CES 2019 : LG Bermitra dengan Microsoft Bikin Kendaraan Otonom

Oleh Priyo Pamungkas updated Rabu, 9 Jan 2019 | 21:31

LG otonom

 

Ada yang menarik pada gelaran Consumer Electronics Show 2019 (CES 2019). LG yang memang concern dengan kecerdasan buatan (AI) memberi kejutan. Bekerja sama dengan Microsoft, kedua pihak sepakat membangun mobil otonom di industry otomotif. 

“Kami sangat yakin kombinasi antara teknologi LG dan Microsoft akan menciptakan tolok ukur baru pada perkembangan kendaraan otonom dengan memanfaatkan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence – AI),” ujar Kim Jin-yong, Presiden LG Vehicle Component Solution Company.

Kerja sama ini tentu saja akan membuat LG menerapkan pengetahuan AI milik Microsoft pada pengembangan berbagai komponen dan sistem mobil yang mendukung kendaraan otonom di masa depan.

Termasuk didalamnya yaitu Advance Driver Assistance Systems (ADAS), Driver-Status Monitoring Camera (DSM) dan Multi-Purpose Front Camera.

LG pun dikatakannya bakal menggabungkan Microsoft Virtual Assistant Solution Accelerator dalam sistem infotainment LG. Sementara melalui pemanfaatan layanan Azure Data Box milik Microsoft. 

Data yang diambil di sepanjang perjalanan dapat diunggah otomatis untuk melengkapi pustaka data yang bakal mendukung pengembangan perangkat lunak pengendaraan otonom (self-driving software).

Di sisi lain, manfaat kerjasama ini pun akan mendukung rencana LG dalam membangun dan menguji berbagai pengembangan yang dilakukannya.

Melalui High Performance Computing (HPC) dan Graphic Processing Unit (GPU) yang didukung Microsoft Azure akan secara drastis mengurangi waktu belajar dan berkembang yang dibutuhkan perangkat lunak AI bagi berkendara otonom milik LG.

Waktu lebih dari satu hari penuh yang sebelumnya dibutuhkan bagi sistem kendara otonom untuk mengenali berbagai pola lalu lintas dalam kota bakal terpangkas hingga hanya beberapa menit dengan keberadaan Azure.

Pemanfaatan Azure pun akan membantu perangkat lunak AI kendara otonom ini untuk mengenali dan membedakan pola termasuk pejalan kaki dari objek lainnya.

Integrasi Azure dengan perangkat lunak pendukung kendara otonom ini juga akan memberi peningkatan kemampuan pada Advance Driver Assistance Systems (ADAS), Driver-Status Monitoring Camera (DSM) dan Multi-Purpose Front Camera milik LG.

Artikel Lainnya

Komentar