Apple Kembangkan Wireless Charge Berteknologi Baru, Diluncurkan Tahun Ini?

Oleh Rizki Abadi updated Selasa, 21 Agu 2018 | 15:19

Wireless Charge Berteknologi Baru apple

Waktu peluncuran smartphone terbaru Apple sudah semakin dekat, walau belum ada informasi mengenai tanggal peluncuran hp ini. Namun, desas-desus informasinya terus berhembus, kali ini muncul informasi dari China Times yang menyebutkan bahwa iPhone 2018 terbaru akan memiliki kumparan pengisian nirkabel terbaru.

Penggunaannya ditujukan untuk mendukung pengisian daya secara nirkabel dengan lebih cepat. Diharapkan setidaknya satu dari beberapa varian produk iPhone yang akan diluncurkan pada 2018 akan memiliki fitur pengisian nirkabel terbaru ini. Apple membuat kumparan pengisian nirkabel baru ini menggunakan koil tembaga, tidak dengan FPC.

Penggunaan koil tembaga dikatakan adalah untuk mendapatkan arus yang lebih kuat secara nirkabel. Walau kelemahan penggunaan koil adalah ia membutuhkan lebih banyak ruang, tetapi di sisi lain mampu menghasilkan lebih sedikit panas yang berguna untuk meningkatkan efisiensi pengisian.

Pengisian daya nirkabel sendiri dianggap masih tidak akan lebih cepat daripada menggunakan koneksi fisik konvensional yang cenderung stabil. Namun, keunggulan dari charging secara wireless terletak dari sisi kenyamanan, karena kita dapat mengisi ulang baterai hp saat duduk melakukan aktivitas tanpa harus repot dengan kabel.

Saat ini, hanya ada tiga produsen besar saja yang menciptakan charging wireless, yaitu Apple, LG, dan Samsung. Produsen lain belum mau fokus untuk menciptakan pengisian nirkabel karena standar pengisian cepat dengan menggunakan Quick Charge atau USB-Power Delivery dianggap jauh lebih baik.

Ada kemungkinan Apple akan mengumumkan pembaruan pengisian daya nirkabel baru ini lebih cepat bersama perangkat Mat AirPower yang sudah lama ditunggu-tunggu. Kabarnya Apple ingin AirPower Mat berfungsi dengan sempurna sebelum dirilis ke pasar.

Mat AirPower adalah wireless charging pad buatan Apple. Di masa depan, pengembangan pengisian daya hp secara nirkabel diprediksi akan menjadi pengganti dari pengisian dengan menggunakan kabel yang dipakai saat ini.

Walau kecepatan pengisiannya masih dibilang tidak cepat, Dengan riset dan pengembangan produk yang cepat sekarang ini, bukan tidak mungkin di masa depan akan ada wireless charge yang bisa secepat menggunakan kabel.

Artikel Lainnya

Komentar

Krisantus lasa eko Rabu, 22 Agu 2018 | 07:33
Ok
Ahmad Sahidu Kiftiyadin Kamis, 23 Agu 2018 | 11:22
Good