11 Fitur Terbaru iOS 13, Support Xbox dan PS4 Controler

Oleh Imam Ali updated Senin, 24 Jun 2019 | 17:21

fitur terbaik ios 13

Pada event WWDC pada tanggal 3 Juni 2019 lalu, Apple sudah meluncurkan iOS 13 beta build untuk developer. Para tamu undangan khusus yang hadir di situ dipersilahkan melakukan uji coba pada build OS ini dan bertanya – tanya tentang hal ini. Banyak tech press yang sepertinya mendapatkan izin melakukan beberapa tes fitur dan menggali informasi lebih soal penggunaanya. Hal ini tentu membuat fans Apple penasaran tentang apa saja hal baru yang ditawarkan OS ini. Nah, mari bahas bersama tentang hal tersebut!

Fitur Terbaru iOS 13

Nah, bagi Anda yang penasaran apa saja fitur baru yang ditawarkan oleh OS Apple yang satu ini, berikut adalah 11 fitur baru dan juga penjelasan singkatnya:

Dark Mode

Dark mode sebelumnya hanya mempengaruhi beberapa aplikasi di iPhone saja, tapi sekarang dark mode sudah menyeluruh untuk sistem.

QuickPath Keyboard

QuickPath keyboard di sini memberi user kemampuan untuk swipe to type. Kemampuan ini dapat meningkatkan kemampuan mengetik seperti yang sudah umum ditemukan pada Google Gboard dan SwiftKey.

“Find” My App

App ini masih dalam percobaan dan menyatukan fitur Find My Friend dan Find My iPhone. Aplikasi ini nantinya dapat membantu Anda untuk mencari device Anda ataupun teman yang sudah di Tag. Jadi semisal iPhone Anda hilang, Anda bisa mudah mencari lokasinya dengan app ini.

Update Fitur Reminder

Penggunaan Reminder pada iPhone tentu sudah tidak asing bagi Anda yang sibuk dan perlu menjadwalkan berbagai hal. Sekarang fitur ini mendapatkan overhaul penampilan agar lebih mudah digunakan dan Anda diberi kebebasan untuk memberi berbagai tanda dan catatan saat menggunakannya.

Camera dan Portrait Mode Update

Penggunaan kamera pada OS ini sekarang bisa dibilang lebih banyak menawarkan fitur pengaturan. Anda bisa menangkap gambar secara lebih bebas sesuai keinginan Anda dan melakukan edit serta filter secara langsung. Anda bahkan bisa mengatur tingkat cahaya yang masuk pada kamera saat berada di portrait mode.

Memoji Mendapatkan Fitur Baru

Me Emoji atau lebih dikenal dengan Memoji sekarang bisa Anda custom untuk memiliki berbagai penampilan unik. Anda bisa kombinasikan berbagai penampilan dengan tool yang baru dari OS ini. Penggunaan Memoji ini juga disintegrasi untuk dapat mudah digunakan saat keperluan texting di berbagai messenger dan tidak hanya terikat pada app Apple.

Sign In dengan ID Apple

Sama halnya dengan Google Account yang memudahkan Anda log-in ke berbagai aplikasi dan website, Apple juga sepertinya akan menggunakan fitur yang sama. Selama Anda menggunakan ID Apple Anda, keperluan untuk login hanya perlu konfirmasi dan tidak perlu lagi mengetik ID serta password.

ios 13

Maps App Mendapatkan Revamp

Saat menggunakan maps, Anda sekarang bisa masuk ke street view dan melihat penampilan lingkungan sekitar. Hal ini tentu merupakan upgrade besar yang membuat Anda bisa lebih menggunakan Apple Maps dibandingkan Google Maps.

Formating Teks pada Mail

Jika Anda perlu mengirim email resmi, Anda tidak perlu lagi pergi ke aplikasi lain untuk melakukan formatting teks. Langsung dari iPhone Anda bisa atur ukuran tulisan, membuat posisi tulisan menempel kanan ataupun kiri, membuat ruang tanda tangan, memasukan simbol dan masih banyak lagi.

Support Xbox dan PS4 Controler

Bagi Anda yang memiliki hobi gaming, Anda bisa sekarang menggunakan controller dari console Xbox dan PS4. Hal ini tentu sesuatu yang plus, mengingat banyak gamer memiliki controller ini, jadi tidak perlu lagi membeli controller khusus Apple hanya ingin gaming dengan serius.

Fitur Silence Unknown Call

Fitur yang satu ini tentu cukup menarik bagi Anda yang tidak terlalu suka dihubungi oleh orang asing. Jika Anda tidak terlalu sering mendapatkan telepon dari nomor asing yang penting (Pekerjaan biasanya mengharuskan Anda siap menerima dari nomor unknown), Anda bisa setting VIP number. VIP number ini adalah nomor khusus yang nantinya muncul pada notifikasi Anda. Selain nomor ini, semua akan digolongkan spam dan masuk ke voice mail.

Sebagai catatan saja, 11 fitur yang disebutkan di atas ini hanya sebagian dari banyak fitur lain yang sebenarnya masih bisa dinikmati. Walaupun begitu, kebanyakan fitur yang diberikan lebih mengarah pada teknikal feature untuk developer. Fitur seperti ini tentunya bisa saja Anda nikmati, tapi penggunaanya tidak terlalu penting bagi end user.

Selain itu, Anda harus ingat bahwa semua informasi di atas diambil dari event WWDC 2019 tempat percobaan beta dev iOS 13. Karena masih beta version, Anda juga perlu lebih jeli memandang fitur ini. Bisa saja setelah release di pasaran, pihak Apple telah menambah fitur baru ataupun menghapus fitur yang sebelumnya sudah dijanjikan. Mari tunggu saja info final build dari OS terbaru Apple ini.

ios 13 terbaru

Perbedaan Fitur iOS 13 dan iOS 12

Secara umum iOS 13 tentu bisa dibilang lebih baik dari iOS 12. Mulai dari performa dan fitur, Anda tentu akan lebih baik menggunakan iOS versi terbaru ini. Walaupun begitu, penggunaan OS Apple yang baru ini masih tergolong sempit bagi yang memiliki iPhone lawas.

iOS 13 hanya berlaku untuk iPhone 6s ke atas, jadi Anda yang masih menggunakan produk Apple yang lawas tidak akan bisa menikmati fiturnya. Tentu bagi Anda yang ingin membeli produk Apple baru, Anda tidak perlu lagi khawatir karena semua iPhone produksi 2019 ke atas akan memiliki build in iOS 13 beberapa bulan lagi.

Artikel Terkait

Komentar