Review Samsung Smart TV QLED Q7F 65, Makin Pintar

Oleh Imam Ali updated Kamis, 21 Mar 2019 | 11:40

Samsun QLED TV Q7F

Samsung melakukan inovasi pada kualitas gambar, desain, konektivitas, dan kecerdasan untuk rangkaian Samsung QLED TV series mereka, sehingga tidak hanya menciptakan TV yang berfungsi sebagai perangkat hiburan dengan teknologi canggih, namun juga dapat memberikan estetika interior rumah yang terbaik.

Kali ini, Pricebook berkesempatan mencicipi produk Samsung QLED TV Q7F 65 inci. Penasaran seperti apa?

Desain

desain samsung QLED

Meski memiliki ukuran 65 inci, bodi yang ditampilkan pada desain Samsung smart tv QLED TV Q7F cukup tipis, bezelnya pun jauh lebih tipis dibandingkan TV lain. Tidak seperti tv pada umumnya dengan segala konektifitas yang terpampang di bagian belakan bodi tv. Mempunyai sebuah box yang berdiri sendiri sebagai akses konektifitas TV. Mulai dari USB, HDMI, hingga jalur Ethernet dan juga antena.

Konektor kabel power bertuliskan One Connect tepat berada di sisi belakang. Tapi sayangnya, akan sedikit kesulitan jika mengalami kerusakan pada bagian ini. Model kabel yang mirip seperti fiber optic, menjadi kerumitan tersendiri jika harus mengganti dengan model yang lain. Hanya dengan menghubungi Samsung Service Center Anda bisa menemukan solusinya.

Wajah TV semakin terlihat simple dengan paduan bulit-in table stand yang ramping dengan model pipa sehingga tidak terlalu banyak menggunakan ruang.

Layar

layar samsung QLED TV

Luasnya layar Smart TV Samsung tidak menyakitkan mata meskipun melihat dari sudut yang terdekat. Selain itu, warna yang ditampilkan juga merata meski dilihat dari sisi kiri maupun kanan. Hal ini mungkin terjadi karena Samsung Q7F 65 inci ini memanfaatkan teknologi Quantum Dot.

Dengan demikian, Samsung QLED TV yang tengah kami uji ini mampu menghasilkan 100% color volume, selain itu lebih dari satu miliar gradasi warna mampu ditampilkan dengan baik oleh Smart TV Samsung terbaru ini.

Teknologi

Teknologi Samsung QLED TV

Samsung juga memberikan beragam teknologi Samsung Smart TV bertajuk Q Style guna mendukung kecanggihan dari Smart TV QLED Q7F 65 inci ini. Dimulai dari Q Engine Prosesor yang mampu mengoptimalkan karakter tampilan 4K dengan baik.

Q Contrast Plus yang mampu memberikan kesan lebih dramatis ke dalam tampilan layar Samsung QLED TV. Selain itu, teknologi terbaru Smart TV Samsung ini juga mampu menampilkan kesan lebih dalam terhadap gambar yang dihasilkan ditambah adanya anti-reflective screen dengan tingkat kenyamanan yang baik.

Selanjutnya Q HDR ELITE yang dimiliki mampu meningkatkan rasio kontras dan juga kemampuan ekspresi warna pada detail konten menjadi lebih baik. Adanya teknologi ini, tampilan 4K yang dihasilkan terlihat lebih cerah dan cemerlang.

Teknologi berikutnya adalah Direct Full Array, sebuah panel dengan zona backlighting yang dikendalikan secara pintar sehingga dapat menyesuaikan secara otomatis untuk memberikan cahaya hitam kelam dan putih yang murni.

one invisible connection

One Invisible Connection, teknologi satu kabel tipis yang hampir tak terlihat. Menggabungkan koneksi daya serta transmisi data AV ke TV dan tersedia hingga sepanjang 15 meter. Karenanya cukup bebas ketika harus menempatkan posisi TV di sudut manapun pada ruangan rumah, meskipun jauh dari stop kontak.

Ambient Mode, dirancang untuk mendefinisikan kembali tampilan layar televisi ketika tidak digunakan untuk menonton. Berbasis background picture, memungkinkan TV yang terpasang menyatu sempurna dengan dinding dan desain interior di sekitarnya, menirukan pola dinding di belakang TV dan menciptakan visual yang menakjubkan.

Fitur

Fitur Samsung Smart TV juga tak kalah beragam, mulai dari No Gap Wall Mount yang memungkinkan TV Samsung QLED semakin lekat dengan dinding , lebih dekat dari pada model smart tv lainnya dengan proses instalasi yang mudah serta cepat.

Selanjutnya ada Auto Detection, Smart TV Samsung QLED TV terbaru ini mampu menemukan dan mengenali semua perangkat pengguna yang terhubung dengan TV secara otomatis. Terkahir, fitur One Remote Control yang memungkinkan pengguna dapat mengendalikan sebagian besar perangkat media yang tersambung ke TV seperti Blu-ray player, sound system, hingga game console dengan satu remote.

one connection

One Remote Control mempermudah penggunanya melakukan perpindahan navigasi dari satu perangkat ke perangkat lainnya, mengakses berbagai layanan, fungsi serta konten TV dengan lebih cepat dan nyaman.

Sebagai rekomendasi, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi SmartThings. Aplikasi memungkinkan Anda untuk dapat berbagi konten dan aplikasi yang ada pada smartphone ke layar QLED TV Samsung dengan lebih sederhana dan mudah.

Tentunya, Anda bisa mengakses aplikasi ini dengan segala jenis smartphone terbaik yang Anda miliki. Namun, saat percobaan ada beberapa smartphone yang belum compatible untuk bisa menggunakan aplikasi ini.

Sampai saat ini penguji masih mencari tahu penyebabnya, karena bukan berdasarkan lawas atau baru yang jadi acuan smartphone untuk mengoperasikan SmartThings Samsung.

Kelebihan

  • Desain lebih tipis
  • Full screen, bezel tipis
  • Teknologi Q-style
  • Banyak Fitur

Kekurangan

  • Bobot Berat
  • Kabel konek One Invisible agak riskan rusak karena modelnya yang tipis

Kesimpulan

Samsung Smart TV QLED Q7F 65 inci ini memiliki kekayaan fitur yang sangat lengkap. Disamping itu, teknologi yang diusung juga sangat membantu pengguna bahkan cenderung memanjakan.

Kriteria Spesifikasi

Artikel Lainnya

Komentar