OPPO Find X vs Samsung Galaxy Note 9, Adu Spesifikasi 2 Smartphone Istimewa 2018

Oleh Rizki Abadi updated Jumat, 10 Agu 2018 | 11:36

Persaingan smartphone kelas flasghip tampaknya akan semakin panas di tahun 2018 ini setelah Samsung secara resmi meluncurkan Galaxy Note 9 kemarin di Amerika Serikat. Penerus dari Galaxy Note 8 membawa sejumlah peningkatan spesifikasi dibanding pendahulunya itu.

Namun, sebelum meluncurkan Galaxy Note 9, OPPO sudah lebih dulu meluncurkan smartphone Find X yang sangat inovatif lewat fitur kamera pop up yang bisa bersembunyi dan punya rasio layar hampir 100%.

Namanya juga smartphone flagship, tentu spesifikasi yang diusung keduanya tidak main-main. Karena dari tipe inilah, nama besar perusahaan pembesutnya ditampilkan melalui segala keunggulan spesifikasi dan desainnya.

Oppo Find X sudah lebih dulu masuk Indonesia baru-baru ini, dan kemungkinan besar Galaxy Note 9 akan segera menyusul karena Samsung selalu membawa versi Galaxy Note sebelumnya ke Indonesia. Nah, bagaimana dengan gambaran spesifikasinya? Berikut kami berikan perbandinga spesifikasi dari OPPO Find X dan Samsung Galaxy Note 9:

Desain

Dari segi desain kedua hp sudah tidak perlu diragukan lagi, karena kedua pabrikan mengerahkan segala kemampuan terbaiknya untuk mendesain kedua hp ini. Oppo Find X tampilan sangat elegan dengan desain melengkung di bagian belakang. Ada tombol power di sebelah kanan dan tombol volume di kiri. Di bawahnya pengguna akan melihat port USB-C, speaker dan SIM tray.

Sementara Samsung Galaxy Note 9 melakukan sejumlah perubahan desain dibanding dengan membuat ukuran layar menjadi lebih besar. Di samping itu, penempatan sensor sidik jari sudah dipindah dari yang tadinya di sebelah kamera menjadi di bawahnya.

Layar

Untuk urusan layar, OPPO Find X dan Samsung Galaxy Note 9 sama-sama menggunakan panel Amoled. Bedanya, dari segi ukuran OPPO Find X hadir sedikit lebih besar yaitu 6.42 inch beresolusi 1080 x 2340 pixel rasio 19.5:9.

Sementara Samsung Galaxy Note 9 punya layar ukuran 6.4 inch tapi punya resolusi lebih besar yaitu mencapai 1440 x 2960 pixel rasio 18.5:9. Walau kalah dari sisi resolusi, rasio layar lebih besar yang dimiliki OPPO Find X membuatnya memiliki dimensi bodi lebih kecil dari pesaingnya ini.

OS

Dari sisi sistem operasi, kedua pabrikan menggunakan sistem operasi yang sama yaitu Android 8.1 Oreo. Namun baik OPPO dan Samsung sama-sama menyematkan UX-nya masing-masing pada kedua hp.

OPPO Find X menggunakan kustomisasi dari ColorOS 5.1 yang hadir dengan tampilan yang segar dipandang mata. Selain itu, ColorOS ini juga sudah dibuat untuk mengakomodir hp full screen agar lebih mudah digunakan. UI ini juga sudah memiliki fitur AI yang canggih.

Sementara Samsung, kabarnya menggunakan kustomisasi baru yang dinamakan Crown UX. Melansir dari Slashgear, keunggulan dari UI ini adalah menawarkan tampilan antarmuka yang segar dan unik dan mendukung fitur stylus dan kayar besar yang dimiliki Note 9.

Performa

Untuk urusan performa, OPPO Find X sudah menggunakan chipset terbaik dari Qualcomm yaitu Snapdragon 845 yang didampingi dengan RAM 8GB dan ROM 256GB. Sementara Samsung menggunakan dua varian chipset yaitu Exynos 9810 Octa dan Snapdragon 845.

Samsung juga memberikan dua varian RAM dan ROM pada Galaxy Note 9 yaitu 6GB 128GB dan 8GB 512GB. Penggunaan ROM 512GB sendiri bisa dibilang sangat besar, karena umumnya pabrikan hanya menyematkan ROM paling besar hanya 256GB.

Sayangnya, bila hp ini masuk ke Indonesia, kemungkinan yang masuk adalah versi chipset Exynos 9810 Octa. Secara performa, di banyak aplikasi benchmark ternyata chipset ini masih kalah performanya dibanding Snapdragon 845.

Kamera

Untuk OPPO Find X, ketiga kameranya (dua di belakang dan satu di depan) tersembunyi di dalam bodi. Kamera ini akan muncul ketika pengguna mengaktifkan fitur kamera FInd X. Fitur dual kamera di OPPO Find X memiliki konfigurasi sensor 16MP F/2.0 + 20MP F/2.0 plus dukungan OIS. Lalu untuk kamera depannya memiliki resolusi 25MP dengan aperture f/2.0.

Sementara Samsung Galaxy Note 9 menggunakan konfigurasi berbeda pada Note 9. Di mana dual kamera belakang Note 9 beresolusi 12 MP f/1.5-2.4 dan 12 MP f/2.4. Sedangkan kamera depannya sudah beresolusi 8MP f/1.7.

Baterai

Pada bagian baterai, OPPO dan Samsung sama-sama menyematkan baterai yang berkapasitas cukup besar pada kedua hp. OPPO Find X hadir dengan baterai berkapasitas 3730mAh, sedangkan Samsung Galaxy Note 9 menggunakan baterai berkapasitas lebih besar yaitu 4000mAh.

Walau begitu, OPPO menawarkan kelebihan berupa fitur VOOC Flash Charge yang mampu mengisi baterai Find X hingga 100% hanya dalam waktu 35 menit. Sementara Note 9, walau sudah mendukung fitur fast charge, tapi masih dalam Quick Charge 2.0.

Kesimpulan

Nama Harga di Pasaran Ukuran Layar Chipset OS Version RAM Memori Internal GPU Resolusi Kamera Kapasitas Baterai
OPPO Find X Rp 12,800,000 6.42 inch Qualcomm SDM845 Snapdragon 845 8.1 8 GB 256 GB Adreno 630 16 MP 3730 mAh
Samsung Galaxy Note 9 Rp 17,999,000 6.3 inch Samsung Exynos 9 Octa 8895 8.0 8 GB 128 GB Mali-G71 MP20 12 MP 4000 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Perlu kami ingatkan kalau perbandingan spesifikasi yang kami tulis ini hanyalah di atas kertas saja. Namun, secara keseluruhan OPPO Find X dan Samsung Galaxy Note 9 sudah disematkan berbagai fitur premium yang membuatnya layar untuk dibeli.

Masing-masing hp juga punya keunggulan masing-masing. Contohnya di layar, OPPO Find X menawarkan ukuran yang sedikit lebih besar plus rasio yang besar pula, sedangkan Note 9 punya keunggulan lebih di bagian resolusi.

Namun, dari segi performa, Find X bisa dibilang lebih unggul lewat chipset Snapdragon 845 yang mampu mengungguli Exynos 9810 di banyak aplikasi benchmark Untuk harga, OPPO Find X dijual seharga Rp13.499.000, sementara Note 9 belum diketahui berapa harga jual hp ini nanti di Indonesia.

Artikel Lainnya

Komentar