Melihat Keunggulan Apple Mac Pro 2019 Seharga 85 Juta!

Oleh Arini Putrie updated Senin, 24 Jun 2019 | 15:40

apple mac pro 2019image via Mashable.com

Selalu berinovasi pada produknya selain pada sektor smartphone seperti iPhone seris Apple juga berinovasi pada produk komputer premium. Setelah penantian yang cukup lama, Apple akhirnya merilis komputer premium teranyarnya, Apple Mac Pro 2019. Informasi yang beredar menyebutkan perangkat tersebut dilengkapi prosesor terbaru besutan Intel yang pastinya menyuguhkan performa lebih tangguh dibandingkan pendahulunya.

Harga yang dibanderol untuk Apple Mac Pro 2019 memang lumayan fantastis, tetapi sepadan dengan pembaruan dan perombakan yang dilakukan Apple. Penasaran apa saja keunggulan yang ditawarkan Apple Mac Pro 2019? Simak informasi lengkapnya berikut ini!

Keunggulan Apple Mac Pro 2019

1. Desain Simpel Khas Apple

Apple, dibandingkan para kompetitornya, selalu mengusung desain simpel nan elegan. Konsep inilah yang membuat produk-produknya tampak berkelas dan mahal. Kesan tersebut bisa Anda lihat juga dari seri komputernya, tak terkecuali Apple Mac Pro 2019.

Namun, tidak semua orang sepakat dengan opini tersebut. Beberapa orang mengatakan lubang udara pada bodi Mac Pro menyerupai keju raksasa. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa perusahaan sebesar Apple pastinya mementingkan fungsi pada setiap aspek desain, sehingga pemakaian perangkat bisa bertahan dalam jangka waktu lama. Selain itu, bukan tidak mungkin lubang keju raksasa pada Mac Pro akan menjadi tren seperti halnya iPhone ‘berponi’ yang kenyataannya mulai ditiru para kompetitor.

Desain minimalis pada Apple Mac Pro 2019 pun ditunjang berbagai kelebihan seperti akses menyeluruh ke hardware. Dengan demikian, Anda akan dengan mudah mengganti prosesor, kapasitas RAM, kartu grafis, SSD, dan lain sebagainya. Bahkan ada roda yang nantinya dipasangkan pada kaki-kaki komputer tersebut untuk membantu memindahkannya tanpa merusak bodi perangkat.

2. Monitor Baru dengan Komponen Detail

Kesederhanaan terus dipertahankan Apple melalui Pro Display XDR, jenis monitor yang secara khusus mereka produksi. Pro Display XDR mempunyai bagian yang bakal mengingatkan pemakai Mac Pro pada produk Apple lain seperti iMac. Desain Pro Display XDR yang digunakan untuk Apple Mac Pro 2019 merupakan versi terbaru dengan bentuk persegi panjang dinamis dan pengatur ketinggian yang dapat Anda gunakan sesuai kebutuhan.

Salah satu hal yang membedakan fitur tersebut dengan versi terdahulunya adalah mekanisme engsel yang tampak lebih futuristik dibandingkan mekanisme pada tabung konvensional. Selain itu, Pro Display XDR pada Apple Mac Pro 2019 memungkinkan Anda mengubah posisinya menjadi potrait yang akan menambah nilai portabilitas.

Dengan desain minimalis sekaligus futuristik, Pro Display XDR menjadi bukti bahwa desain, material, serta mekanisme bukan sekedar gimmick di tangan Apple.

3. Spesifikasi Gahar dan Canggih di Kelasnya

Menyoal spesifikasi, Apple tidak pernah main-main. Apple Mac Pro 2019 dipersenjatai dapur pacu tercanggih di kelasnya melalui Intel 28 Core Xeon Cascade Lake di sektor prosesor. Chip ini termasuk tipe teranyar karena baru diperkenalkan Intel pada acara WWDC 2019.

Kemudian, Apple juga membekali Mac Pro terbaru ini dengan PCI Express 64 bit, daya 300 watt, ruang penyimpanan ECC 1,5 TB dengan tambahan empat slot PCI Express, hingga tiga slot tambahan tunggal yang sudah dikonfigurasikan dengan I/O Apple. Keberadaan slot-slot tersebut akan memudahkan Anda saat hendak mengubah, menambah, maupun upgrade Mac Pro. Ada pula SSD sebesar 4 TB yang sudah terlindungi T2, chip keamanan besutan Apple.

Di sektor konektivitas, terdapat tiga port Thunderbolt yang masing-masing berada di atas dan bawah Apple Mac Pro 2019. Port USB A ditempatkan di bagian depan dengan dua Ethernet sebesar 10 GB yang bisa Anda upgrade sesuai kebutuhan. Apple juga menawarkan beberapa pilihan untuk kartu grafis Apple Mac Pro 2019, dari AMD Radeon Pro 580X sampai Radeon Pro Vega II.

4. Teknologi Terbaru Pada Layar Monitor

Berbagai teknologi canggih Apple sematkan pada layar monitor Apple Mac Pro 2019. Sebut saja HDR 6K dengan retina display beresolusi 6016x3384 piksel dan 218ppi yang sanggup menunjang aktivitas berat dan profesional. Tingkat kecerahan yang disematkan pada monitor Apple Mac Pro 2019 sudah mencapai 1.600 nits dengan kemampuan bertahan 1.000 nits sepanjang hari secara efektif.

Fitur-fitur lain yang menunjang visualisasi Apple Mac Pro 2019 adalah P3 wide color granut, 10-bit color depth, kontras rasio 1.000.000:1, dan lain sebagainya. Dengan spesifikasi setangguh ini, tidak heran bila Pro Display XDR pada Apple Mac Pro 2019 sering kali dibandingkan dengan perangkat super di studio-studio perfilman Hollywood.

Harga Apple Mac Pro 2019

apple mac pro 2019

image via Mashable.com 

Sefantastis apa harga yang dipatok untuk satu unit Apple Mac Pro 2019? Perangkat ini sendiri akan segera dipasarkan pada kuartal empat 2019 atau sekitar bulan September hingga November setelah Apple mengumumkannya pada musim gugur tahun ini. Apple Mac Pro 2019 dibanderol dengan harga USD5.999 atau sekitar Rp85 juta per unit untuk varian prosesor Intel Xeon 8 Core serta GPU Radeon 580X dan RAM 32 GB.

Jika Anda ingin membeli layar monitornya saja, maka biaya yang harus dikeluarkan adalah USD4.999 per unit. Aksesori seperti Pro Stand dan VESA Mount Adapter bisa dibeli terpisah dengan harga masing-masing USD999 dan USD199. Jadi, Anda bisa pertimbangkan sendiri komponen Apple Mac Pro 2019 mana saja yang hendak dibeli sesuai kebutuhan.

Apple Mac Pro 2019 diproduksi sebagai pengganti versi sebelumnya dengan spesifikasi dan aksesori yang jauh lebih mumpuni. Sekilas, harga perangkat ini terbilang tinggi, tetapi sebenarnya lebih murah kalau Anda bandingkan dengan model-model lainnya. Jadi, apa Anda tertarik membeli seperangkat Apple Mac Pro 2019?

Artikel Terkait

Komentar