Diperbaharui pada Rabu, 3 Oktober 2018 | 12:15

Kelebihan Prosesor Kirin 980, Lebih Powerfull dari Kirin 970

prosesor kirin 980
Seperti yang diketahui, belum lama ini Huawei telah meluncurkan prosesor terbaru dalam model Kirin 980. Istimewanya, Huawei menjadi vendor pertama yang meluncurkan chipset 7nm secara komersial. Dibandingkan pendahulu dan bahkan pesaingnya, Kirin 980 diklaim memberikan peningkatan performa yang signifikan. 

Kirin 980 memang diciptakan dengan peningkatan signifikan dibandingkan dengan pendahulunya, Kirin 970, maupun pesaingnya yaitu Snapdragon 845 dan A11 (digunakan perangkat milik Apple). Saat meluncurkan Kirin 970 pada 2017 lalu menjadi chipset pertama yang mengusung On-Device AI dengan Neural-network Processing Unit (NPU) yang dedicated.

Dan kini dengan Kirin 980, Huawei memastikan konsumen mendapatkan chipset kelas flagship terbaik. Dimana sebelum dihadirkan secara massal, Huawei mengumpulkan lebih dari 1000 pakar desain dan proses semikonduktor senior, melakukan riset selama 36 bulan dan menghasilkan lebih dari 5000 prototipe yang sudah divalidasi.

kirin 980
Kelebihan Kirin 980  

1. Kecepatan Meningkat 20 Persen

Dibandingkan chipset yang diproduksi dengan teknologi 10nm, chipset 7nm memungkinkan peningkatan kecepatan sampai 20 persen, peningkatan efisiensi daya sampai 40 persen, 1,6 kali densitas logic, dan memungkinkan jumlah muatan transistornya 3,5 kali lebih banyak.

2. Lebih Hemat Daya 

Apabila dibandingkan dengan Kirin 970, performa Kirin 980 sebagai SoC pertama di dunia yang dibangun berbasiskan CPU Cortex-A76 telah ditingkatkan sampai 75 persen dan efisiensi daya ditingkatkan sampai 58 persen. Dengan kemampuan itu, Kirin 980 akan menghasilkan perangkat mobile yang memiliki kinerja lebih tinggi, efisiensi daya yang lebih besar, dan desain yang kompak. 

3. Performa Grafis yang Meningkat

Dari sisi performa untuk gaming, chipset ini juga yang pertama di dunia memakai Mali-G76 GPU yang inovatif. Dibandingkan versi sebelumnya, Mali-G76 GPU sudah mengalami peningkatan performa setinggi 46% dan efisiensi daya 178%. Dengan begitu, GPU ini menyajikan pengalaman memainkan massively multiplayer online games (MMOGs) tanpa hambatan.

Untuk menguji kemampuan chipset ini dalam menghadirkan pengalaman gaming dalam berbagai skenario, seperti di jalur kereta api cepat, di kereta bawah tanah, jalan tol, dan kawasan bisnis nan padat, tim chipset Kirin telah merekrut 100 gamer kelas berat untuk menguji chipset itu selama 30.000 jam di 50 kota besar di seluruh dunia. Hasil pengujian ini menjadi masukan yang berarti sehingga tim Kirin berhasil menciptakan chipset yang mampu menghasilkan pengalaman gaming yang mulus dan bebas lag. 

4. Dual NPU 

Kirin 980 juga didukung oleh mobile DDR LPDDR4X tercepat di dunia dengan kecepatan sampai 2133MHz, 14% lebih cepat dibandingkan rata-rata industri dan latensi yang jauh lebih rendah, serta yang pertama mengintegrasikan dual NPU. Dengan dual NPU dan tenaga komputasi yang terkuat saat ini, Kirin 980 mendukung fitur facial recognition, object recognition, object detection, image segmentation, intelligent translation, dan banyak lagi yang berbasis AI.

Ia memiliki jaringan neural yang dalam dan sangat presisi serta performa real-time yang tak tertandingi. Kirin 980 mampu mengenali 4500 gambar per menit, 120 persen lebih cepat ketimbang Kirin 970 dan jauh lebih tinggi dibandingkan rata-rata industri pada tahun lalu.

5. Dukungan Modem LTE Cat.21 

Dengan dukungan pada modem LTE Cat.21, Kirin 980 ini menyajikan konektivitas komunikasi paling stabil dan paling cepat di dunia, pada berbagai skenario komunikasi yang kompleks. Kecepatan download-nya adalah yang tercepat di industri, yaitu 1,4 Gbit per detik.

Kirin 980
Hp Huawei dengan Kirin 980

Kabarnya, hp Huawei yang akan menggunakan prosesor Kirin 980 adalah Huawei Mate 20 dan Mate 20 Pro. Kedua hp Huawei terbaru ini rencananya akan diluncurkan Oktober 2018 ini. Selain itu, Honor Magic 2 juga sepertinya akan ditenagai Kirin 980, namun dengan waktu peluncuran yang belum diketahui. Kita tunggu saja.

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2423 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.