Diperbaharui pada Kamis, 13 September 2018 | 10:57

Ini 3 Smartphone Apple Terbaru, Selamat Tinggal Home Button!

3 iphone terbaru

Setelah lama ditunggu-tunggu, akhirnya Apple resmi meluncurkan smartphone iPhone terbaru kemarin. Menariknya, Apple tidak meneruskan varian produk iPhone 8, melainkan hanya iPhone X saja.

Tidak hanya satu atau dua produk smartphone baru saja, Apple meluncurkan versi update iPhone X dalam 3 varian langsung. Ketiga smartphone ini adalah iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR. Semua produk ini sudah hadir dengan layar yang besar.

Seperti apa keunggulan dari iPhone XS Max, iPhone XS, dan iPhone XR? Berikut ini ulasannya:

iPhone XS Max

iphone xs max

IPhone XS Max adalah seri iPhone dengan layar terbesar dalam sejarah Apple dengan ukuran 6,5 inch berteknologi AMOLED. Meneruskan kesuksesan iPhone X yang hadir tanpa bezel, iPhone XS Max hadir dengan rasio aspek layar 19,5: 9 yang tinggi dan memiliki notch.

Dengan rasio layar yang besar, ukuran dari iPhone XS Max mirip dengan iPhone 8 Plus yang hanya memiliki layar 5.5 inch. Dengan layar yang lebih besar, tentu akan membuat pengalaman dalam bermain game dan menonton video akan menjadi lebih puas.

Layar "Super Retina" terbaru juga masih mempertahankan kepadatan piksel di angka 458ppi yang dimiliki iPhone X tapi punya resolusi lebih besar yaitu 1,242 x 2,688 pixel. Untuk pengoperasian yang lebih mulus, lapisan penginderaan layar sentuh iPhone XS Max berjalan pada 120Hz.

Layar iPhone XS Max juga mendukung HDR10 dan Dolby Vision, tetapi dynamic range di layar hp ini telah ditingkatkan hingga 60%. Apple juga menghilangkan sensor Touch ID dan tetap mempertahankan sensor Face ID sebagai satu-satunya metode otentikasi biometrik.

Apple menjamin kalau fitur Face ID ini sudah diperbaharui sehingga mampu mengenali wajah pengguna lebih cepat dari generasi pertama. Untuk kamera, Apple masih mempertahankan resolusi dual kamera utama yang masing-masing 12MP.

Walau begitu, sensor yang digunakan sudah diganti dan hadir dengan piksel yang lebih besar sampai 1.4μm, naik dari 1.22μm yang dipakai pada iPhone X. Bukaan lensa utama tetap di f/1.8, sementara untuk lensa telefoto menggunakan bukaan f/2.4 dengan 2x zoom optik dan memiliki OIS.

Pada kamera depan, Apple masih mempertahankan resolusi 7MP f/2.2. Untuk dapur pacu, Apple memasang chipset terbaru A12 Bionic yang dikombinasikan dengan RAM 4GB dan ROM 64GB, 256GB, dan 512GB. Kemampuan chipset ini diprediksi akan mengalahkan Snapdragon 845 yang banyak dipakai oleh smartphone flagship Android 

iPhone XS Max memiliki sasis baja anti karat dan formulasi baru untuk kaca anti goresnya yang Apple klaim sebagai yang terkuat dari semua smartphone saat ini. Apple juga meningkatkan sertifikasi tahan air dan debu pada iPhone XS Max menjadi IP68, yang membuatnya bisa bertahan selama setengah jam di bawah air sedalam 2 meter air.

iPhone XS

iphone xs

Apple iPhone XS bisa dibilang merupakan model S yang sebenarnya dari iPhone X, karena Apple relatif lebih sedikit melakukan perubahan pada smartphone ini dibanding iPhone X. Di mana, Apple masih mempertahankan penggunaan layar di iPhone X pada iPhone XS yang berukuran 5.8 inch AMOLED dan beresolusi 1125 x 2436 pixel.

Untuk dapur pacu, smartphone ini sudah memakai chipset Apple A12 Bionic dengan RAM 4GB dan varian ROM 64GB, 256GB, dan 512GB. A12 Bionic juga merupakan chipset 7nm pertama yang muncul di pasaran. Chipset ini punya fitur desain 6-core, 2 yang besar dan 4 yang kecil.

A12 Bionic juga masih punya 4 core GPU dan mesin neural 8 core neural engine yang dirancang langsung oleh Apple. Apple mengatakan, dibanding A11 bionic, 2 core besar di A12 15% lebih cepat dan 4 core kecilnya 40% lebih hemat daya.

GPU di A12 juga menawarkan kinerja 50% lebih tinggi dan punya bandwidth memori lebih tinggi berkat lossless compression. Neural engine di A12 juga hanya memiliki 2x jumlah inti dari A11, tetapi perubahan ini sudah cukup untuk membuat A12 dapat melakukan 5 triliun operasi, naik dari 600 miliar.

Apple juga meningkatkan sertifikasi anti air dan debu menjadi IP68 serta menaikkan speaker stereo untuk memberikan suara yang lebih luas. Untuk urusan warna, baik iPhone XS Max dan iPhone XS masih hanya menyediakan 3 varian warna saja yaitu Emas, Silver dan Space Grey (abu-abu). Apple memperkenalkan fungsi Dual SIM ke iPhone-nya ini.

iPhone XR

iphone xr

IPhone XR adalah varian terakhir dari versi update iPhone X, dan dikatakan sebagai iPhone X versi murah. Ukuran layar dari smartphone ini lebih besar dari iPhone X yaitu 6.1 inch namun hanya berteknologi IPS LCD dan punya resolusi lebih kecil 828 x 1792 pixel

Walau begitu, rasio layar hp ini sudah 19,5:9 dan punya kerapatan pixel sama seperti iPhone 8 yaitu 326ppi. Panel IPS LCD iPhone XR juga sudah mendapatkan refresh rate 120Hz dan gamut warna yang lebih luas dari iPhone lain berlayar AMOLED.

Apple tidak menggunakan konfigurasi dual kamera pada iPhone XR. Smartphone ini hanya menggunakan satu lensa kamera utama beresolusi 12 MP f/1.8, hal ini menjadikan iPhone XR lebih tepat disebut sebagai penerus iPhone 8. Sementara kamera depan beresolusi sama seperti dua saudaranya di atas.

Untuk urusan performa, Apple tidak melakukan penurunan karena hp ini sudah disematkan chipset A12 bionic, tapi punya RAM lebih kecil 3GB dengan ROM 64GB, 128GB, dan 256GB. Apple juga melepas penggunaan sensor pembaca sidik jari dan hanya menggunakan sensor Face ID sebagai fitur keamanannya.

IPhone XR juga kembali membangkitkan salah satu hal menari dari iPhone 5c yang menghadirkan varian warna lebih banyak. Di mana iPhone XR akan menggunakan  dengan eksteriornya yang berwarna cerah. Apple menawarkan biru, kuning, coral, hitam, dan merah.

Like us!
Rizki Abadi

Contributor

300 Posts