Memilih AC Hemat Listrik, Cari yang Watt-nya Bisa Dikontrol

Oleh Priyo Pamungkas updated Minggu, 18 Nov 2018 | 16:36

AC LG DUAL COOL with WATT CONTOL

Ada di negara tropis menyebabkan Air Conditioner (AC) menjadi kebutuhan ‘wajib’. Pendingin ini seolah menjadi penyelamat di saat cuaca sedang panas. Ruangan menjadi lebih sejuk dan nyaman. Namun, Anda harus ekstra hati-hati karena tegangan AC biasanya cukup tinggi. Solusinya, Anda harus jeli memilih AC hemat listrik yang ada di pasaran.

Terlepas dari teknologi AC Inverter yang dikenal hemat listrik, Anda bisa melakukan beragam cara menghemat AC secara cerdas. Berbagai hal mudah bisa dilakukan agar lonjakan listrik tak membengkak di akhir bulan.

Untuk menghemat, beberapa langkah bisa dilakukan. Mulai dari cara menggunakan AC secara sederhana sampai dengan menghilangkan kebiasaan yang bisa menambah beban kerjanya.

1. Perhatikan cara mengatur suhu AC

AC LG Intverter SmartThinQ

Pada suhu yang panas layaknya di negara tropis seperti Indonesia, suhu bisa meningkat hingga  38 derajat Celsius.  Sementara untuk penggunaan AC lazimnya ada di rentang 16-18 derajat celsius. Hal ini tentu saja membuat AC bekerja jauh lebih keras dibandingkan biasanya.

Berikut Kami jabarkan cara mengatur suhu agar nyaman dan hemat. Suhu terbaik dalam kenyamanan termal manusia berada di kisaran 25 derajat celsius. Jadi, jangan paksakan AC untuk lebih dingin, karena sebenarnya malah merusak secara perlahan. Bila memang ingin lebih dingin lagi, cukup mengatur suhu AC di 22 derajat Celsius.

Karena dengan kerja yang lebih keras AC akan semakin boros. Tak sadar, akumulasi penggunaan pun akan membuat tagihan listrik atau token melonjak.

2. Lakukan cara merawat AC secara berkala

Cara Merawat AC

Tak seperti barang elektronik lainnya, cara merawat AC memang harus ekstra. Pendingin yang satu ini harus rutin dikontrol dan butuh perawatan berkala. Jika tidak, filter udaranya akan mudah kotor. Otomatis beban kerja yang harus dipikul pasti akan meningkat. Listrik pun akan meroket penggunaannya.

Jika ingin awet, setidaknya AC harus rutin dibersihkan minimal dua bulan sekali. Namun, bila intensitas penggunaannya setiap hari,  cara merawat AC secara berkala bisa dilakukan dengan membersihkannya sebulan sekali. Panggil saja teknisi langganan untuk melakukannya.

3. Hilangkan kebiasaan buruk sebagai cara mengatasi AC boros listrik

Cara Mengatasi AC Boros Listrik

Ada kesalahan kecil yang bisa membuat AC boros listrik. Diantaranya faktor lupa merapatkan pintu dan jendela. Dengan udara dingin yang terus keluar dari celah pintu, penggunaan AC jadi lebih ekstra. Walhasil, pemakaian listrik pun berbanding lurus dengan kerja AC yang berlebih.

Adapun cara mengatasi AC boros listrik antara lain, memastikan semua sudut ruangan tertutup rapat sehingga tak ada udara yang keluar percuma. Setelahnya, AC akan otomatis kembali berjalan normal sehingga suhu ruangan sama dengan suhu remote.

Solusi lainnya, memilih AC hemat listrik yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Lalu sesuaikan pula dengan kocek dipunya agar tidak membebani di kemudian hari.

Tips Memilih AC Hemat Listrik Sesuai Kebutuhan

Tips Memilih AC Hemat Listrik

Seperti yang Kami ulas di atas, teknologi AC Inverter memang bisa menjadi obat mujarab untuk  Anda yang sedang berniat memilih AC hemat listrik. Diantaranya, AC LG DUALCOOL with Watt Control yang dimiliki LG.

Produk gres besutan LG ini memang memiliki tagline hemat berlipat. Artinya, selain memang bawaan AC-nya  sudah hemat karena mengadopsi teknologi AC Inverter. Pengaturan penggunaan watt-nya bisa dikontrol sesuai dengan kebutuhan.

Bekal fitur AC LG DUALCOOL with Watt Control ini juga mantap. Dengan Active Energy Control, Anda bisa optimal menghemat listrik. Hebatnya lagi, penggunaan AC LG Inverter ini tak mengurangi kenyamanan penggunanya.LG DUAL COOL with WATT CONTROLKonsumsi listrik sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan pengguna juga diakomodir. Tersedia  empat mode pengaturan konsumsi daya listrik, yakni bekerja 100 persen, 80 persen, 60 persen, dan hanya 40 persen dari kebutuhan listrik seharusnya.

Hanya dengan remote control, pengaturan daya bisa disesuaikan sesuai keinginan. Kemudahan dan fleksibilitas ini yang menjadi nilai tambah AC LG DUALCOOL with Watt Control. Anda pun bisa dengan bijak mempertimbangkan temperatur lingkungan dan beban ruang di dalamnya.

Cara kerja AC inverter LG

Cara Kerja AC Inverter

Penasaran? Begini cara kerja AC inverter LG tersebut. Misal, Anda pemilik AC LG DUALCOOL with Watt Control tipe E06SV4 (Smart Model) berkapasitas 1/2 PK, 495 Watt. Anda bisa mengatur 80 persen penggunaan dengan cara menekan tombol Watt Control pada remote. Seketika daya yang dikonsumsi berubah menjadi 419 Watt. Anda pun bisa menghemat hingga 76 Watt (setara dengan TV LED 32 inch).

Pun, ketika Anda melakukan dua kali tekan tombol Watt Control. Penghematan daya sebesar 60 persen pun bisa dilakukan. Daya yang dikonsumsi hanya 312 Watt. Artinya,  Anda menghemat 183 watt (setara dengan mesin cuci front loading 7 kg).

AC LG Inverter DUAL COOL with WATT CONTROL

Begitu pula dengan penghematan daya hingga 40 persen. Anda cukup menkan tombol Watt Control sebanyak tiga kali. Otomatis daya yang dikonsumsi hanya 215 watt. Anda pun bisa berhemat hingga 280 Watt.

Sekadar info, harga AC inverter LG DUALCOOL with Watt Control cukup terjangkau. Bila dibandingkan dengan hematnya  penggunaan setiap harinya. So, Anda yang memang sedang mencari AC Inverter LG, tak ada salahnya berburu di daftar AC LG DUALCOOL with Watt Control di list produk Kami.

 

Artikel Lainnya

Komentar