Dilengkapi dengan tiga kamera

Sebuah render yang diunggah OnLeaks dan Ice Universe pada awal Januari 2019 memperlihatkan prototipe iPhone 11 yang sudah dilengkapi tiga kamera belakang dalam modul persegi. Bahkan ketiga kamera tadi bakal disokong teknologi 3D teranyar besutan Apple untuk mengoptimalkan pengalaman Augmented Reality.

Harga iPhone 11

iPhone 11
image via Forbes

Siapa pun tahu iPhone selalu dibanderol dengan harga mahal, tetapi hal tersebut sebanding dengan spesifikasi dan eksklusivitas yang mereka tawarkan. Selain itu, berkaca dari kenaikan harga pada iPhone X ke iPhone XS tahun lalu, sepertinya iPhone 11 akan mengalami hal serupa.

Pakar analisis Jessica Dolcourt memperlihatkan pola kenaikan harga signifikan pada pasar ponsel pintar premium dengan dominasi dari Samsung dan Apple. Peningkatan pada sejumlah komponen iPhone 11 tak dinyana akan mempengaruhi perubahan harga saat nanti beredar di pasaran.

Analis untuk produk Apple Neil Cybart menyebutkan harga iPhone teranyar ditentukan sesuai ukuran layarnya, antara lain:

  • iPhone 11 dengan layar LCD 6.1 inci: USD849 atau sekitar Rp11.700.000;
  • iPhone 11 dengan layar OLED 5.8 inci: USD999 atau sekitar Rp13.700.000;
  • iPhone 11 dengan layar OLED 6.5 inci: USD1,199 atau sekitar Rp16.500.000.

Perlu Anda ingat daftar harga di atas bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu.

Kelebihan iPhone 11

Dari prediksi spesifikasi di atas, dapat disimpulkan iPhone 11 bakal membawa sejumlah kelebihan dibandingkan generasi sebelumnya. Sebut saja chipset berteknologi tinggi, pengisian daya yang praktis untuk sesama produk Apple, dan tentunya departemen fotografi yang semakin tangguh. Keunggulan lainnya pun datang dari ruang penyimpanan, yakni RAM 4 GB dan memori internal 64 GB, 256 GB, serta 512 GB. Diharapkan komponen dapur pacu selain chipset akan ikut mendapatkan peningkatan.

Tanggal rilis iPhone 11

Apple dikabarkan mempertahankan ‘tradisi’ merilis iPhone dalam tiga varian untuk generasi terayarnya. Pada iPhone 11, akan ada XR (versi bujet), XS (versi standar), dan XS Max (versi maksimal). Tradisi lain yang tak akan mengalami perubahan adalah waktu perilisan yang kemungkinan besar bakal diadakan pada September dan Oktober 2019. Sementara tanggalnya kemungkinan akan jatuh di pertengahan atau akhir bulan.

Jadi, apa Anda sudah siap menyambut kedatangan iPhone 11?

Artikel Terkait

Komentar