AC Standard VS AC Inverter, Kenali Perbedaanya

Oleh Imam Ali updated Jumat, 15 Feb 2019 | 16:51

ac inverter vs ac standard

Pricebook akan sedikit membahas tentang kedua AC tersebut agar Anda tak lagi bingung tentang perbedaan AC Standar dan AC Inverter.

Perbedaan AC Standar dan AC Inverter

perbandingan ac standar dan inverter

Harga AC standard paling terjangkau dibandingkan jenis AC lainnya. Tipe AC standard hanya butuh daya listrik 800 watt. Sistem kerjanya juga mudah untuk dipahami.

AC inverter adalah AC dengan teknologi terkini, diklaim hemat energi serta daya listrik. Teknologinya membuat kompresor dapat bekerja sesuai kebutuhan penggunaan dalam mencapai suhu ruangan.

Sebagai contoh apabila Anda menyetel suhu 24 pada remote AC inverter, maka AC akan bekerja dengan sangat keras untuk mendinginkan ruangan.

Listrik AC Standar dan AC Inverter

cara kerja ac inverter

AC Standar Boros Listrik

AC standard memang membutuhkan daya listrik cukup besar, yaitu lebih dari 800 watt. Namun ketika suhu ruangan sudah mencapai titik yang diinginkan, outdoor dan kompresor AC akan secara otomatis berhenti bekerja, tetapi indoor AC tetap menyala.

AC Inverter Hemat Listrik

Penggunaan awal ini menggunakan listrik yang lebih tinggi dari AC Standard. Pada saat suhu ruangan sudah mencapai 24 (sesuai dengan remote AC) maka kompresor pada AC inverter akan bekerja seminimal mungkin.

Sebaiknya Anda mengatur ruangan dengan suhu 24 derajat celcius agar kompresor bekerja lebih ringan. Selain itu Anda juga harus memperhatikan perawatan AC dengan baik agar AC tidak mudah rusak dan dapat bekerja secara optimal.

Cara Kerja AC Standar dan AC Inverter

kelebihan dan kekurangan ac lg

AC Standar Murah

Harga AC standard memang lebih murah dibandingkan AC lainnya, nyatanya AC standard juga cepat dingin dan memiliki biaya perawatan murah serta mudah.

Outdoor AC akan kembali menyala ketika suhu ruangan mulai memanas. Anda bisa menambah derajat celcius ruangan dengan memakai remote.

Bisa saja disiasati agar AC lebih lama mempertahankan suhu dingin. Cara tidak terlalu sering membuka dan menutup ruangan, serta pastikan menutup ruangan secara rapat sehingga ruangan cepat dingin, dengan begitu kerja kompresor akan lebih ringan.

AC Inverter Mahal

AC Inverter juga tidak cocok untuk  penggunaan yang sebentar karena tarikan listrik awalnya amat tinggi sehingga tidak efisien pada penggunaan listrik. Dilengkapi dengan komponen yang berguna untuk mengatur kompresor sesuai dengan kebutuhan.

Penggunaan AC ini menerapkan prinsip yaitu listrik arus AC PLN harus dirubah menjadi DC dan frekuensi suhunya akan otomatis disesuaikan oleh sensor suhu sehingga jika ruangan sudah terlalu dingin maka otomatis kompresor akan bergerak lebih lambat sehingga ruangan tidak akan terlalu dingin.

AC Inverter ini akan terus bekerja untuk memastikan suhu ruangan sesuai dengan suhu yang disetel pada remotenya. Hal ini membuat AC inverter tidak cocok untuk ruangan yang pintunya kerap dibuka tutup atau banyak orang keluar masuk.

Begitu juga ketika ruangan penuh sesak oleh orang maka secara otomatis sensor suhu akan bergerak lebih cepat untuk memutar kompresor sehingga ruangan akan menjadi lebih dingin.

Meskipun AC yang digunakan memiliki ukuran yang besar dan Anda gunakan pada ruangan yang kecil, konsumsi daya yang digunakan tetap ekonomis. Hal ini bisa menghemat listrik tanpa perlu Anda menyalakan dan mematikan listrik.

Kelebihan dan Kekurangan AC Standar dan AC Inverter

kelebihan ac inverter

AC Standar Boros

Dengan segala kelebihannya, AC standard tetap memiliki kekurangan yang bisa jadi pertimbangan sebelum membelinya.

AC standard sangat boros listrik, apalagi jika sering menyalakan dan mematikan AC. Bahkan, saat pertama kali dihidupkan, daya listrik yang diserap sangat besar meskipun ketika sudah berjalan daya listrik yang diserap normal.

AC Inverter Irit

Selain memiliki kelebihan, jenis inverter ini juga memiliki kekurangan seperti harganya yang lebih mahal dan juga biaya perawatan yang mahal. Selain itu saat pertama dinyalakan AC inverter memerlukan daya listrik yang tinggi.

Jika Anda termasuk orang yang suka menyalakan AC dalam jangka waktu yang cukup lama dan tanpa jedah maka Anda harus melakukan perawatan rutin untuk AC satu ini karena harga spare parts dan freon lebih mahal jika dibandingkan dengan AC tipe lain.

Meskipun memiliki kekurangan nyatanya AC inverter juga banyak dipilih karena memiliki dingin yang nyaman dan suhu yang diatur juga lebih stabil.

AC LG DUAL COOL with Watt Control

lg dual cool with watt control

AC LG DUAL COOL with Watt Control merupakan versi yang lebih baru dari AC LG untuk masyarakat Indonesia. Berbeda dengan AC inverter pada biasanya, AC Inverter LG meningkatkan ke versi teknologi Dual Inverter system yang menjamin dingin lebih cepat dengan daya listrik rendah.

Selain itu, AC LG juga memberikan kekayaan lain berupa pengaturan watt atau Watt Control yang bisa Anda fungsikan melalui remote AC LG yang dijual satu paket dengan unit ACnya. Dengan menggunakan AC LG DUAL COOL with Watt Control, selain Anda mendapatkan produk AC berkualitas, konsumsi listrik pun aman.

Cara kerja AC DUAL COOL with Watt Control ini juga cukup unik. Dalam proses pengaturan watt, Anda bisa menyesuaikan berapa persen daya hemat yang ingin didapatkan. Mulai dari 40%, 60%, bahkan hingga 80% hemat daya listrik.

Namun tetap dengan rasa dingin seperti AC standard dengan teknologi kerja dua kali lebih cerdas dari AC inverter tentunya. Menariknya, AC LG DUAL COOL with Watt Control ini juga bisa diatur dengan menggunakan smartphone sebagai pengganti remote.

Nah, jadi dimanapun Anda berada, mengatur AC hingga mengecek kondisi AC di rumah jadi lebih mudah. Kemungkinan rusak karena dimainkan oleh Anak atau lupa mematikan AC pun menjadi lebih minim.

Artikel Terkait

Komentar

Michael Johansen Kamis, 12 Des 2019 | 17:55
I like that