Diperbaharui pada Selasa, 3 Juli 2018 | 18:29

Muncul di Geekbench, iPhone Terbaru Dibekali RAM 4GB

iPhone
Selama ini, Apple dikenal ‘pelit’ dalam urusan memori RAM pada perangkat iPhone. Ketika vendor hp Android berlomba-lomba membuat smartphone dengan RAM besar, justru Apple terkesan santai dan tetap pede dengan produk yang mereka luncurkan.

Di Android saja sudah banyak tersedia hp dengan RAM 4GB dan hp RAM 6GB. Bahkan kini mulai bermunculan hp dengan RAM 8GB yang tentunya sangat mumpuni untuk semua aktivitas tanpa lag.

Beda dengan Android, perangkat iPhone dengan memori RAM tertinggi hanya berada di kapasitas RAM 3GB saja. Itupun milik iPhone terbaru seperti iPhone 8 Plus dan iPhone X. Bahkan iPhone 8 hanya dibekali dengan memori RAM 2GB saja. Padahal hp RAM 2GB di Android saat ini bisa dibilang lebih diperuntukkan pada segmen bawah dengan harga murah.

Tapi jangan salah sangka dulu, penggunaan memori RAM yang terbilang kecil di iPhone tidak membuat performa menurun. Karena sistem operasi Apple bernama iOS memang dikenal ringan dan sudah dioptimalkan penggunaannya. Sehingga memungkinkan sistem untuk menjalankan fungsi perangkat lebih baik dengan penggunaan RAM yang kecil.

Itu sebabnya Apple tidak terlalu dipusingkan dengan urusan memori RAM di iPhone. Tapi di 2018 ini Apple membawa sedikit kabar gembira, karena akan hadir iPhone dengan RAM lebih besar di edisi terbaru. Berdasarkan bocoran hasil benchmark Geekbench, sebuah perangkat iPhone muncul dengan nama kode iPhone 11,2.  

iPhone terbaru
Hasil benchmark tersebut memunculkan beberapa hal menarik. Pertama, perangkat tersebut menggunakan prosesor A12 yang diproduksi TSMC. Prosesor A12 ini memiliki fitur 6 core seperti generasi sebelumnya A11. Kedua, iPhone terbaru itu sudah dibekali dengan RAM 4GB. Jika benar akan menjadi iPhone RAM tertinggi untuk saat ini.

Dengan konfigurasi spesifikasi demikian, benchmark Geekbench yang dihasilkan adalah 10,912 untuk skor multi-core dan 4,673 di skor single-core. Hanya saja masih belum jelas aka nada berapa model iPhone yang dibekali RAM 4GB kedepannya.

Karena Apple kabarnya akan memperkenalkan tiga iPhone terbaru di tahun ini, termasuk generasi penerus iPhone X dengan layar OLED berukuran 5.8 inch yang diprediksi bernama iPhone Xs. Lalu akan ada iPhone Xs Plus yang akan dibekali layar besar dengan bentang 6.5 inch berjenis OLED.

Sedangkan perangkat ketiga adalah iPhone 9 yang akan menjadi versi termurah dari 2 model sebelumnya. Kabarnya iPhone 9 ini hanya akan menggunakan layar LCD dengan satu kamera di bagian belakang. Bahkan juga tidak dibekali dengan fitur 3D Touch.

Informasi yang banyak beredar menyebut jika ketiga iPhone terbaru tersebut akan diperkenalkan pada bulan September 2018 mendatang.

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2444 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.