10 Kelebihan ColorOS 6.0, Bikin OPPO F11 Pro Makin Bagus

Oleh Imam Ali updated Jumat, 29 Mar 2019 | 21:16

COlor OS OPPO F11 Pro

Oppo F11 Pro hadir membawa versi terbaru Skin Android ColorOS 6.0, dan itu berubah menjadi pembaruan yang sangat menarik. Pembaruan baru ini tidak hanya berfokus pada membuat skin lebih ringan dan terlihat lebih baik tetapi juga meningkatkan kinerja secara keseluruhan.

Pada artikel ini, kami akan sedikit membahas pembaruan ColorOS 6.0 terbaru dan melihat semua yang pembaruan di dalamnya.

Fitur ColorOS 6 Terbaik

1. Apps Drawer

color os 6.0 oppo F11 pro

Perubahan terbesar yang datang dengan pembaruan ColorOS 6 yang baru adalah penyertaan Apps Drawer. Stock Android dikenal karena Apps Drawernya yang jadi salah satu fitur UI terbesar dan membedakannya dari iOS.

Sebagian besar pembuat smartphone China termasuk Oppo, Huawei, Xiaomi, dan lainnya belum menyertakan Apps Drawer di skin Android mereka yang menjadikan mereka tiruan iOS yang murah. Dengan pembaruan ColorOS 6.0, Oppo mengubahnya dengan menyertakan Apps Drawer.

Apps Drawer tidak diaktifkan secara default sehingga pengguna harus mengaktifkannya secara manual. Untuk mengaktifkan Apps Drawer, cukup jepit di layar beranda dengan dua jari lalu pilih Pengaturan. Di sini, ketuk "Home Screen Mode" lalu ketuk "Drawer Mode" untuk memilihnya.

2. Panel Pemberitahuan Baru

coloros oppo f11 pro

Selain Apps Drawer terbaru, Oppo juga membuat perubahan pada panel notifikasi ColorOS. Penulis juga suka tampilan pengaturan cepat baru in, entah bagaimana mereka terlihat lebih menarik.

Latar belakang panel notifikasi sekarang transparan dan mencerminkan warna wallpaper yang Anda gunakan. Secara keseluruhan, panel notifikasi baru tidak hanya fungsional tetapi juga terlihat bagus.

3. Semuanya AI

coloros OPPO F11 Pro

ColorOS 6 kaya akan integrasi AI baru yang tidak hanya membantu Anda dengan memberikan informasi visual tetapi juga bekerja di latar belakang untuk membuat OS bekerja lebih cepat.

Tempat yang paling jelas dapat Anda lihat pada fungsi AI di Apps Drawer tempat baris paling atas yang akan menampilkan prediksi aplikasi berdasarkan data penggunaan.

Fitur-fitur seperti Hyper Boost dan Game Space juga sangat bergantung pada AI untuk mendeteksi dan memprediksi penggunaan Anda agar mampu mengalihkan sumber daya ke tugas yang tepat sehingga ponsel Anda akan terasa lebih ringan.

Aplikasi kamera juga menggunakan AI untuk memberikan Anda foto yang lebih baik. Pada dasarnya, AI di ColorOS 6 akan selalu berada di latar belakang memastikan bahwa Anda memiliki pengalaman yang cepat dan lancar.

4. Aplikasi Stock didesain ulang

Perubahan baru lainnya yang membawa ColorOS 6 lebih dekat ke Android stok adalah desain ulang aplikasi stok. Semua aplikasi stok yang ada saat pra-instal di hp termasuk Call, Massage, Foto, dan banyak lagi sudah tertata dari bawah ke atas, mencerminkan tema Desain standar Google.

Penulis menyukai aplikasi Foto terbaru yang memiliki tampilan jauh lebih dekat dengan Foto Google dan membuatnya mudah untuk menemukan gambar yang dicari.

5. UI Volume Baru

Ini adalah perubahan kecil tetapi menunjukkan komitmen Oppo untuk menggunakan desain antarmuka pengguna Android di atas bahasa desain iOS. Dengan ColorOS 6, Oppo F11 Pro membawa HUD volume baru yang mirip dengan volume HUD yang diperkenalkan Google dengan pembaruan Android Pie-nya . Tetap keluar dari jalan sambil menunjukkan status volume Anda.

Secara default, ini mengubah volume dering ketika tidak ada media yang diputar. Namun, Anda dapat mengetuk menu tiga titik untuk menyesuaikan volume dering, media, dan alarm secara terpisah.

6. Sistem Navigasi Berbasis Terbaru

Fitur Android Pie lain yang mengarah ke ColorOS 6.0 adalah sistem navigasi Pill Based, begitu sebutannya. Sedikit berbeda dari stok Android yang kita kenal selama ini, namun terlihat sangat bagus.

Pada Android Pie standar membutuhkan dua gesekan dari bawah (atau satu gesekan panjang) untuk membuka apps draw. Namun, ColorOS 6 memungkinkan Anda melakukannya dengan satu jari dan satu gerakan.

Satu-satunya hal yang harus Anda ingat adalah untuk menggesek bukan dari pill based yang dimiliki, tetapi dari panah ke atas. Menggesek dari pill based navigasinya hanya akan membuka menu aplikasi yang Anda buka sebelumnya seperti halnya pada Android Pie.

Untuk lebih mudah menjelaskan, penulis akan menyebut pill based navigation ini dengan sebutan pil. Demikian pula, tombol kembali berada di sebelah kiri pil sementara menggesek pil yang tepat akan memungkinkan Anda menggulir di antara aplikasi terbaru Anda.

Bagusnya, ColorOS 6.0 memberi Anda banyak kendali atas preferensi navigasi Anda. Cukup buka aplikasi "Pengaturan" dan pergi ke Alat Bantu -> Tombol Navigasi dan Anda dapat mengubah sistem navigasi telepon. Anda dapat menggunakan tombol navigasi Android lama, mempertahankan tombol kembali di sebelah kanan atau menyembunyikan tombol virtual bersama-sama untuk menikmati sistem navigasi mirip iOS.

7. Aplikasi Game Space yang Disempurnakan

Oppo selalu menjadikan aplikasi Game Space sebagai bagian dari ColorOS untuk membuat game lebih bebas gangguan bagi penggunanya.

Dengan ColorOS 6, aplikasi Game Space mendapatkan kekuatan super. Aplikasi ini sekarang memberi Anda akses ke informasi lebih lanjut dan menawarkan lebih banyak fitur. Sekarang Anda dapat melihat masa pakai baterai hp saat bermain game, kekuatan sinyal jaringan, dan lainnya.

Game Space juga menjanjikan peningkatan kinerja game dengan menghadirkan fitur-fitur seperti "Smoothness Optimization" yang dengan cerdas mengalokasikan sumber daya sistem untuk membuat game berjalan lebih lancer.

Tambahan "Reduce Network latency" mampu mengoptimalkan jaringan data untuk mengurangi latensi jaringan dan banyak lagi.

8. Hyper Boost

Apakah Anda merasa smartphone menjadi lemot seiring berjalannya waktu dengan semakin banyak Anda menggunakannya? Ini terjadi karena sistem tidak dapat mengalokasikan sumber daya dengan benar.

Jadi ponsel yang sama yang cepat ketika Anda membelinya mulai terasa lebih lambat meskipun memiliki perangkat keras yang sama. Oppo bertujuan untuk menyelesaikan masalah ini dengan membawa teknologi baru yang disebut "Hyper Boost".

Sebagai bagian dari ColorOS 6, Hyper Boost akan meningkatkan manajemen ponsel cerdas dengan mengelola dan mengalokasikan sumber daya sistem secara cerdas.

Ada tiga bagian dari Hyper Boost yaitu System Boost, App Boost, dan Game Boost. System Boost memastikan smartphone Anda mampu melakukan fungsi-fungsi level sistem dasar seperti meluncurkan kamera, menavigasi UI, dan startup telepon terjadi dengan lancar.

Pada produk hp Oppo terbaru, waktu mulai ulang foto akan terasa 30% lebih cepat dari versi ColorOS sebelumnya. App Boost akan meningkatkan peluncuran aplikasi. Ini akan memprediksi aplikasi yang akan Anda luncurkan secara cerdas dan akan mengarahkan ulang sumber daya sistem sehingga diluncurkan lebih cepat.

Terakhir, Game Boost yang akan meningkatkan kinerja game dan stabilitas jaringan saat Anda bermain game.

9. Riding Mode

Google memperkenalkan Riding Mode dengan Android Pie yang secara otomatis mengaktifkan Android Auto dan menonaktifkan notifikasi ketika mendeteksi bahwa Anda sedang mengemudi.

Fitur yang sama telah diperkenalkan dengan ColorOS 6. Dijuluki sebagai "Up Mode", fitur ini membisukan semua pemberitahuan dan secara otomatis mengirim kembali teks untuk menolak panggilan.

Ini adalah fitur praktis untuk mengaktifkan mengemudi tanpa gangguan dan harus ada di semua smartphone terbaru saat ini.

10. Asisten Cerdas Dirancang Ulang

Oppo Smart Assistant adalah sejenis Google Assistant yang secara proaktif memberi Anda informasi yang menurutnya Anda butuhkan.

Halaman asisten dapat diakses dengan menggesekkan kanan ke kiri pada layar beranda. Penulis harus mengatakan bahwa UI cukup bagus dan menampilkan informasi dengan cara yang jelas dan ringkas.

Penulis juga menyukai kemampuan untuk menyesuaikan informasi yang ingin di lihat pada halaman asisten sehingga Anda hanya mendapatkan info yang relevan sesuai pilihan Anda.

Kriteria Spesifikasi
Ukuran Layar 6.53 inch
Screen Resolution 2340 x 1080 Pixel
OS Android
Berat 190 g
Dimensi 161.3 x 76.1 x 8.8 mm

Pembaruan ColorOS 6 apakah ada gunanya?

Penulis sangat suka dengan pembaruan pada ColorOS 6 dan merasa bahwa Oppo telah mengambil langkah-langkah ke arah yang benar. Tidak hanya perusahaan telah membuat ColorOS lebih gesit tetapi juga telah mengambil berbagai langkah untuk membawanya lebih dekat ke pengalaman Android stock terbaik.

ColorOS tidak lagi terasa seperti tiruan murah iOS tetapi sebagai skin Android kustom keren yang akan disukai pengguna. ColorOS 6.0 sudah hadir pada Oppo F11 Pro, selanjutnya pada bulan April ini akan kembali hadir pada smartphone terbaru OPPO Reno.

Selanjutnya akan ada update pada OPPO R15 dan juga R15 Dream Mirror Edition akan di update pada bulan April. ColorOS 6.0 juga akan hadir pada OPPO Find X, OPPO R17 dan OPPO R17 Pro pada Agustus mendatang.

Sementara pada September mendatang, giliran OPPO R11, OPPO R11 Plus, OPPO R11s, OPPO R11s Plus, OPPO A7X, dan OPPO A3.

Artikel Terkait

Komentar