Diperbaharui pada Jumat, 26 Oktober 2018 | 20:06

Samsung Galaxy Watch 46mm, Desain Kece Performa Ok

 

Samsung memberikan sentuhan refresh untuk jajaran Galaxy Wear nya. Adalah Samsung Galaxy Smartwatch 46mm yang kali ini hadir di meja uji pricebook.co.id. Sejatinya, dipasaran juga terdapat versi  Samsung Galaxy watch S4 42mm yang sangat kece jika dipergunakan oleh wanita karena ukurannya tidak terlalu besar.

Secara keseluruhan. Samsung mencoba untuk menampilkan kesan elegan yang selama ini mereka sematkan di setiap device andalan mereka menjadi sedikit lebih gahar. Hal tersebut dapat terlihat jelas dari rupa desain yang ditampilkan. Baik UI dan sistem pengaturannya pun cukup mudah dan sangat familiar bagi pengguna.

Daripada penasaran seperti apa jelasnya tampilan dan performa dari Samsung Galaxy Watch 46mm ini, Anda mungkin bisa melihat referensi harga di pricebook.co.id. Tapi sebelum itu, baca terlebih dahulu reviewnya.

Desain

Lekuk dan juga bulatan yang ditampilkan oleh Samsung melalui Smartwatch 46mm mereka kali ini cukup tegas. Bahkan ketika digenggam dengan tangan, garis lengkungannya sangat terasa di tangan. Jika Anda pernah mengenal jam analog pria yang bermodel classic, Anda pasti cukup nyaman menggunakan smartwatch ini.

Tampilan muka, kesan macho terpampang disana. Bulatan penunjuk menit atau yang biasa disebut dengan rotating bezel bisa digunakan sebagai pengatur jika diputar ke kiri dan ke kanan. Anda juga bisa melihat pesan yang masuk dari smartphone pada layar smartwatch Anda melalu grip putaran tersebut.

Di bagian belakang terdapat sensor yang digunakan smartwatch tersebut untuk membaca kondisi tubuh Anda. Sensor tersebut tersinkronisasi dengan aplikasi Samsung Wear yang ada pada smartphone Anda.

Di bagian sisi terdapat dua buah tombol untuk membantu kerja rotating bezel dalam mengatur smartwatch. Material yang digunakan terbuat dari stainless, kokoh dan kuat, dan yang pasti layarnya sudah dibekali dengan Super Amoled 1,3 inci. Untuk perlindungan, jangan kuatir karena Samsung membekalinya Corning Gorilla Glass seperti standar smartphone yang mereka miliki.


Fitur

Bicara tentang fitur, Samsung cukup detail dalam memberikan kenyamanan bagi para penggunanya. Mulai dari konektivitas bluetooth, IP68 yang menjadikan smartwatch ini anti debu dan air, hingga kebisaannya digunakan untuk berenang selama 30 menit dengan batas kedalaman 50 meter.

Nah, untuk fitur ini pasti semua orang yang pernah mencicipi smartwatch sudah paham betul. Adalah bisa langsung membalas pesan tersebut dari layar tersebut dengan beberapa pilihan template balasan. Selain template Anda dapat menulis sendiri pesan yang ingin Anda balaskan. Caranya tidak terlalu mudah karena huruf diketik dengan gesture jari yang menuliskan huruf per huruf pada layarnya yang cukup kecil. Hal tersebut tidak sangat kami anjurkan karena selain repot dan memakan waktu lama, metode pengetikan dengan gesture yang diberikan sangat tidak efektif.

Anda juga bisa menjawab panggilan melalui jam, suara akan keluar dengan speaker yang ada pada jam. Fitur ini tergantung pada preferensi masing-masing orang karena panggilan dengan suara speaker berguna pada suatu waktu dan bisa menjadi cukup merusak privasi pada waktu yang lain. Standar Militer MIL-STD-810G yang dimiliki serta perpaduannya dengan corning gorilla glass++ yang dipunya sangat membuat tenang ketika tanpa sengaja terbentur.

Untuk fitur lain, smartwatch ini terintegrasi dengan aplikasi Galaxy Wearable milik Samsung. Anda juga dapat mengintegrasikan device ini dengan aplikasi kesehatan Samsung Healthy milik Samsung. Untuk fitur sinkronisasi pesan dan lain-lain, sudah pasti diatasi dengan baik oleh smartwatch ini. Namun pastikan smartphone Anda tidak dalam kondisi airplane, karena sambungannya akan terputus. Tapi jangan khawatir, sambungan akan kembali tersambung secepat seperti saat terputus.

Performa

Pengalaman dengan tingkat aktivitas sedang selama penulis menggunakan Samsung Galaxy Watch bisa dikatakan memuaskan. Baterainya tahan lama seperti apa yang iklan katakan, bertahan lebih dari 4 hari tanpa charger dengan mode normal, kurang lebih 102 jam. Bisa dibayangkan, dengan mode power saving pasti lebih dari ini. waktu pengecasan terbilang lumayan yaitu kurang lebih 2 jam untuk terisi penuh dari 0%. Memang tak sebesar baterai smartphone, karena jam tangan pintar ini hanya dilengkapi baterai sebesar 472 mAh. Namun selama penggunaan, baterainya cukup mampu menunjang aktivitas penguji hingga 5 hari lamanya hingga benar-benar 0.

Jam ini bisa membantu pengguna untuk tetap aktif yaitu dengan mendeteksi aktivitas kita setiap jamnya. ketika kita sudah lebih dari 1 jam tidak aktif ada mode yang menawarkan short strecthing seperti  torso twist, squats dan beberapa alternatif lainnya.

untuk sinkronisasi antara jam dengan Galaxy Wearable pun dapat diandalkan. Pada waktu tidur yang telah Anda setting sebelumnya pada Samsung health, jam ini menawarkan untuk mengaktifkan mode tidur dengan pilihan "aktifkan 30 menit lagi" atau "aktifkan sekarang". Kemudian setelah Anda airplane mode perangkat hp Anda, galaxy watch akan terputus kemudian dan kembali menyambung dengan cepat ketika mode airplane dimatikan.

Notifikasi yang masuk akan menyesuaikan settingan gadget kita. Artinya, settingan notifikasi seperti aplikasi chatting yang di private tidak akan muncul kata-katanya pada layar jam dan sebaliknya, aplikasi yang tidak di private screen previewnya akan muncul pada layar jam.

Untuk pengkoneksiannya sendiri, Anda tidak perlu harus membeli perangkat HP Samsung Galaxy. Karena dari hasil uji yang ada, Samsung Galaxy Watch 46mm ini mampu terkoneksi dengan perangkat smartphone selain Samsung. Penguji mencobanya di beberapa hp sebelum benar-benar bisa memberi kepastian ini.

Kriteria Spesifikasi
Screen Size 1.3 inch
Screen resolution 360 x 360 Pixel
OS Tizen OS
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Kekurangan

  • Strip mudah buat tangan berkeringat
  • Mengetik dengan gesture kurang nyaman

Kelebihan

  • Bisa digunakan pada device selain Samsung
  • NFC
  • Anti air

Kesimpulan

Samsung Galaxy Watch 46mm ini penguji rasa cukup pas jika digunakan untuk sehari hari maupun untuk kebutuhan fashion dan style. Desainnya yang macho dan elegan serta fiturnya yang padat dan ketahan baterai yang mumpuni mampu memberikan kesan simple bagi kalian yang sibuk untuk sekedar mengangkat telepon genggam Anda.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1641 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.