Diperbaharui pada Senin, 28 Januari 2019 | 18:01

Wuling Almaz 2019, SUV Terbaru untuk Indonesia

Oleh Adam Rizal

wuling almaz

Hadirnya Wuling Almaz menjadi bukti Wuling Motors Indonesia sukses mendapatkan respon positif dari pasar otomotif Indonesia menyusul kesuksesan dua model sebelumnya low multi-purpose vehicle (L-MPV) Wuling Confero dan Wuling Cortez.

Wuling Motors Indonesia kembali menggebrak pasar otomotif Indonesia dengan memperkenalkan sport utility vehicle (SUV) Wuling Almaz di Jakarta, pekan lalu. Sebelumnya, Wuling Indonesia telah memamerkan SUV Wuling Almaz yang kala itu masih bernama Baojun 530 di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS 2018).

Wuling sendiri memberikan nama SUV itu Almaz yang diambil dari bahasa Arab yang berarti diamond atau berlian. Wuling Almaz merupakan produk keempat dari Wuling Motors Indonesia di Indonesia yang sebelumnya sudah ada Wuling Confero, Wuling Cortez, dan Wuling Formo.

Kemampuan dan Kecanggihan Wuling Almaz

Eksterior Wuling Almaz

eksterior wuling almaz

Eksterior Wuling Almaz hadir dengan desain yang bold dan sporty dengan fitur eyes LED serta lampu utama menggunakan LED Projector. Bagian samping, Wuling Almaz mengusung tema Dynamic Parallel Design dengan garis-garis yang tegas. 

Wuling Almaz memiliki lampu LED DRL sipit di sisi atas dan lampu kabut di sisi bawah. Pindah ke samping, spionnya sudah dibekali lampu sein, dan velg 17 inci miliknya sudah dual tone. Bagian belakang, Wuling Almaz mengusung shark fin antena, spoiler dengan high stop mount lamp LED, dengan lampu belakang yang modern dan ramping serta rear combination lamp.

Pindah ke sisi atas, ada sunroof berukuran 0,27 meter dengan panoramic sunroof berukuran 0,82 meter. Antena model sharkfin juga terpantau di mobil ini menemani rear spoiler dengan HMSL.

Untuk kaki – kaki, Wuling Almaz mengusung suspensi independen dengan McPherson Strut dan Coil Spring di sisi depan, dan MultiLink Trapezoidal di sisi belakang. 

Interior Wuling Almaz

interior wuling almaz

Interior Wuling ALmaz SUV Wuling Almaz mengusung 5 kursi penumpang di dalamnya. Jok Wuling Almaz menggunakan kulit sintetis sehingga terlihat lebih mewah dengan jahitan yang rapi. Karena SUV Almaz merupakan mobil 5 seater, maka ban cadangan bisa dipasang di bagian belakang mobil.

Di dalamnya, Anda akan melihat Meter cluster Wuling Almaz, ada pengukur tekanan ban 4 roda dan pengukur suhu udara. Selain itu meter cluster juga memperlihatkan informasi soal musik yang tengah diputar. Di setir ada beberapa tombol pengatur audio dan pengatur koneksi ke telepon genggam dan cruise control. Door Trim Wuling Almaz juga dual warna dengan sentuhan krom di handlenya.

Belum selesai, bangku baris kedua juga dimanjakan dengan port USB dan kisi AC, lalu pengemudi bisa mengatur kursi dengan mudah berkat fitur 6 ways electric seat miliknya. 

Untuk audio, Wuling Almaz mempunyai audio lansiran Infinity by Harman Kardon dengan 4 buah speaker, 4 buah tweeter, dan sebuah subwoofer. Untuk airbag, Wuling Almaz memiliki 4 buah airbag yang berada di sisi depan dan samping. 

Mesin

mesin wuling almaz

Wuling Almaz mengusung mesin berkapasitas 1.500 empat silinder turbocharged dengan maksimum torsi 250 nm 1600-3600 rpm dengan tenaga maksimal 140hp sehingga kendaraan ini mempunyai tenaga yang cukup baik di kelasnya mampu mengahislkan topspeed lebih dari 150 km/h. 

Turbo dari Wuling Almaz ini sendiri merupakan lansiran Honeywell, yang dipadukan dengan transmisi CVT lansiran BOSCH. Mesin DOHC SUV Almaz itu dikembangkan Wuling bersama Honeywell yang punya reputasi harum memproduksi turbo untuk industri kendaraan penumpang. Transmisi CVT-nya sendiri memiliki 8 percepatan virtual dengan dua mode berkendara, Eco dan Sport. 

Fitur Wuling Almaz

fitur wuling almaz

Wuling Almaz memiliki head unit layar sentuh 10,4 inci mirip dengan layar SUV Renault Koleos dan Tesla. Kemudian, ada beberapa tombol perintah untuk mengatur berbagai fitur di dalamnya seperti, AC, kamera 360 derajat, tire pressure monitoring system, mirroring Wuling Link, sensor mobil, hingga pengaturan lampu dan fungsi canggih lainnya seperti panoramic roof.

Wuling Almaz juga menawarkan fitur keyless entry, keyless remote, start-stop button, dual drive mode (Eco dan Sport),2nd row USB port, audio steering switch, front and rear parking sensor, ISOFIX, TPMS, SRS Airbag (fornt and side), TCS (traction control system), sound system infinity by Harman, immobilizer, anti-theft alarm dan seat belt alarm reminder.

Kemudian, ada fitur electronic parking brake dengan auto vehicle hold, dan cruise control. Belum selesai, ada juga pengereman dengan dukungan ABS, EBD, dan BA, serta rem cakram empat roda.

Wuling Indonesia juga menambahkan fitur seatbelt reminder dan emergency stop signal pada Wuling Almaz 2019 terbaru ini. menemani fitur wajib lain seperti ESC, Hill Hold Control, dan traction control. Sensor parkir 4 titik ada di sisi belakang Wuling Almaz, dan corner sensor di sisi depannya. 

Harga Wuling Almaz

Harga Wuling Almaz

Hingga Januari 2019, Wuling Motors telah mengoperasikan sebanyak 92 dealer yang tersebar di seluruh Indonesia. Jumlah dealer ini melebihi target sebelumnya yang hanya 80 dealer hingga akhir Desember 2018.

Sayangnya, Wuling Indonesia belum mengungkapkan harga resmi Wuling Almaz. Rencananya, Wuling Indonesia baru akan resmi meluncurkan SUV Amaz dan harga resminya pada  kuartal pertama tahun 2019.

Namun, bagi Anda yang ingin memesan Wuling Almaz sudah bisa datang ke diler Wuling terdekat untuk booking fee. Bocorannya, Wuling Indonesia akan membanderol Wuling Almaz sekitar Rp300 jutaan.

Kalau kami menyebut spek seperti ini biasanya ada di mobil 500 jutaan, mungkin bisa saja Wuling Almaz dibanderol separuhnya. Nah, kita tunggu saja berapa harga resmi si Wuling Almaz, kalau menurut kalian, cocoknya dikasih harga berapa?

Like us!

Komentar

Fhadil Abraham 29 January 2019 - 18:11
Bagus sekali