Acer Nitro 5 AN515-51-58YX, Ngegame dengan Laptop Gaming Harga Terjangkau

Oleh Imam Ali updated Selasa, 6 Nov 2018 | 15:40

Acer baru saja merilis versi pembaharuan untuk Nitro 5, laptop dengan seri AN515-51-58YX ini menyasar untuk para new entry gamer yang membutuhkan laptop gaming dengan performa oke namun dengan harga yang sangat terjangkau.

Laptop ini juga mempunyai fitur-fitur unggulan yang membuat pengalaman gaming Anda semakin maksimal seperti Acer CoolBoost, Backdoor compartment, slot SSD NVMe dan bateria yang tahan lama. Lalu bagaimana performanya? Mari simak ulasannya berikut ini.

Desain

Nitro 5 hadir dengan desain yang lebih solid dan gahar dibanding seri sebelumnya ditambah lagi dengan dominasi warna hitam dan merah yang membuat laptop ini makin ngeri.

Pada bagian bawah, Nitro 5 seri tarbaru ini masih terlihat sama dengan versi yang sebelumnya. Terdapat aksen-aksen gaming yang terlihat gahar dan quick access untuk kebutuhan upgrade komponen harddisk dan RAM. Walau memiliki desain yang solid, Nitro 5 ini hanya berbobot 2,1 kg saja.

Beralih ke bagian dalam, Nitro 5 seri terbaru dilengkapi keyboard layout standard dengan tambahan backlit yang berwarna merah. Saat dicoba, travel keyboard pada Nitro 5 ini sangat pas kedalamannya sehingga nyaman saat digunakan untuk mengetik dan bermain game. Pastinya terdapat juga touchpad dengan ukuran yang pas dan mendukung Windows Precision yang membuat touchpad ini makin akurat.

Layar

Nitro 5 seri terbaru ini dilengkapi dengan layar seluas 16,6 inch Full HD yang membuat pengalaman bermain game Anda semakin seru. Layar ini juga sudah dibekali teknologi IPS (In-Plane Switching) dengan sudut pandang yang luas.

Warna yang dihasilkan layar Nitro 5 ini juga cukup nyaman dipandang karena panel layar Nitro 5 mampu mereproduksi warna sRGB hingga 68%. 

Performa

Nitro 5 dibekali dengan prosesor Intel® Core™ i5-7300HQ untuk memaksimalkan performa namun tetap hemat daya. Untuk performa multimedia dan gaming, laptop ini sudah pula dibekali dengan GPU NVIDIA GeForce GTX 1050 dengan memori 4GB. Untuk melancarkan multitask, laptop gaming ini sudah memiliki memory DDR4 8GB yang dapat diekspansi sampai dengan 32GB.

Untuk media penyimpanan, Anda harddisk konvensional berkapasitas 1TB siap menjadi teman Anda. Sayangnya, Nitro 5 belum menyediakan SSD. Faktor ini menjadi penghambat performa komputasi yang harusnya bisa lebih baik. Namun, jika Anda mempunyai dana lebih, Anda dapat membeli SSD. Untuk meng-upgradenya juga cukup mudah, Anda hanya perlu mengakses backdoor quick access yang ada di bagian bawah laptop ini.

Seperti biasa kami juga menguji semua perangkat laptop yang kami ulas menggunakan 3DMark dan beberapa software benchmark lainnya. Berikut rinciannya

3DMark Fire Strike Extreme 1.1

Pada uji Fire Strike Extreme 1.1, Nitro 5 mendapatkan skor 2666 dengan rincian 2742 untuk graphic score, 6874 untuk physics score dan 1257 untuk combined score. Dari grafik di bawah menunjukkan bahwa sebenarnya Nitro 5 ini belum bisa disebut laptop gaming sepenuhnya karena skornya yang masih jauh di bawah skor standard gaming di kisaran 5750. Ya tentunya hal ini dikarenakan prosesor dan GPU pada Nitro 5 yang masih sedikit pas-pasan.

3DMark Fire Strike Performance Stress Test 1.1

Selanjutnya pada uji 3DMark Fire Strike Performance Stress Test 1.1, Nitro 5 berhasil lolos dari uji ini dengan FPS stability di angka 98,7% dari 20 loops. Tentunya hal ini sangat menarik. Tidak banyak laptop di rentang harga 10 jutaan mendapatkan FPS stability di angka 98,7%. Hal ini dikarenakan Acer Nitro 5 memiliki fitur Acer CoolBoost yang akan kami bahas sebentar lagi.

Cinebench R15

Pada uji Cinebench R15, kami mencoba uji OpneGL, CPU dan CPU single core yang masing-masing mendapat skor 69,75 fps, 414 cb dan 111 cb.

Final Fantasy XV Benchmark

Kami juga menguji performa Nitro 5 dengan Final Fantasy XV. Hasilnya, laptop ini mendapatkan skor 3405. Skor ini cukup baik dimana kita tahu pada dasarnya game Final Fantasy XV ini memang mewajibkan spesifikasi yang tinggi untuk memainkannya.

Lanjut ke performa gaming. Kami sempat mencoba beberapa game di laptop Nitro 5 versi terbaru ini. Pada saat bermain PUBG, hasilnya lumayan memuaskan walau ada banyak momen di mana fps drop sampai ke angka 11. Namun untuk rata-rata fps pada PUBG ini berada di angka 40 pada setting medium. Mungkin lain halnya jika prosesor Nitro 5 ini di overclock hingga 3,5ghz dan menggunakan SSD. 

Lanjut, kami mencoba performa gaming dengan bermain Tomb Raider dengan setting high di resolusi 1080. Laptop ini memiliki fps rata-rata di angka 50. Namun setelah kami coba pada setting very high, fps menurun drastis ke angka 24.

Yang menarik adalah adanya fitur pendingin Acer CoolBoost. Dengan fitur ini, kipas pada laptop akan berperforma lebih baik untuk menurunkan suhu panas pada saat bermain gaming. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir Nitro 5 panas saat digunakan untuk bermain game seharian penuh dan seluruh komponen Nitro 5 terjaga suhunya sehingga lebih awet.

Terakhir untuk performa baterai, Nitro 5 dapat bertahan hingga 5 jam. Ketahanan baterai ini merupakan yang terbaik di kelas laptop gaming. 

Kesimpulan

Acer Nitro 5 ini patut menjadi laptop gaming unggulan di sektor laptop gaming murah entry level. Bukan karena harga dipasaran yang memang murah dibandingkan laptop gaming lain, namun juga karena spesifikasi yang dimiliki terbilang tangguh jika dibandingkan dengan laptop gaming merek lain. Bodi yang kuat, fan yang full power, serta kemampuan GPU yang sangat baik menjadikan Nitro 5 andalan Acer laptop gaming di kelas middle maupun entry level.

Kriteria Spesifikasi
Ukuran Layar 15.6 inch
Resolusi Layar 1920 x 1080 Pixel
OS Windows 10
Tipe Prosesor Core i5
Nomor Prosesor 7300HQ
RAM 8 GB
Kapasitas HDD 1 TB
Kartu Grafis NVIDIA
Tipe Kartu Grafis GeForce GTX 1050
Graphic Card Memory Size 4 GB
USB 3.0 1 Port(s)
Battery 4-cell, 3220 mAh Li-Polymer

Artikel Terkait

Komentar

Dewa Saputra Sabtu, 22 Des 2018 | 13:54
Woow,is cool