Nokia 3.1 Plus, Ini Bedanya Global dan Lokal, Ada NFC!

Oleh Imam Ali updated Senin, 25 Mar 2019 | 12:22

Miranda Warokka, Nokia

Pertarungan hp Android baru dikelas mid-end dan juga low-end seakan tak pernah habis, terutama di kuartal awal tahun 2019 kali ini. HMD Global, the home of Nokia phones, hari ini mengumumkan kehadiran saudara dari Nokia 3.1 yakni Nokia 3.1 Plus di Indonesia, smartphone dengan kenyamanan lebih untuk menikmati konten berkat layar 6-inci HD+ dan daya tahan baterai selama 2 hari.

Disela peluncuran Nokia 3.1 Plus, pihak HMD Global atau Nokia Indonesia juga sempat menyinggung tentang harapan mereka untuk dapat menghadirkan Nokia 9 PureView ke Indonesia. Kali ini tak hanya dari segi peluncuran, Pricebook.co.id juga akan sedikit membahas alias review singkat, atau hands-on hp terbaru Nokia ini.

Desain

Nokia 3.1 Plus

Ketika brand lain semakin marak menggunakan desain water drop ataupun notch yang biasa disebut poni, Nokia 3.1 plus hadir dengan perbedaan dengan old style fashion craftmanship legendaris mereka. Tanpa berniat untuk menyingkirkan desain yang sedang digandrungi, Nokia tetap memberikan lekuk tubuh yang dinamis pada 3.1 Plus terbarunya.

Desain simple yang dibawa cukup menarik, meskipun Nokia 3.1 Plus murah tapi jika dilihat dari material glossy yang dibawa dengan rasio layar besar yang dimiliki, tampilannya menjadi terlihat menawan.

Terdapat fingerprint di bawah dual kamera belakang dengan flash. Single kamera depan dengan lubang speaker dan juga port charger berada di bagian bawah bodi. Di sisi kiri dan kanan terdapat tombol volume dan juga power. Sementara di sisi atas terdapat audio jack 3.5 yang bisa Anda gunakan untuk kebutuhan earphone dan headset.

Layar

nokia 3.1

Nokia 3.1 Plus menghadirkan layar besar yang pas dan sebanding dengan bodi yang diusung. Bahkan, pengalaman menonton pun terasa berkesan dengan layar 6-inchi HD+ yang dimiliki. Rasio aspek 18:9 yang dimiliki mampu menampilkan lebih banyak berita favorit, aplikasi dan video dalam tatanan gambar dan pencahayaan yang apik.

Layarnya cukup ideal untuk melakukan streaming konten dan kegiatan social media. Besarnya layar yang dimiliki tidak berpengaruh pada genggaman tangan, meskipun layarnya besar hp Nokia 3.1 Plus terbaru ini sangat nyaman digenggam.

Kamera

kamera nokia 3.1 plus

Nokia 3.1 Plus hadirkan kamera dengan fokus yang akurat dan cepat dalam kondisi pencahayaan rendah berkat Phase Detection Auto Focus pada kamera utama 13MP. Tambahan kamera belakang yang dilengkapi sensor 5MP jadikan pencitraan sensor belakang lebih detil sehingga mampu mengambil foto ala studio profesional dengan pilihan bokeh blur dan memungkinkan Anda mengatur seberapa blur bahkan setelah pengambilan foto.

Untuk urusan selfie, kamera 8MP mampu membuat hasil swafoto Anda memukau. Dengan fotografi kamera ganda berkualitas tinggi dan kenyamanan AI-accelerated yang didukung octa-core chipset, Nokia 3.1 Plus menawarkan fitur fotografi premium dengan harga terjangkau.

Perfoma

performa nokia 3.1 plus

Dukungan prosesor octa-core MediaTek Helio P22 octa-core, jadikan Nokia 3.1 Plus mampu fungsi standar dengan efisiensi yang optimal. Nokia 3.1 Plus Smartphone Nokia juga dilengkapi dengan inovasi AI-powered yang dikembangkan Google.

Secara kelas, chipset MediaTek Helio P22 setara dengan Snapdragon 636. Jadi sudah dapat dipastikan jika keberadaan chipset ini pada hp Nokia 3.1 Plus ini sangat menjanjikan dalam sistem pengolahan terbaik.

Fitur

nokia 3.1

Hadir dengan Android 9 Pie, keluarga Android One ini mengajak Anda untuk menikmati fitur terbaru dan terbaik, seperti App Actions, Adaptive Battery dan Digital Wellbeing, fitur terpadu yang eksklusif ada di perangkat Android One dan smartphone Google Pixel.

Untuk di Indonesia, kehadiran Nokia 3.1 Plus disesuaikan dengan keberadaan NFC sebagai fitur pendukung. Hal ini tentunya berbeda dengan versi global Nokia 3.1 Plus yang tidak memiliki NFC.

Baterai

Dengan baterai 3500mAh yang mampu bertahan dua hari di luar pengisian daya, Nokia 3.1 Plus memungkinkan Anda menikmati keseruan YouTube tanpa mengisi baterai, ketetuan ini masih merupakan claim dari pihak Nokia karena pricebook.co.id belum mencoba secara penuh produk ini.

Harga Nokia 3.1 Plus

harga nokia 3.1 plus

Miranda Warokka selaku Head of Marketing Indonesia for HMD Global mengatakan, desain dimiliki Nokia 3.1 Plus memang jauh dari brand lain. Namun, itu adalah sisi yang ingin kami tonjolkan legenda craftsmanship Nokia. Desain kuat, performa selaran kuatnya.

Tak menutup kemungkinan akan kembali hadir desain-desain unik lain dari hp Nokia terbaru untuk versi dan generasi terbarunya. Nokia 3.1 Plus hadir dalam dua pilihan warna – Blue dan Baltic, dengan harga Rp. 2.399.000.

Nokia juga sudah punya produk lainnya, yaitu Nokia 5.1 Plus. Dalam laman resmi Nokia Indonesia, Nokia 5.1 Plus dibanderol dengan harga Rp 2,3 juta, turun Rp 300.000 dari harga ketika pertama kali diluncurkan. Perbedaannya sangat terlihat jelas dari desain notch atau poni yang terdapat pada 5.1 Plus.

Semua tergantung pengguna, jika Nokia 3.1 Plus kami luncurkan untuk mendukung activity, Nokia 5.1 Plus kami luncurkan untuk menggandeng para milenial yang cenderung aktif dan juga fashionable. 

 

Artikel Terkait

Komentar

Halaman Terkait