Diperbaharui pada Rabu, 29 Agustus 2018 | 10:16

OPPO F9 vs Huawei Nova 3i, Mana yang Lebih Unggul?

Image via YouTube

Memasuki paruh kedua di tahun 2018, kita makin banyak disuguhkan oleh daftar smartphone terbaru yang masuk ke pasar Indonesia. Di mana semua smartphone yang masuk menawarkan spesifikasi yang menggiurkan untuk dibeli.

Bulan lalu misalnya, Huawei meluncurkan smartphone terbaru yaitu Nova 3i. Smartphone ini merupakan yang pertama kali memakai chipset terbaru HiSilicon Kirin 710 yang merupakan penerus dari Kirin 659.

Lalu di bulan Agustus, hanya berselang 5 bulan setelah peluncurkan OPPO F7, OPPO kembali meluncurkan versi update hp tersebut lewat produk OPPO F9. Ada banyak fitur menarik yang membuat hp ini layak untuk dibeli.

Menarik untuk membahas kedua hp ini, karena baik Huawei Nova 3i dan OPPO F9 memiliki spesifikasi yang sangat bisa bersaing di pasar Indonesia. Mau tahu seperti apa perbedaan spesifikasi dari kedua hp ini? Berikut pembahasannya.

Desain

oppo f9 vs nova 3i

Dari segi desain, Huawei Nova 3i hadir dengan desain kamera ala iPhone x yang konfigurasi dual kameranya disusun secara vertikal. Huawei memberikan 3 varian warna mencolok pada Nova 3i, yaitu Black, Pearl White, Iris Purple.

Sedangkan OPPO F9 hadir dengan konfigurasi dual kamera yang baru kali ini disematkan OPPO pada produk F Series. Dari segi warna, untuk varian warna merah dan biru, OPPO memberikan desain warna yang cantik lewat gradasi berbentuk berlian, selain itu notch di layar OPPO F9 juga sangat kecil dan berbentuk seperti tetesan air.

Menariknya, kedua smartphone ini masih menawarkan fitur jack audio 3,5mm yang mulai banyak ditinggalkan oleh banyak produsen.

Layar

oppo f9 vs nova 3i

Kedua smartphone sama-sama menawarkan layar ukuran 6.3 inch berteknologi IPS. Yang membedakan keduanya terletak pada bagian rasio layar. Di mana rasio layar dari Huawei Nova 3i berada di angka 82.2%, sementara OPPO F9 punya rasio 84%.

Salah satu penyebabnya karena notch yang dimiliki OPPO F9 jauh lebih kecil dari Huawei Nova 3i. OPPO membuat notch baru di OPPO F9 yang berbentuk seperti tetesan air. Hal inilah yang membuat rasio layarnya menjadi lebih besar.

OS

oppo f9 vs nova 3i

Dari sisi OS, baik Huawei Nova 3i dan OPPO F9 sudha hadir dengan OS Android 8.1 Oreo. Yang membedakan keduanya adalah user interface yang dimiliki. Di mana Huawei Nova 3i menggunakan EMUI 8.2 dan OPPO F9 menggunakan ColorOS 5.2 yang lebih ramah pengguna dibandingkan versi sebeumnya.

Performa

oppo f9 vs nova 3i

Seperti yang sudah disebutkan, Huawei Nova 3i adalah hp pertama yang menggunakan chipset Kirin 710 berkecepatan 2,2 GHz yang berpadu dengan grafis Mali-G51 MP4. Kirin 710 ini menggunakan proses manufaktur 12nm yang unggul dalam hal efisiensi tenaga. Huawei Nova 3i mengombinasikan RAM 4GB dan ROM 128GB.

Sedangkan OPPO F9 masih mengandalkan Mediatek Helio P60 yang sudah dipakai di OPPO F7. Dari segi kecepatan, OPPO F9 sedikit kalah dari Kirin 710, namun dari segi GPU, OPPO F9 lebih unggul melalui GPU Mali-G72 MP3. Untuk RAM dan ROM, OPPO menggunakan ukuran 4GB 64GB dan 6GB 64GB. Kedua smartphone ini menyediakan fitur slot microSD sampai 256GB.

Kamera

oppo f9 vs Nova 3i

Huawei Nova 3i adalah hp yang dilengkapi dengan 4 buah kamera, yaitu dua di belakang dan dua di depan. Untuk dual kamera di bagian belakang sudah beresolusi 16 MP (f/2.2) + 2 MP dengan fitur PDAF, Contrast Detection Auto Focus (CDAF). Sedangkan dual kamera depan beresolusi 24 MP + 2 MP dengan fixed focal length. Dan peningkatan terpenting dari Nova 3i kameranya sudah dilengkapi teknologi Ai.

Sementara OPPO F9 merupakan hp OPPO dari seri F pertama yang menggunakan dual kamera utama. Konfigurasi dual kamera belakang sama seperti Nova 3i, yaitu 16MP + 2MP. Namun, teknologi yang digunakan lebih unggul karena bukaan lensa !6MP-nya sudah F/1.8 dan lensa 2MP nya menggunakan bukaan F/2.4.

Pada kamera depan, OPPO F9 menggunakan satu lensa saja beresolusi 25MP F/2.0. Fitur kamera dari OPPO F9 sudah disematkan fitur AI Beauty 2.1.

Baterai

Dari sisi baterai, Huawei Nova 3i sudah dibekali dengan baterai berkapasitas 3340 mAh. Sementara OPPO F9 lebih unggul dengan mengandalkan baterai beresolusi 3500 mAh. Tidak hanya dari sisi kapasitas baterai saja, OPPO F9 juga masih memiliki VOOC Flash Charge.

VOOC Flash Charge adalah fitur flash charge buatan OPPO yang mampu mengisi baterai sampai 75% dalam waktu 30 menit saja. Sangat unggul dibanding fitur fast charging lainnya.

Kesimpulan

Nama Harga di Pasaran Ukuran Layar Detail Prosesor OS Version RAM Memori Internal GPU Resolusi Kamera Belakang Kapasitas Baterai
OPPO F9 RAM 4GB Rp 1.875.000 6.3 inch Helio P60 8.1 4 GB 64 GB Mali-G72 MP3 16 MP 3500 mAh
Huawei Nova 3i RAM 4GB ROM 128GB Rp 3.075.000 6.3 inch Kirin 710 8.1 4 GB 128 GB Mali-G72 MP12 16 MP 3340 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Perbandingan spesifikasi antara kedua hp ini hanyalah di atas kertas saja, karena pada akhirnya kamu lah yang akan menentukan hp mana yang akan dipilih dan kemampuan asli dari spesifikasi masing-masing hp masih harus melewati tes lebih lanjut.

Secara keseluruhan, kedua hp memiliki spesifikasi yang bersaing. Keunggulan OPPO F9 dibanding Huawei Nova 3i terletak di bagian baterai yang kapasitasnya lebih besar dan sudah dilengkapi dengan VOOC Charge. Karena ini membuat hp ini lebih berguna pada saat dibutuhkan oleh pengguna yang punya mobilitas tinggi.

Like us!
Rizki Abadi

Contributor

300 Posts