Diperbaharui pada Kamis, 28 Juni 2018 | 18:03

Vivo Buat Sensor Face ID Terbaru, Diklaim Lebih Baik dari Apple

sensor 3d vivo
via gsmarena.com

Vivo belakangan ini sangat sibuk untuk meluncurkan produk-produk barunya ke pasaran. Baru-baru ini, pabrikan asal China ini baru saja meluncurkan produk Vivo Nex yang memiliki rasio layar 90% lebih tanpa notch dan punya fitur kamera depan yang disembunyikan.

Tidak hanya urusan smartphone, Vivo juga sibuk mengembangkan teknologi sensor pengenalan wajah canggih yang disebut Time of Flight (TOF). Sensor ini mampu bekerja dari jarak hingga tiga meter secara akurat untuk mengenali subjeknya.

Dengan sensor ini, hp-hp Vivo akan memiliki kemampuan gesture dan motion tracking, fotografi 3D dan AR yang lebih baik. Teknologi ini juga dapat dibantu oleh AI untuk meningkatkan kemampuan keamanan yang lebih jauh baik.

Tapi hal yang benar-benar menarik adalah bahwa Vivo mengklaim teknologi penginderaan 3D TOF ternyata lebih sederhana daripada yang dimiliki Xiaomi Mi 8 Explorer Edition, Apple iPhone X, dan teknologi sensor yang baru-baru ini diperkenalkan oleh Huawei.

Lebih sederhana berarti Vivo berhasil membuat sensor TOF dalam ukuran lebih kecil. Sensor ini bisa beroperasi dengan cara yang lebih sederhana dan lebih fleksibel daripada sensor pemindai 3D berbasis cahaya yang digunakan saat ini.

Selain itu, teknologi sensor Vivo ini menawarkan 300.000 titik sensor. Jumlah ini 10 kali lebih banyak daripada yang dimiliki oleh sensor Apple. Hal ini memungkinkan smartphone mampu melakukan pengenalan wajah lebih cepat.

Teknologi ini dapat digunakan untuk kebutuhan AR, gesture dan motion tracking, pemindaian 3D dan recreating objek secara digital. Tidak hanya untuk kebutuhan sehari-hari, Vivo menyebutkan teknologi ini bisa juga dipakai untuk tujuan pendidikan dan bahkan dapat digunakan dalam dunia kedokteran.

Agar lebih meyakinkan, Vivo memastikan bahwa teknologi TOF telah melalui beberapa pengujian ekstensif agar bisa memenuhi standar industri yang ada saat ini. Kedepannya, TOF diharapkan bisa disematkan pada produk-produk buatan Vivo.

Menurut Vivo, teknologi pengenal wajah 3D akan menjadi bagian besar dari kehidupan manusia dalam berinteraksi dengan perangkat pintar. Menarik untuk dilihat, produsen mana yang akan memiliki teknologi paling maju di masa depan. 

Like us!
Rizki Abadi

Contributor

300 Posts