Hp dengan Teknologi AI Makin Marak, Apa Kelebihannya?

Oleh Nur Abdillah updated Kamis, 17 Mei 2018 | 15:05

Teknologi Ai
Teknologi Artifical Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan telah menjadi salah satu kunci dari para vendor yang disematkan pada hp mereka. Menggunakan teknologi AI, sebuah ponsel diklaim bisa lebih cerdas dengan kemampuan yang ditingkatkan.

Misalnya, kamera pada hp bisa mendeteksi subjek pada frame kamera (seperti lanscape, makanan atau lainnya) dan secara pintar menyesuaikan setingan untuk memberikan hasil foto yang maksimal. Dengan teknologi AI, hp kamera juga dapat mengidentifikasi wajah dan secara otomatis meningkatkan kualitas hasil foto.

Ngomong-ngomong, apa sih teknologi Artifical Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan itu? Dari hasil penelusuran Wikipedia, teknologi ini merupakan kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia.

oppo f7
Kecerdasan buatan disini mungkin bisa juga diartikan sebagai kepandaian yang dibuat layakya otak manusia untuk menyelesaikan masalah. Jadi mesin perangkat dengan teknologi AI mampu berpikir dan menyelesaikan pekerjaan seperti manusia. Teknologi AI ini sendiri awalnya digunakan pada game, robotik, hingga membuat jaringan saraf tiruan.

Dan kini pada perkembangannya juga sudah merambah pada perangkat smartphone. Kini banyak vendor yang mengumbar hp dengan teknologi AI sebagai nilai jual perangkat mereka. Bukan tanpa sebab, karena teknologi AI ini akan menjadi salah satu tren baru di industri mobile selain pemindai wajah dan AR (Augmented Reality).

Dimana menurut laporan Gartner, 80 persen smartphone yang akan dipasarkan pada tahun 2022 akan dibekali kemampuan AI. Menariknya, teknologi AI ini bisa disisipkan pada beberapa fitur di sebuah smartphone. Sebut saja digunakan untuk meningkatkan kualitas kamera, fitur pengenalan wajah, manajemen baterai dan sebagainya.     

Lalu apa saja keuntungan yang ditawarkan? Berikut beberapa kelebihan teknologi AI yang sudah diterapkan pada smartphone :

1. Kualitas Kamera Lebih Baik

kamera ai
Seperti yang disebutkan pada awal bahasan, dengan teknologi AI kamera pada hp bisa mendeteksi subjek pada frame kamera (seperti lanscape, makanan atau lainnya) dan secara pintar menyesuaikan setingan untuk memberikan hasil foto yang maksimal.

Dengan teknologi AI, hp kamera juga dapat mengidentifikasi wajah dan secara otomatis meningkatkan kualitas hasil foto. Di Oppo F7 misalnya, hp ini mampu memindai hingga 296 titik wajah. Bahkan pada kamera selfie dapat mengenali subjek dan memperhalus wajah secara terpisah baik untuk pria dan wanita dalam sebuah foto group selfie.

2. Pemindai Wajah

face unlock
Teknologi ini sudah digunakan oleh sejumlah vendor untuk meningkatkan kemananan perangkat melalui pemindaian wajah. Jika sebelumnya hanya mengenal fitur Face ID perangkat milik Apple, kini beberapa vendor sudah mengusung konsep serupa. Meski memiliki penamaan yang berbeda, seperti Face Unlock atau Face ID namun pada intinya memiliki fungsi yang sama.

Dan semakin banyak titik pengenalan wajah akan semakin mempercepat  membuka kunci layar. Apple memanfaatkan algoritma AI (disebut TrueDepth) untuk pengenalan wajah mereka, sedangkan Oppo sudah menggunakan teknologi AI Recognition dengan 128 titik pengenalan wajah di Oppo F5 dan Oppo F7.

3. Manajemen Baterai Lebih Baik

oppo f7
Teknologi AI dapat membuat perangkat dapat mengatur manajemen system secara mandiri termasuk pendistribusian sumber daya sehingga smartphone akan memberikan performa terbaiknya. Sebagai contoh A.I Battery Management di Oppo F7 yang memberikan pengaturan daya yang membuat baterai perangkat akan bertahan lebih lama.

4. Penerjemah Bahasa

Saat ini ada beberapa aplikasi terjemahan yang memungkinkan Anda mengambil gambar dengan teks dalam satu bahasa ke bahasa lain. Namun, aplikasi ini masih membutuhkan internet untuk mengunggah gambar untuk analisis dan kemudian menerjemahkan. Tidak hanya itu, dengan teknologi yang tersemat di dalam mesin, hp Anda akan mampu menerjemahkan berbagai bahasa secara real-time tanpa perlu koneksi Internet.

translate
5. Memudahkan Penggunaan

Sistem AI dirancang untuk belajar dan beradaptasi karena digunakan dari waktu ke waktu. Pada smartphone, AI akan mempelajari pola penggunaan harian Anda dan mulai menerapkannya setiap hari. Misalnya, Anda selalu beralih dalam modus silent ketika sampai di kantor atau Anda biasa menutup aplikasi yang berjalan di latar belakang setiap beberapa jam.

Nah, teknologi AI  akan mengidentifikasi pola-pola kebiasaan Anda tersebut dan mengolah proses harian ini untuk Anda dari waktu ke waktu. Jadi Anda tidak perlu mengulang kebiasaan yang sama setiap hari.

6. Voice Assistant 

voice assistantimage via letzgro.net

Untuk yang satu ini mungkin Anda sudah mengenalnya. Yup, teknologi AI di voice assistant ini sudah dikenal pada Siri, Cortana, Bixby, Alexa, atau Google Assistant.

Itulah beberapa kelebihan yang akan ditemukan pada hp yang dibekali teknologi AI. Dan tren ini akan terus berkembang, dimana Gartner menyimpulkan bahwa 80 persen smartphone yang akan dipasarkan pada tahun 2022 akan dibekali kemampuan AI. Itu artinya 4 dari 5 hp yang dipasarkan sudah dibenamkan teknologi AI. 

Artikel Lainnya

Komentar