Diperbaharui pada Kamis, 12 Juli 2018 | 11:57

Samsung Akan Buat Konfigurasi 3 Cluster Core pada Exynos 9820

Samsung disebutkan sedang melakukan perubahan besar terkait dengan chipset kelas atasnya yaitu Exynos 9820. Rencananya, mereka akan mengikuti jejak MediaTek yang berhasil menciptakan chipset dengan konfigurasi tiga cluster inti.

Rumor terbaru ini muncul di internet dari leakers, Ice Universe. Ia mengklaim kalai Samsung akan membuat Exynos 9820 akan menggabungkan dua inti custom Mongoose M4 yang ditemani oleh dua set inti dari ARM yang tidak dimodifikasi.

Berkat arsitektur dari DynamIQ ARM, ketiga cluster inti ini disebutkan akan dapat bekerja secara mandiri di setiap konfigurasi. Bila dirinci, konfigurasi inti dari chipset Exynos 9820 menjadi 2 + 2 + 4.

Nantinya, 2 inti diisi oleh Mongoose M4, 2 inti lain diisi Cortex-A76 yang punya performa tinggi atau Cortex-A75. Sementara 4 inti terakhir disematka Cortex-A55 yang berdaya rendah dan efisien.

Kecepatan clock dari konfigurasi chipset ini sendiri masih belum diketahui. Tetapi, mengingat bahwa chipset Exynos 9820 adalah chispet kelas flagship, ada kemungkinan Samsung akan menggunakan inti Cortex-A76 yang lebih baru.

Kabarnya, penggunaan Cortex-A76 terbaru pada Exynos 9820 akan membuat chipset ini mampu meraih angka clocking mencapai 3.30GHz. Bila benar, tentu Exynos 9820 akan menjadi chipset yang luar biasa cepat, bahkan belum tentu bisa disaingi oleh pabrikan lain.

Walau begitu, terkadang perkiraan clocking sering tidak sesuai dengan kenyataan. Karena setiap pabrikan memiliki kemampuan memanfaatan chipset yang berbeda beda. Kabar mengenai penggunaan 3 cluster chipset Exynos 9820 masih belum diketahui kebenarannya.

Jadi, kita tunggu saja kabar selanjutnya.

Like us!
Rizki Abadi

Contributor

300 Posts