Android P Sudah Punya Nama Resmi, Buat Hp Kita Makin Pintar

Oleh Rizki Abadi updated Selasa, 7 Agu 2018 | 09:55

Raksasa teknologi dunia, Google secara resmi mengumumkan versi utama sistem operasi Android terbarunya. Di mana, Android 9 atau Android P sekarang sudah resmi dinamakan Android Pie.

OS ini disebutkan siap diluncurkan dalam versi yang sudah stabil dan akan tersedia untuk diunduh hari ini di perangkat Google Pixel. Selanjutnya, perangkat dari OEM yang merupakan bagian dari program beta dengan Google ini akan mendapatkan pembaruannya sebelum akhir musim gugur tahun ini atau sekitar bulan September sampai Oktober.

Android Pie sistem operasi Android versi yang kesembilan dan merupakan penerus Android Oreo yang diluncurkan tahun lalu. Pembaruan ini memperkenalkan beberapa fitur baru terutama yang berhubungan dengan machine learning untuk membuat ponsel kita menjadi lebih pintar.

Salah satunya adalah Adaptive Battery, yang fungsinya untuk mencari tahu aplikasi mana yang jarang digunakan dan ketika kita memakainya, secara otomatis hp akan memotong penggunaan dayanya.

Dengan begitu, baterai hp yang kamu gunakan akan bertahan lebih lama. Ada pula fitur Adaptive Brightness yang akan secara otomatis menyesuaikan kecerahan layar dengan lokasi kita berada saat ini dan aplikasi apa yang sedang kita buka.

Penggunaan lain dari fitur machine learning pada Android Pie adalah adalah untuk membuat tugas-tugas yang sering dilakukan menjadi lebih cepat. Salah satunya lewat fitur Slices yang membantu pencarian aplikasi agar kita dapat melakukan tugas lebih cepat.

Fitur lainnya adalah App Actions yang memasukkan tindakan cepat dalam peluncur aplikasi pada waktu-waktu tertentu berdasarkan aktivitas yang dilakukan pengguna. Kita dapat melihat tombol untuk mengatur navigasi dengan cepat ke tempat kerja di pagi hari, atau memulai daftar putar saat kita mencolong kabel headphone.

Android Pie juga memperkenalkan navigasi sistem baru. Dulu terdapat tiga tombol navigasi di bagian bawah, tapi sekarang diganti menjadi dua tombol, dengan mode Overview yang bisa dipanggil hanya dengan menswap layar ke atas dari bawah di aplikasi apa pun.

Kita juga dapat berinteraksi dengan konten yang ada di jendela Overview tanpa harus beralih dari sana, termasuk ketika mengcopy teks dari dari satu halaman dan mem-paste nya ke yang halaman lain menggunakan fitur Smart Text Selection yang sudah diperbarui.

Notifikasi pada Android Pie juga telah diperbarui, dengan ikon lingkaran baru dan pratinjau yang diperluas untuk pesan dengan opsi smart reply. Kemudian di tahun ini, perangkat dengan Android Pie juga akan mendapatkan fitur Digital Wellbeing, yang mencakup Dashboard baru yang melacak penggunaan aplikasi dan mengatur App Timers untuk mencegah penggunaan aplikasi secara berlebihan.

Masih ada juga menu Wind Down yang akan menghidupkan fitur Night Light dan Do Not Disturb sehingga mengubah layar menjadi abu-abu, jadi kita menjadi tidak terlalu sering menggunakan ponsel sebelum tidur. Fitur-fitur ini saat ini dapat diunduh di ponsel Pixel dengan mendaftar versi beta, ponsel lain akan mendapatkannya nanti.

Bagi yang ingin menggunakan Android Pie, untuk saat ini, jika kamu adalah pemakai smartphone Google Pixel atau Essential Phone, kita mungkin sudah mendapat notifikasi update di menu setting. Untuk perangkat lain, silakan menunggu dulu ya!

Artikel Lainnya

Komentar