AC LG DUAL COOL with Watt Control, Solusi AC Hemat Listrik

Oleh Tedi Yuni A updated Jumat, 21 Des 2018 | 09:16

LG DUAL COOL

Biasanya ada tiga masalah utama ketika memiliki Air Conditioner (AC) di rumah yang membuat pemiliknya harus menanggung rugi sepanjang pemakaian AC tersebut.

Masalah yang biasa dihadapi pemilik AC adalah: 

  • Tagihan listrik yang melonjak diakhir bulan
  • AC tidak dingin sama sekali meski sudah lama menyala
  • AC berisik sehingga mengganggu kenyamanan beristirahat
  • AC keluar air atau AC netes air

Seperti kita tahu, ada banyak pilihan AC di pasar yang menawarkan solusi AC hemat listrik, seperti AC Low Watt. Ini adalah tipe AC yang tepat untuk menghemat listrik di rumah. Tapi sayangnya, pendinginannya cukup lama.

Lalu ada AC standar, memang proses pendinginannya cepat karena kompresornya akan terus menyala sampai mencapai suhu yang diinginkan dan kompresor akan otomatis mati. Dan akan kembali menyala jika suhu ruang meningkat yang ditandai bunyi khas pada AC.

fast cooling

Kerja kompresor ini terus berulang selama AC dihidupkan dan membutuhkan energi listrik untuk menghidupkan kembali kompresornya yang berakibat konsumsi listrik menjadi tinggi. Maka dari itu, AC standar bisa dibilang sangat boros listrik sehingga tagihan listrik membengkak di akhir bulan.

Sekarang  yang banyak beredar di pasar adalah AC inverter, pendinginannya cepat, listrik juga tetap hemat, karena AC inverter otomatis menyesuaikan kecepatan kompresornya sesuai perubahan suhu ruangan.

Jadi kompresor tidak benar-benar mati, kompresor hanya melambatkan putaran sesuai suhu ruangan. Kompresor yang tidak mati dan hidup inilah yang membuat pemakaian daya listrik semakin hemat. Bukan hanya itu, hal ini menyebabkan kinerja AC juga stabil dan tidak menimbulkan suara berisik ketika AC sedang bekerja.

AC inverter sangat direkomendasikan bagi yang mendambakan AC yang bagus karena memberikan udara yang segar untuk kita hirup sepanjang waktu di rumah dan sangat hemat listrik karena daya konsumsinya sangat rendah.

AC LG Inverter 

LG SmartThinQ AC DUAL COOL with CONTROL WATT

Salah satu pemain AC inverter adalah LG. Pabrikan asal Korea ini menguasai 63% pasar AC inverter di Indonesia dengan hadirnya AC inverter LG DUAL COOL Series. Seri ini sangat cocok untuk iklim tropis di Indonesia.

AC inverter tipe ini menggunakan teknologi putaran ganda (dua kompresor) yang membuat AC lebih hemat energi dan lebih cepat dingin. Menariknya, teknologi putaran ganda atau dua kompresor ini disematkan mulai dari varian terendah ½ PK, 1 PK hingga 2 PK.

Jadi kita bisa menyesuaikan pemakaian berapa PK untuk ruangan di rumah. Anda pun bisa mengatur AC ini melalui smartphone. Mematikan AC bisa langsung dilakukan melalui handphone pemiliknya saat sedang berada di luar rumah.

Hadirnya AC inverter LG DUAL COOL series ikut menjadi solusi AC hemat listrik yang dulunya hanya dimiliki kalangan tertentu saja karena harganya yang tidak terjangkau dan menepis keraguan kalau AC inverter hanya digunakan untuk ruangan yang lebih besar.

Makin Hemat Listrik dengan Hadirnya Fitur Watt Control

AC LG DUAL COOL with WATT CONTROL

Generasi paling terbaru dari seri ini adalah LG DUAL COOL with Watt Control. Pendinginannya diklaim lebih cepat, hanya membutuhkan waktu 3 menit untuk mendinginkan ruangan. Ditambah 4 fitur pilihan konsumsi energi, dimana kita bisa mengatur daya listrik AC sesuai kebutuhan melalui remote AC, mulai dari 100%, 80% , 60% sampai 40%, sehingga kita bisa lebih berhemat.

Misalnya saja kita menggunakan AC LG DUAL COOL with Watt Control dengan pemakaian daya 60%. Artinya kita sudah mengubah konsumsi daya listrik menjadi 312 watt dari sebelumnya 495 watt. Kita bisa menghemat penggunaan konsumsi listrik sebesar 183 watt. Hal ini setara dengan pemakaian mesin cuci top loading 7 kilogram. Kita tak perlu ragu listrik akan mati ketika menyalakan AC berbarengan dengan mesin cuci.

AC LG inverter ini sangat cocok digunakan untuk penghematan listrik dalam berbagai kondisi. Baik siang atau kondisi suhu yang sejuk seperti di malam hari. Penghematan akan semakin besar saat daya listrik diturunkan. Membayar uang lebih besar di awal untuk sebuah AC inverter sangat layak jika Anda menggunakan AC sepanjang tahun.

AC Inverter Terbaik

AC LG Inverter

Ada beberapa tipe pilihan tipe untuk AC LG DUAL COOL, mulai dari tipe Deluxe, Smart, dan Eco. Berikut penjelasan dari ketiganya : 

1. LG DUAL COOL with Watt Control-Deluxe

Merupakan AC inverter LG hemat listrik dengan fitur ionizer, yang menjaga kulit tidak kering. Jadi Anda bisa berlama-lama di ruang ber-AC tanpa kuatir membuat kulit kering.

2. AC inverter LG Dual Cool-Smart 

Merupakan AC hemat energi dengan optimalisasi kerja dan mencegah debu kotor terhirup pengguna. Terbukti hemat listrik dengan teknologi inverter terkini.

3. LG DUAL COOL with Watt Control-Eco

Merupakan AC hemat listrik dengan inverter yang dilengkapi teknologi Microdust sehingga Anda bebas menikmati udara sejuk tanpa takut debu dan membuat AC anti bakteri.

Bukan hanya menawarkan penghematan listrik, LG juga memberikan jaminan purna jual pada AC inverter milik mereka. Untuk kenyamanan penggunaan, LG memberikan garansi 10 tahun pada kompresornya. Ada juga garansi khusus bagi PCB AC tersebut sepanjang 2 tahun pemakaian.

Artikel Terkait

Komentar