Diperbaharui pada Rabu, 30 Mei 2018 | 13:40

Dianggap Kemahalan, Xiaomi Segera Rilis Mi 6x Versi Murah

xiaomi mi a2

Menjelang akhir bulan April lalu, Xiaomi resmi meluncurkan smartphone Mi 6X atau lebih dikenal Mi A2 di Indonesia ke pasaran. Sayangnya, di penjualan awalnya, ternyata smartphone ini dikatakan tidak terlalu sukses karena harganya yang dianggap kemahalan dan tidak sesuai dengan sasaran pasarnya yaitu kelas menengah.

Salah satu penyebab mahalnya harga Mi 6X disebutkan karena spesifikasi yang naik cukup signifikan dibanding versi sebelumnya. Terkait dengan masalah ini, Xiaomi akan melakukan rencana baru untuk bisa menaikkan penjualan dari smartphone andalannya ini.

Di mana Xiaomi akan meluncurkan satu versi baru lagi dari Mi 6X atau Mi A2 dengan varian RAM dan ROM lebih kecil. Di mana versi terbaru ini akan menggunakan RAM 4GB dan ROM 32GB.

Untuk informasi, sebelumnya Xiaomi hanya meluncurkan Mi A2 dengan 3 varian RAM dan ROM saja. Diantaranya dalam konfigurasi RAM 4GB ROM 64GB, RAM 6GB ROM 64GB, dan RAM 6GB ROM 128GB.

Namun, selain dari penambahan versi RAM dan ROM, Xiaomi tidak akan melakukan perubahan lain pada versi Mi 6x yang akan diluncurkan ini. Xiaomi masih akan mengandalkan bodi metal berlapis kaca yang memang sedang tren.

Smartphone ini menggunakan rangka stainless steel yang kuat dan lapisan curved glass pada bodi. Menariknya, Xiaomi sudah menerapkan fitur water splash yang membuat ponsel tahan cipratan air. Dengan dimensi yang lebih kompak, smartphone ini diklaim nyaman digunakan untuk mobilitas tinggi maupun harian.

Pada bagian layar, Xiaomi masih memasang layar berukuran 5.99 inch. Layar ini akan disokong dengan resolusi tinggi Full HD+. Walaupun tak  berubah, layar mampu menampilkan visual yang cukup jernih dan detail. Dengan resolusi yang tidak terlalu tinggi, layar ponsel juga diklaim tidak boros baterai seperti layar lebar ponsel premium lainnya.

Untuk dapur pacu, Xiaomi Mi 6x versi baru menggunakan mesin yang sama gahar dibanding versi lainnya yaitu dengan Qualcomm Snapdragon 660. Untuk sistem operasi, hp kelas menengah premium terbaru ini sudah menggunakan sistem Android Oreo 8.1.

Di bagian kamera, Xiaomi Mi A2 masih menggunakan dual kamera utama 12 + 20 MP dengan dukungan teknologi PDAF hingga 4 Axis optical image stabilization. Kamera utama ini terdiri satu kamera wide angle dan satu kamera tele mirip dengan konfigurasi kamera Apple iPhone 7 Plus.

Untuk kamera depan, Xiaomi memasang kamera 20 MP pada Mi 6X atau Mi A2 yang diklaim sangat mumpuni untuk aktivitas selfie maupun video call. Secara keseluruhan, semua spesifikasi Mi A2 jelas jauh di atas Xiaomi Mi A1, hal inilah yang membuat harganya melambung.

Dengan memberikan versi RAM dan ROM yang lebih kecil, Xiaomi disebutkan bisa menekan harga jual dari Mi A2.

Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts