Spesifikasi All New Nissan Livina, Mobil Keluarga yang Nyaman dan Canggih

Oleh Adam Rizal updated Rabu, 20 Mar 2019 | 19:30

Akhirnya, penantian pelanggan Nissan akan kebutuhan mobil keluarga multi-purpose vehicle (MPV) yang modern, nyaman, dan mewah terjawab sudah. PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) meluncurkan MPV All New Nissan Livina yang mampu menjawab kebutuhan keluarga Indonesia. 

All New Nissan Livina hadir dalam empat varian yaitu E, EL, VE dan VL. All New Nissan Livina mengusung mesin 1.499 cc yang mampu menyemburkan tenaga 104 PS di putaran 6.000 rpm dan torsi 141 Nm pada 4.000 rpm. All New Nissan Livina yang basisnya berasal dari Mitsubishi Xpander itu memiliki dua pilihan transmisi, manual 5-percepatan dan otomatis konvensional 4-speed. All New Nissan Livina mempunyai dimensi panjang 4.570 mm, lebar 1.750 mm, tinggi 1.695 mm, serta wheelbase 2.775 mm.

Dari sisi desain, All New Nissan Livina mengusung bahasa desainnya grille V Motion-nya yang khas dan beraksen krom. Wajah depan Nissan Livina 2019 terlihat lebih cakep dan lebih enak dipandang. Desain LED DRL All New Nissan Livina menggunakan bentuk bak bumerang dengan sisi bawah yang pendek. Sedangkan, lampu utama dan lampu seinnya masih ada di sisi bawah, dan dibuat sedikit berbeda dengan Mitsubishi Xpander.

All New Nissan Livina

Desain lampu kabut All New Nissan Livina berbentuk mengotak, agak kontras dengan milik kembarannya yang membulat. Bumper depannya diberi aksen berkelir hitam dan silver yang terasa pas. Bentuk kap mesin All New Nissan Livina juga memiliki lekukan yang seolah menyabung dari grille V Motionnya. Pindah ke samping, unit yang ditampilkan kali ini adalah trim VL alias tipe tertinggi, sehingga tak mengejutkan jika sudah mendapatkan velg dual tone.

All New Nissan Livina sudah memiliki beberapa fitur unggulan seperti penggunaan head unit layar sentuh dengan ukuran 7 inci yang mendukung GPS dan juga tethering. Kemudian, MPV ini memiliki beberapa fitur keselamatan seperti hill start assist, vehicle dynamic control (ESC), dan juga Traction Control. Tak lupa fitur tombol start stop engine, kemudi yang sudah tilt dan telescopic, rear view camera dengan sensor parkir, ABS+EBD+BA, Dual SRS airbag, seatbelt reminder, auto hazard light on emergency braking.

All New Nissan Livina sudah tersedia dalam enam warna Livina, yaitu ruby red, sunset orange, black knight, timeless grey, silver tech, dan white pearl.

Berikut ulasan masing-masing varian All New Nissan Livina

All New Nissan Livina E MT

All New Nissan Livina

Varian E MT masih memiliki lampu penerangan tipe halogen dengan fitur auto-off dan Dual Line LED sebagai Positioning Lamp serta Daytime Running Light (DRL). Model itu memiliki pelek kaleng ukuran 15-inci dan ban 185/65. 

Jarak terendah dengan tanah setinggi 200 mm sehingga mampu melibas jalanan-jalanan terjal. Masuk ke dalam interior, All New Nissan Livina E MT didominasi warna hitam-beige. Sayangnya, MPV ini tidak memiliki beberapa fitur terkini seperti i-Key dan Push Start and Stop Button, pelipat spion otomatis, pengatur ketinggian jok pengemudi, sensor parkir dan kamera belakang dan tombol fungsi pada kemudi. Peranti elektrik pendukung pengendaraan juga tak ada hanya fitur keselamatan standar dual SRS airbag dan ABS+EBD. 

Pengaturan kemudinya juga sudah tilt & teleskopik dan tidak ada head unit serta memiliki dua speaker. Sementara konektivitas penggunanya dengan smartphone tetap terjaga, lantaran ada 2 power outlet di depan dan paling belakang.

All New Nissan Livina EL MT dan AT

Varian EL MT dan AT tidak jauh berbeda dari E MT. Perbedaannya terletak pada pelek 15 inci alloy dengan ban 185/65 dan ada Courtesy Light before and after driving, serta lampu kabut. 

Kemudian, model ini juga memiliki AC di baris belakang (rear air conditioning blower) dan nuansa kabinnya identik dengan warna Black-Brown. Pada dashboardnya, terdapat detail silver yang meningkatkan tampilan. Untuk memberikan kenyamanan, MPV ini memiliki head unit 2DIN yang dapat memutar radio, CD, MP3 dan USB, serta 4 speaker.

All New Nissan Livina VE AT

All New Nissan Livina VE AT mengusung pelek 16 inci alloy dengan ban berukuran 205/55 dan ground clearance-nya naik menjadi 205 mm. Kemudian, model itu juga memiliki pelipat spion samping otomatis. Desain dashboardnya juga sudah beraksen kayu dan pengemudi dapat mengakses fitur hiburan melalui tombol fungsi pada roda kemudi. MPV ini juga memiliki head unit 7 inci berfitur radio, smartphone connectivity (Android Auto dan Apple CarPlay), BT dan konektor USB serta 4 speaker. 

Kenyamanannya semakin mumpuni berkat 3 power outlet di seluruh baris. Bicara perangkat keselamatan dan pendukung pengendalian, varian ini punya fitur Vehicle Dynamic Control (VDC), Traction Control System (TCS) dan Hill Start Assist (HSA). kemudian, ada dua buah airbag di depan, Auto Hazard untuk pengereman darurat, Anti-locking Braking System (ABS) dan Electronic Braking Distribution (EBD) dibenamkan.

All New Nissan Livina VL AT

All New Nissan Livina VL AT merupakan varian tertinggi dan lebih mewah. MPV ini memiliki aksen krom terlihat pada spion samping, gagang pintu dan pinggiran jendela. Peleknya punya spesifikasi yang sama dengan VE. 

Nuansa kabinnya makin elegan dengan pelapis kulit hitam. Fiturnya pun lengkap, pengemudi dimanjakan i-Key dan Push Start and Stop Button. MID dengan indikator ECO sudah LCD berwarna. Head unitnya sama dengan VE, jumlah speakernya ada 6.

Daftar harga All New Nissan Livina

Nissan Livina E M/T Rp198,8 juta

Nissan Livina EL M/T Rp223 juta

Nissan Livina EL A/T Rp233 juta

Nissan Livina VE A/T Rp249,9 juta

Nissan Livina VL A/T Rp261,9 juta

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas All New Nissan Livina merupakan pilihan yang tepat untuk keluarga. Kelima tipe All New Nissan Livina yaitu E MT, EL MT, EL AT, VE AT, dan VL AT merupakan multi-purpose vehicle (MPV) terbaik di kelasnya. Untuk kamu yang menginginkan mobil keluarga yang canggih All New Nissan Livina merupakan pilihan yang tepat.

Artikel Lainnya

Komentar